Cara Mengetahui Versi Windows pada Laptop

Cara Mengetahui Versi Windows pada Laptop

Apakah Anda ingin mengetahui versi Windows yang sedang dijalankan pada laptop Anda? Mengetahui versi Windows sangat penting untuk memastikan apakah laptop Anda telah diperbarui dengan pembaruan terbaru, serta untuk memastikan kompatibilitas dengan perangkat lunak tertentu. Beruntungnya, menemukan versi Windows pada laptop Anda sangatlah mudah dilakukan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa cara sederhana untuk mengetahui versi Windows pada laptop Anda.

Pertama, Anda dapat mengetahui versi Windows melalui Pengaturan. Buka menu “Start” dan klik tombol “Pengaturan” (ikon gigi). Setelah itu, klik pada opsi “Sistem” di jendela Pengaturan. Di bagian kiri jendela yang muncul, pilih opsi “Tentang”. Pada bagian kanan jendela, Anda akan melihat informasi tentang versi Windows yang sedang dijalankan pada laptop Anda, termasuk nomor versi dan tahun rilisnya. Pastikan untuk mencatat informasi ini untuk referensi Anda di masa mendatang.

Jika Anda lebih menyukai cara yang lebih cepat dan langsung, Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard “Win” + “R” untuk membuka kotak dialog “Run”. Setelah itu, ketik “winver” (tanpa tanda kutip) dalam kotak teks dan kemudian klik “OK” atau tekan “Enter”. Kotak dialog “Tentang Windows” akan muncul dengan detail informasi tentang versi Windows yang Anda gunakan. Jika Anda ingin menghindari langkah-langkah yang lebih rumit, cara ini adalah pilihan terbaik untuk mengetahui versi Windows dengan cepat.

Cara Cek Laptop Windows Berapa

Menggunakan Sistem Operasi Windows

Cara pertama untuk mengecek versi Windows yang terpasang di laptop adalah dengan menggunakan sistem operasi Windows itu sendiri. Anda dapat menemukan informasi tentang versi Windows di dalam pengaturan atau panel kontrol sistem.

Untuk mengecek versi Windows melalui pengaturan, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka menu Start dengan mengklik tombol mulai pada pojok kiri bawah desktop Anda.
  2. Pilih “Settings” untuk membuka pengaturan Windows.
  3. Dalam jendela pengaturan, klik opsi “System”.
  4. Pada panel kiri, pilih “About”.
  5. Di bagian kanan jendela, Anda akan melihat informasi tentang versi Windows yang terpasang di laptop Anda.

Anda juga dapat mengecek versi Windows melalui panel kontrol sistem dengan cara berikut:

  1. Click tombol Start dan pilih “Control Panel”.
  2. Pada panel kontrol sistem, cari dan klik opsi “System and Security”.
  3. Di bawah bagian “System”, Anda akan menemukan informasi tentang versi Windows yang Anda gunakan.

Mengetahui Versi Windows melalui Command Prompt

Selain menggunakan pengaturan atau panel kontrol sistem, Anda juga dapat menggunakan Command Prompt untuk mengecek versi Windows yang digunakan. Caranya adalah dengan menjalankan perintah tertentu di jendela Command Prompt.

Untuk mengecek versi Windows melalui Command Prompt, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol “Windows” + “R” pada keyboard Anda untuk membuka jendela “Run”.
  2. Masukkan perintah “winver” (tanpa tanda kutip) di dalam jendela Run, dan tekan “Enter”.
  3. Jendela “About Windows” akan muncul, menampilkan informasi tentang versi Windows yang terpasang di laptop Anda.

Mengidentifikasi Versi Windows melalui Registry Editor

Registry Editor adalah alat yang dapat digunakan untuk mengakses dan mengubah informasi registri di laptop. Anda dapat menggunakan Registry Editor untuk mengecek versi Windows yang terpasang dengan menemukan entri yang sesuai di dalam registri.

Langkah-langkah untuk mengidentifikasi versi Windows melalui Registry Editor adalah sebagai berikut:

  1. Buka “Run” dengan menekan tombol “Windows” + “R” pada keyboard.
  2. Ketik “regedit” (tanpa tanda kutip) di dalam jendela Run, dan tekan “Enter” untuk membuka Registry Editor.
  3. Dalam Registry Editor, navigasikan ke direktori berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion.
  4. Pada panel sebelah kanan, Anda akan melihat entri “CurrentVersion” yang menunjukkan versi Windows yang terpasang di laptop Anda.

Cara Mengecek Tipe dan Spesifikasi Laptop

Bagi Anda yang ingin mengetahui tipe dan spesifikasi laptop yang Anda miliki, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Mengetahui Tipe Laptop melalui Pengaturan

Cara pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengecek tipe laptop adalah dengan menggunakan pengaturan laptop itu sendiri. Cara ini umumnya mudah dilakukan dan tidak memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam.

Anda dapat menemukan informasi tentang tipe laptop di dalam pengaturan sistem atau informasi perangkat. Biasanya, terdapat opsi “Tentang” atau “Perangkat” di dalam pengaturan laptop Anda. Pada bagian ini, Anda akan menemukan informasi seperti nama dan tipe laptop yang Anda gunakan.

Menggunakan Command Prompt untuk Mengecek Tipe Laptop

Selain menggunakan pengaturan laptop, Anda juga dapat menggunakan Command Prompt untuk mengecek tipe laptop. Cara ini lebih cocok bagi Anda yang memiliki pengetahuan teknis atau ingin melakukan pengecekan dengan lebih mendalam.

Anda dapat menjalankan perintah tertentu di Command Prompt untuk mendapatkan informasi tentang tipe laptop yang sesuai. Salah satu perintah yang dapat Anda gunakan adalah “wmic csproduct get name”. Setelah Anda menjalankan perintah tersebut, Command Prompt akan menampilkan nama tipe laptop yang Anda gunakan.

Mengecek Spesifikasi Laptop melalui Situs Produsen

Jika Anda tidak dapat menemukan informasi yang Anda butuhkan melalui pengaturan atau Command Prompt, Anda dapat mengunjungi situs web produsen laptop. Produsen sering menyediakan informasi spesifikasi lengkap tentang produk laptop yang mereka jual.

Di situs web produsen, Anda dapat mencari model laptop yang Anda miliki dan melihat spesifikasi yang tercantum. Biasanya, spesifikasi yang disediakan mencakup informasi tentang prosesor, memori, kapasitas penyimpanan, kartu grafis, dan fitur lainnya yang terdapat pada laptop.

Dengan mengetahui tipe dan spesifikasi laptop yang Anda miliki, Anda akan lebih mudah dalam melakukan perawatan atau mengunduh aplikasi yang sesuai dengan kapasitas laptop Anda. Selain itu, pengetahuan ini juga dapat membantu Anda dalam membandingkan dengan laptop yang sedang Anda pertimbangkan untuk dibeli.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *