Cara Mengetahui Windows Berapa Bit yang Digunakan

Cara Mengetahui Windows Berapa Bit yang Digunakan

Windows adalah sistem operasi yang paling populer digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia. Namun, tidak semua pengguna Windows tahu pasti versi berapa yang mereka gunakan, apalagi berapa bit yang digunakan. Mengetahui versi dan bit Windows yang digunakan memiliki kegunaan tertentu, seperti menentukan kompatibilitas aplikasi dan driver yang dapat diinstal. Jika Anda penasaran dengan versi dan bit Windows yang Anda gunakan, berikut beberapa cara yang dapat Anda coba.

Satu cara sederhana untuk mengetahui versi Windows yang digunakan adalah dengan melihat di taskbar. Pada pojok kanan bawah, terdapat ikon Windows yang biasanya berupa Windows logo atau nomor versi. Anda dapat mengklik ikon tersebut untuk melihat informasi lebih lanjut tentang versi Windows. Namun, metode ini hanya akan memberikan informasi singkat dan belum tentu mencakup bit yang digunakan.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih mendetail, Anda dapat melakukan langkah berikut. Pertama, buka menu “Start” dengan mengklik tombol Windows di keyboard atau mengklik ikon Windows di taskbar. Selanjutnya, cari dan pilih “Settings” atau “Pengaturan” di menu Start. Setelah itu, pilih “System” atau “Sistem” di jendela Settings. Di bagian System, Anda akan melihat informasi lengkap tentang versi Windows dan bit yang digunakan.

Cara Cek Windows Berapa Bit

Kenapa Penting untuk Mengetahui Versi Windows

Mengetahui versi Windows yang kamu gunakan sangat penting untuk berbagai alasan. Ketika kamu mengetahui versi Windows yang sedang berjalan di komputermu, kamu akan memiliki informasi penting yang dapat membantu dalam berbagai situasi, termasuk kompatibilitas perangkat keras, penggunaan aplikasi tertentu, dan pembaruan sistem keamanan.

Cara Cek Versi Windows

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui versi Windows yang sedang kamu gunakan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba:

Cara 1: Menggunakan Pengaturan

Cara termudah untuk mengetahui versi Windows adalah dengan menggunakan pengaturan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Start dengan mengklik ikon Windows di pojok kiri bawah layar.
  2. Klik ikon Pengaturan yang berbentuk roda gigi.
  3. Pilih opsi “Sistem”.
  4. Pada menu Sistem, pilih “Tentang”.
  5. Di bagian “Spesifikasi Perangkat”, kamu akan menemukan informasi lengkap tentang versi dan bit Windows yang kamu gunakan.

Cara 2: Menggunakan Dialog Run

Jika kamu lebih terbiasa dengan penggunaan jendela dialog, kamu juga bisa menggunakan dialog Run untuk mengetahui versi Windows. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard.
  2. Akan muncul jendela dialog “Run”.
  3. Ketik “winver” di dalam kotak teks dan klik “OK”.
  4. Akan muncul jendela “About Windows” yang menampilkan informasi detail tentang versi Windows yang digunakan.

Cara 3: Menggunakan Command Prompt

Bagi kamu yang lebih suka menggunakan Command Prompt, kamu juga bisa menggunakan perintah khusus untuk mengetahui versi Windows yang kamu gunakan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik “cmd” dan klik “OK”.
  2. Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik perintah “wmic os get osarchitecture” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
  3. Akan muncul informasi tentang versi Windows yang kamu gunakan, termasuk jenis bitnya.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui versi Windows yang sedang kamu gunakan. Dengan mengetahui versi Windows yang kamu gunakan, kamu akan lebih siap untuk melakukan berbagai tindakan yang sesuai dengan kebutuhanmu, seperti memeriksa kompatibilitas perangkat keras, menginstal aplikasi yang sesuai, dan memperbarui sistem keamanan dengan tepat.

Langkah-langkah untuk Mengecek Versi Windows

Untuk mengecek versi Windows yang digunakan pada komputer kamu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Kamu dapat menggunakan pengaturan sistem, Command Prompt, atau melihat informasi perangkat sistem. Berikut adalah langkah-langkah untuk setiap metode tersebut:

Menggunakan Pengaturan Sistem

Salah satu cara termudah untuk mengecek versi Windows kamu adalah melalui pengaturan sistem yang tersedia di komputer. Dengan beberapa langkah sederhana, kamu dapat mengetahui apakah sistem operasi kamu 32-bit atau 64-bit.

  1. Buka menu Start dengan mengklik ikon Windows di pojok kiri bawah layar kamu.
  2. Pilih “Pengaturan” untuk membuka aplikasi pengaturan.
  3. Pada jendela Pengaturan, klik “Sistem” untuk masuk ke pengaturan sistem.
  4. Di panel kiri, pilih “Tentang” untuk melihat informasi mengenai perangkat dan sistem operasi kamu.
  5. Di bagian “Spesifikasi Perangkat”, kamu dapat melihat informasi mengenai tipe sistem kamu, apakah 32-bit atau 64-bit.

Menggunakan Command Prompt

Selain menggunakan pengaturan sistem, kamu juga bisa mengecek versi Windows menggunakan Command Prompt. Langkah-langkah ini mungkin sedikit lebih teknis, tetapi memberikan informasi yang sama akuratnya.

  1. Buka Command Prompt dengan mengklik ikon Start dan melakukan pencarian “Command Prompt” atau “CMD”.
  2. Pilih aplikasi Command Prompt dari hasil pencarian untuk membukanya.
  3. Pada jendela Command Prompt, ketik perintah “wmic os get osarchitecture” lalu tekan Enter.
  4. Command Prompt akan menampilkan versi Windows yang kamu gunakan, apakah 32-bit atau 64-bit.

Menggunakan Informasi Perangkat Sistem

Jika kamu tidak ingin membuka pengaturan sistem atau menggunakan Command Prompt, kamu juga bisa melihat informasi versi Windows kamu di bagian “Informasi PC” di Pengaturan. Caranya sangat mudah dan hanya memerlukan beberapa klik.

  1. Buka menu Start dan pilih “Pengaturan”.
  2. Pada jendela Pengaturan, klik “Sistem” untuk masuk ke pengaturan sistem.
  3. Pilih “Tentang” di panel kiri.
  4. Pada halaman “Tentang”, gulir ke bawah dan cari bagian “Spesifikasi perangkat”, di mana kamu dapat melihat informasi mengenai tipe sistem kamu, apakah 32-bit atau 64-bit.

Keuntungan Mengetahui Versi Windows

Memastikan Kompatibilitas Perangkat dan Aplikasi

Dengan mengetahui versi Windows yang kamu gunakan, kamu dapat memastikan bahwa perangkat keras dan aplikasi yang kamu gunakan kompatibel dengan sistem operasi tersebut. Ini akan membantu mencegah masalah yang mungkin timbul di masa depan.

Apakah kamu pernah mengalami situasi di mana kamu menginstal program atau menghubungkan perangkat baru ke komputer yang menjalankan Windows, tetapi mereka tidak berfungsi dengan baik atau tidak mendukung sistem operasi kamu? Inilah mengapa penting untuk mengetahui versi Windows yang kamu gunakan. Dengan mengetahui versi yang tepat, kamu dapat memeriksa persyaratan perangkat keras dan aplikasi yang kompatibel dengan versi tersebut sebelum menginstal atau membeli mereka.

Misalnya, jika kamu menggunakan Windows 7 32-bit, perlu diingat bahwa driver perangkat keras dan beberapa aplikasi mungkin tidak didukung untuk versi ini. Oleh karena itu, sebelum membeli atau menginstal perangkat atau aplikasi baru, pastikan untuk mengonfirmasi kompatibilitasnya dengan versi Windows kamu.

Menerima Pembaruan Keamanan

Pembaruan keamanan yang dirilis oleh Microsoft biasanya ditujukan untuk versi Windows tertentu. Dengan mengetahui versi Windows kamu, kamu dapat memastikan bahwa kamu menerima pembaruan keamanan yang relevan untuk melindungi sistem dari ancaman keamanan yang mungkin ada.

Setiap sistem operasi memiliki celah keamanan potensial yang dapat dimanfaatkan oleh penjahat cyber. Untuk melindungi komputer kamu dari serangan tersebut, Microsoft secara teratur merilis pembaruan keamanan untuk memperbaiki celah-celah ini. Namun, pembaruan tersebut hanya akan tersedia untuk versi Windows tertentu.

Sebagai contoh, jika kamu menggunakan Windows 10, pembaruan keamanan akan ditujukan untuk versi Windows 10. Namun, jika kamu menggunakan Windows 7, kamu mungkin tidak akan menerima pembaruan keamanan terbaru karena Microsoft telah menghentikan dukungan untuk versi tersebut.

Dengan mengetahui versi Windows kamu, kamu dapat memeriksa apakah sistem operasi kamu masih mendukung dan menerima pembaruan keamanan. Ini penting untuk memastikan keamanan sistem kamu dari serangan malware atau celah keamanan yang belum teratasi.

Mendapatkan Dukungan Teknis yang Akurat

Jika kamu mengalami masalah dengan sistem operasi Windows kamu, dukungan teknis sering kali meminta informasi tentang versi Windows yang kamu gunakan. Dengan mengetahui versi yang tepat, kamu dapat memperoleh dukungan yang lebih akurat dan efektif dalam memecahkan masalah yang kamu hadapi.

Ketika kamu menghubungi dukungan teknis, tim mereka akan membutuhkan informasi tentang versi Windows kamu untuk memahami situasi dan memberikan solusi yang sesuai. Mereka juga dapat memberikan panduan langkah-demi-langkah yang spesifik untuk memecahkan masalah kamu berdasarkan versi Windows yang kamu gunakan.

Selain itu, dengan mengetahui versi Windows kamu, kamu dapat mencari solusi atau informasi di forum mendukung yang ditujukan untuk versi tersebut. Ini memungkinkan kamu untuk terhubung dengan pengguna lain yang menggunakan versi yang sama dan secara lebih efektif memecahkan masalah yang mungkin timbul dalam penggunaan sehari-hari kamu.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *