Cara Cek Versi Windows yang Digunakan

Cara Cek Versi Windows yang Digunakan

Apakah Anda sedang menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows? Jika iya, mungkin ada beberapa alasan mengapa Anda perlu mengetahui versi Windows yang sedang Anda gunakan. Misalnya, jika Anda ingin menginstall aplikasi atau perangkat keras baru, beberapa yang kompatibel hanya dengan versi tertentu. Atau mungkin Anda ingin memperbarui sistem operasi Anda, dan ingin memastikan apakah sudah menggunakan versi terbaru atau belum. Nah, tidak perlu khawatir, dalam artikel ini, kita akan membahas cara sederhana untuk memeriksa versi Windows yang digunakan.

Mengetahui versi Windows yang Anda gunakan bisa sangat mudah dilakukan. Salah satu cara yang paling umum adalah menggunakan menu Start. Pertama, klik pada tombol Start di bagian kiri bawah taskbar Anda. Setelah itu, pilih Settings, kemudian System dan About. Di sana, Anda akan melihat informasi tentang versi Windows yang sedang Anda gunakan, seperti “Windows 10 Home” atau “Windows 7 Professional”. Namun, jika Anda ingin memeriksa versi yang lebih detail, ada cara lain yang bisa Anda coba.

Cara Cek Versi Windows Menggunakan Run Command

Untuk mengetahui versi Windows yang terpasang di komputer, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Win + R pada keyboard untuk membuka jendela Run. Setelah jendela Run terbuka, Anda cukup ketik “winver” (tanpa tanda kutip) di dalam kotak teks dan tekan Enter. Maka, informasi tentang versi Windows yang sedang digunakan akan muncul di jendela yang terbuka.

Langkah-langkah cara cek versi Windows menggunakan Run Command:

1. Tekan dan tahan tombol Win (biasanya berlogo bendera Windows) kemudian tekan juga tombol R pada keyboard Anda. Hal ini mengaktifkan jendela Run.

2. Di dalam jendela Run, ketik kata “winver” (tanpa tanda kutip) di dalam kotak teks.

3. Setelah itu, Anda cukup menekan tombol Enter pada keyboard atau mengklik tombol OK di jendela Run.

4. Secara otomatis, jendela “About Windows” akan muncul dan menampilkan informasi lengkap tentang versi Windows yang sedang terpasang di komputer Anda.

Jadi, dengan menggunakan Run Command, Anda dapat dengan mudah mengetahui versi Windows yang sedang Anda gunakan tanpa harus melalui langkah yang rumit.

Cara Cek Versi Windows Melalui Settings

Apabila Anda ingin mengetahui versi Windows yang terpasang melalui pengaturan pada komputer Anda, Anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah cara cek versi Windows melalui Settings:

1. Pertama, buka menu Start dengan mengklik tombol Start atau menekan tombol Windows pada keyboard.

2. Cari dan klik ikon Settings (gambar gear) yang terletak di bagian bawah menu Start.

3. Setelah jendela Settings terbuka, Anda akan melihat beberapa opsi yang tersedia. Pilih opsi System dengan mengklik pada ikon yang berbentuk laptop dan monitor.

4. Di dalam menu System, Anda dapat melihat beberapa sub-menu di sebelah kiri. Klik opsi “About” untuk melanjutkan.

5. Pada bagian kanan jendela, Anda akan melihat informasi tentang versi Windows yang terpasang di komputer Anda, termasuk nomor versi, tanggal rilis, dan lainnya.

Melalui pengaturan pada komputer Anda, yaitu melalui Settings, Anda dapat dengan mudah mengetahui versi Windows yang tengah digunakan tanpa perlu menggunakan perintah khusus atau mengakses menu lain yang lebih rumit.

Cara Cek Versi Windows Melalui Control Panel

Control Panel adalah salah satu cara lain untuk mengetahui versi Windows yang terpasang di komputer Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkah cara cek versi Windows melalui Control Panel:

1. Pertama, Anda bisa membuka Control Panel dengan mencari di menu Start atau menggunakan jendela Run Command (tekan tombol Win + R pada keyboard, lalu ketik “control” tanpa tanda kutip dan tekan Enter).

2. Setelah Control Panel terbuka, cari dan klik opsi “System” yang berada di bawah kategori “System and Security”.

3. Di dalam jendela System, Anda akan menemukan informasi tentang versi Windows yang sedang terpasang. Anda dapat melihat nomor versi, jenis sistem operasi, dan lainnya.

Menggunakan Control Panel adalah salah satu cara tradisional yang tetap efektif untuk mengetahui versi Windows dengan cepat. Anda dapat menggunakan langkah-langkah di atas untuk memeriksa informasi yang Anda butuhkan.

Cara Cek Versi Windows dengan Command Prompt

Command Prompt adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk memeriksa versi Windows yang sedang digunakan di komputer Anda. Berikut adalah beberapa perintah yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengecekan tersebut:

Menggunakan Perintah “systeminfo”

Untuk memulai, buka Command Prompt dengan mencarinya di menu Start atau melalui jendela Run Command (Win + R). Setelah itu, ketikkan perintah berikut:

systeminfo

Setelah menekan Enter, Anda akan melihat informasi lengkap tentang sistem termasuk versi Windows yang sedang digunakan.

Menggunakan Perintah “ver”

Perintah selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah:

ver

Tuliskan perintah di atas di Command Prompt dan tekan Enter. Setelah itu, perintah ini akan menampilkan versi Windows yang terpasang tanpa informasi tambahan.

Menggunakan Perintah “wmic os get Caption, Version”

Perintah terakhir yang dapat Anda gunakan adalah:

wmic os get Caption, Version

Sama seperti langkah-langkah sebelumnya, buka Command Prompt dan ketikkan perintah di atas. Setelah menekan Enter, Anda akan melihat detail dari versi Windows yang sedang digunakan.

Dengan menggunakan beberapa perintah ini, Anda dapat dengan mudah mengecek versi Windows yang sedang digunakan di komputer Anda. Gunakan perintah yang paling mudah bagi Anda dan dapatkan informasi yang dibutuhkan.

Cara Mengecek Versi Windows Melalui Registry Editor

Jika Anda ingin mengetahui versi Windows yang terinstall pada komputer Anda, Anda dapat menggunakan Registry Editor. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka Registry Editor

Untuk membuka Registry Editor, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard. Tekan tombol Win + R secara bersamaan untuk membuka jendela Run. Kemudian, ketik “regedit” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Registry Editor akan terbuka.

Navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE

Setelah Registry Editor terbuka, Anda akan melihat panel navigasi di sebelah kiri. Gunakan panel navigasi tersebut untuk mencari folder yang bernama HKEY_LOCAL_MACHINE. Klik pada folder tersebut untuk membukanya.

Cari Key “CurrentVersion”

Setelah masuk ke dalam folder HKEY_LOCAL_MACHINE, Anda perlu mencari subfolder yang bernama “SOFTWARE”. Klik pada subfolder tersebut untuk membukanya. Kemudian, cari subfolder lagi dengan nama “Microsoft” dan klik untuk membukanya. Di dalam subfolder “Microsoft”, Anda akan menemukan folder “Windows NT”. Klik pada folder tersebut untuk membukanya. Di dalam folder “Windows NT”, Anda akan menemukan key yang bernama “CurrentVersion”.

Untuk melihat versi Windows yang terinstall, klik kanan pada key “CurrentVersion” dan pilih opsi “Modify”. Sebuah jendela akan muncul dan menampilkan versi Windows yang terinstall pada komputer Anda.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengecek versi Windows yang terinstall pada komputer Anda melalui Registry Editor. Pastikan Anda berhati-hati saat mengedit registri sistem, karena kesalahan dapat menyebabkan masalah pada komputer Anda. Jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda lakukan, sebaiknya berkonsultasi dengan seseorang yang lebih berpengalaman atau mengikuti panduan resmi yang diberikan oleh Microsoft.

Cara Mudah untuk Mengecek Versi Windows menggunakan PowerShell

Jika Anda ingin mengetahui versi Windows yang Anda gunakan, Anda dapat melakukannya dengan mudah menggunakan PowerShell. PowerShell adalah alat yang kuat yang tersedia di Windows dan dapat digunakan untuk melakukan berbagai tugas administrasi sistem, termasuk pengecekan versi Windows.

Cara Membuka PowerShell

Langkah pertama adalah membuka PowerShell. Berikut adalah langkah-langkah untuk membukanya:

  1. Buka menu Start dengan mengklik ikon Start di pojok kiri bawah layar.
  2. Cari “PowerShell” di kolom pencarian.
  3. Pilih aplikasi “Windows PowerShell” dari hasil pencarian yang muncul.

Cara Menjalankan Cmdlet “Get-ComputerInfo”

Setelah Anda membuka PowerShell, langkah selanjutnya adalah menjalankan cmdlet “Get-ComputerInfo” untuk mengecek informasi detail tentang sistem termasuk versi Windows yang sedang digunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ketikkan “Get-ComputerInfo” di dalam jendela PowerShell.
  2. Tekan Enter pada keyboard.
  3. Anda akan melihat informasi detail tentang sistem termasuk versi Windows di jendela PowerShell.

Cara Menggunakan Cmdlet “Win32_OperatingSystem”

Alternatif lain untuk mengecek versi Windows adalah menggunakan cmdlet “Get-WmiObject -Class Win32_OperatingSystem | Select-Object Version” di dalam PowerShell. Cmdlet ini akan menampilkan versi Windows yang terinstall. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ketikkan “Get-WmiObject -Class Win32_OperatingSystem | Select-Object Version” di dalam jendela PowerShell.
  2. Tekan Enter pada keyboard.
  3. Anda akan melihat versi Windows yang terinstall di jendela PowerShell.

Dengan menggunakan PowerShell, Anda dapat dengan mudah mengecek versi Windows yang digunakan tanpa harus mengakses pengaturan sistem secara manual. Ini adalah metode yang cepat dan efisien yang berguna dalam situasi di mana Anda perlu mengetahui versi Windows Anda untuk melakukan tugas tertentu atau memecahkan masalah yang mungkin terjadi.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *