Cara Mengecek Versi Windows pada Komputer Anda

Cara Mengecek Versi Windows pada Komputer Anda

Saat menggunakan komputer, penting untuk mengetahui versi Windows yang sedang Anda gunakan. Versi Windows yang digunakan pada komputer Anda dapat memberikan informasi penting mengenai fitur dan pembaruan sistem operasi yang tersedia. Dengan mengetahui versi Windows Anda, Anda dapat memastikan bahwa komputer Anda mendukung program dan aplikasi terbaru yang ingin Anda install.

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa versi Windows pada komputer Anda. Mulai dari metode cepat hingga detil, semua bergantung pada preferensi Anda. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengecekan versi Windows pada komputer Anda.

Cara Cek Versi Windows

Apakah Anda ingin mengetahui versi Windows yang sedang Anda gunakan? Berikut adalah beberapa cara untuk memeriksanya:

Cek Versi Windows melalui Pengaturan

Salah satu cara termudah untuk mengetahui versi Windows Anda adalah melalui pengaturan di komputer atau laptop Anda. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Start dan klik ikon gear untuk membuka pengaturan.
  2. Pilih opsi “System”.
  3. Pada bagian “About”, Anda akan melihat informasi tentang versi Windows Anda.

Anda dapat melihat nomor versi, seperti “Windows 10” atau “Windows 7”, serta informasi lainnya seperti build dan edisi Windows yang Anda gunakan. Sekarang Anda tahu versi Windows apa yang sedang Anda gunakan melalui pengaturan!

Cek Versi Windows melalui Command Prompt

Jika Anda lebih suka menggunakan Command Prompt, Anda juga dapat memeriksa versi Windows Anda dengan mudah. Berikut adalah caranya:

  1. Buka Command Prompt dengan cara mengetik “cmd” di kotak pencarian atau dengan menekan tombol “Windows + R” dan menulis “cmd”.
  2. Ketik perintah “winver” dan tekan tombol Enter.
  3. Tampilan pop-up dengan informasi detail tentang versi dan build Windows Anda akan muncul.

Sekarang Anda memiliki informasi tentang versi Windows dengan menggunakan Command Prompt!

Cek Versi Windows melalui System Information

Anda juga dapat menggunakan alat bawaan Windows yang disebut System Information untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci tentang sistem operasi dan perangkat keras yang Anda gunakan. Berikut adalah caranya:

  1. Klik tombol “Start” dan ketik “System Information” di kotak pencarian.
  2. Pilih aplikasi System Information yang muncul dalam hasil pencarian.
  3. Tampilan System Information akan muncul, dan Anda dapat melihat informasi lengkap tentang sistem operasi, prosesor, memori, dan banyak lagi.

Sekarang Anda dapat dengan mudah mengetahui versi Windows dan detail sistem Anda melalui System Information!

Itulah beberapa cara untuk memeriksa versi Windows yang sedang Anda gunakan. Apakah Anda menggunakan Windows 10, Windows 7, atau versi lainnya, mengetahui versi Windows Anda dapat membantu Anda dalam penginstalan dan pembaruan perangkat lunak yang kompatibel dengan sistem Anda. Nikmati penggunaan Windows yang optimal!

Cara Cek Versi Windows melalui Pengaturan

Apakah Anda ingin mengetahui versi Windows yang Anda gunakan pada perangkat Anda? Anda dapat dengan mudah memeriksa versi Windows melalui pengaturan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Masuk ke Pengaturan

Pertama, buka menu Start di pojok kiri bawah layar Anda. Setelah itu, pilih “Pengaturan” untuk mengakses pengaturan Windows.

Pilih “System”

Setelah Anda masuk ke pengaturan Windows, Anda akan melihat berbagai opsi. Cari dan klik opsi “System” untuk melanjutkan proses pengecekan versi Windows.

Pilih “Info Windows”

Pada tampilan pengaturan “System”, di sebelah kiri, Anda akan melihat beberapa opsi. Cari dan pilih “Info Windows” untuk melihat informasi mengenai versi Windows yang sedang digunakan pada perangkat Anda.

Dalam menu “Info Windows”, Anda akan melihat beberapa informasi tentang perangkat dan versi Windows. Salah satu informasi yang akan ditampilkan adalah “Versi Windows”. Di bawahnya, Anda akan melihat angka dan deskripsi yang menggambarkan versi Windows yang sedang Anda gunakan.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memeriksa versi Windows melalui pengaturan. Informasi ini berguna dalam berbagai situasi, seperti ketika Anda ingin memperbarui sistem operasi atau menginstal perangkat lunak yang cocok dengan versi Windows yang digunakan.

Cara Cek Versi Windows melalui Command Prompt

Untuk mengetahui versi Windows yang sedang digunakan pada komputer Anda, Anda dapat menggunakan Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka Command Prompt

Langkah pertama dalam cara cek versi Windows melalui Command Prompt adalah dengan membuka jendela Command Prompt. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard Anda secara bersamaan. Setelah itu, akan muncul jendela “Run”. Ketik “cmd” (tanpa tanda kutip) pada kotak teks yang tersedia dan tekan Enter.

Ketik Perintah “winver”

Setelah Command Prompt terbuka, Anda perlu mengetikkan perintah “winver” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Perintah ini akan memberitahu sistem untuk menampilkan informasi tentang versi Windows yang sedang Anda gunakan pada komputer Anda.

Lihat Versi Windows

Setelah Anda mengetikkan perintah “winver” dan menekan Enter, jendela “About Windows” akan muncul. Pada jendela ini, Anda dapat melihat informasi detail tentang versi Windows yang sedang digunakan pada komputer Anda. Informasi ini biasanya mencakup nomor versi, edisi, dan tanggal pembuatan.

Melalui Command Prompt, Anda dapat dengan mudah mengetahui versi Windows yang sedang digunakan pada komputer Anda. Cara ini sangat berguna jika Anda ingin memperbarui sistem operasi Anda atau jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang versi Windows yang sedang Anda gunakan.

Selain melalui Command Prompt, ada juga cara lain untuk mengetahui versi Windows, seperti melalui pengaturan sistem. Akan tetapi, menggunakan Command Prompt adalah salah satu cara yang cepat dan mudah untuk melakukan pengecekan versi Windows.

Cara Cek Versi Windows melalui System Information

Jika Anda ingin mengetahui versi Windows yang sedang digunakan pada komputer atau laptop Anda, Anda dapat melakukannya dengan mudah melalui fitur System Information yang disediakan oleh Windows. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

Buka System Information

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka System Information. Untuk melakukannya, buka menu Start dengan mengklik tombol Start di pojok kiri bawah layar Anda. Setelah itu, ketikkan “System Information” (tanpa tanda kutip) dalam kotak pencarian di menu Start. Kemudian, pilih aplikasi “System Information” yang muncul dalam hasil pencarian.

Cari Informasi Versi Windows

Setelah Anda membuka System Information, Anda akan melihat tampilan layar yang terbagi menjadi beberapa panel. Pada panel kiri, klik pada opsi yang bertuliskan “Sistem Operasi”. Dengan mengklik opsi ini, Anda akan melihat informasi terkait versi Windows yang sedang digunakan pada komputer atau laptop Anda.

Periksa Versi Windows Anda

Di panel sebelah kanan, Anda akan melihat informasi mengenai “Nama Sistem Operasi” dan “Nomor Versi”. Informasi ini akan menjelaskan secara rinci versi Windows yang sedang digunakan pada perangkat Anda. Nama sistem operasi akan memberikan informasi umum tentang jenis dan edisi Windows yang digunakan, sementara nomor versi memberikan informasi lebih spesifik tentang rilis dan pembaruan yang telah diinstal.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengecek versi Windows yang sedang digunakan pada komputer atau laptop Anda melalui System Information. Informasi ini mungkin berguna dalam beberapa situasi, seperti ketika Anda perlu memperbarui driver atau mengetahui kompatibilitas sistem operasi dengan perangkat lunak tertentu.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *