Cara Mengaktifkan Mode Hibernate di Windows 10

Cara Mengaktifkan Mode Hibernate di Windows 10

Apakah Anda sering menggunakan komputer Windows 10 dan ingin mengoptimalkan penggunaan daya? Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengaktifkan mode Hibernate di Windows 10. Mode Hibernate memungkinkan Anda untuk menonaktifkan komputer tanpa menghapus pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah mudah untuk mengaktifkan mode Hibernate di Windows 10.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, mari kita bahas sedikit tentang apa itu mode Hibernate. Mode Hibernate adalah fitur di Windows yang memungkinkan Anda untuk menyimpan sesi kerja Anda dan menonaktifkan komputer. Dalam mode Hibernate, komputer menyimpan semua data yang sedang Anda kerjakan ke hard drive dan kemudian menonaktifkan semua komponen perangkat keras, sehingga menghemat penggunaan daya. Ketika Anda menghidupkan komputer kembali, semua pekerjaan Anda akan dikembalikan seperti saat Anda meninggalkannya.

Mode Hibernate sangat berguna ketika Anda tidak ingin menutup semua program dan dokumen yang sedang Anda kerjakan, tetapi ingin menghemat daya. Ini juga sangat berguna jika Anda memiliki komputer yang lambat untuk menghidupkan kembali setelah dimatikan sepenuhnya.

Cara Hibernate Windows 10

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara hibernate Windows 10. Hibernate adalah fitur yang sangat berguna dalam sistem operasi Windows 10 yang memungkinkan pengguna untuk menghemat daya dengan mengaktifkan mode tidur yang lebih dalam. Ketika komputer berada dalam mode hibernasi, semua data yang ada di memori akan disimpan ke disk, sehingga saat komputer dihidupkan kembali, pengguna dapat melanjutkan pekerjaan mereka dari titik terakhir sebelum komputer dalam mode hibernasi.

Apa itu hibernate dalam Windows 10?

Hibernate adalah fitur dalam sistem operasi Windows 10 yang memungkinkan pengguna untuk menghemat daya dengan mengaktifkan mode tidur yang lebih dalam. Pada mode hibernasi, semua data yang ada di memori akan disimpan ke disk, sehingga saat komputer dihidupkan kembali, pengguna dapat melanjutkan pekerjaan mereka dari titik terakhir sebelum komputer dalam mode hibernasi.

Keuntungan menggunakan hibernate di Windows 10

Ada beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan hibernate di Windows 10:

– Menghemat waktu: Dengan menggunakan hibernate, pengguna dapat dengan cepat melanjutkan pekerjaan mereka di titik terakhir tanpa harus menunggu sistem operasi dan aplikasi untuk boot.

– Menghemat daya: Mode hibernate menghemat daya karena mematikan komputer sepenuhnya, tidak seperti mode tidur yang masih menjaga beberapa komponen berjalan.

Cara mengaktifkan hibernate di Windows 10

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur hibernate di Windows 10:

  1. Buka menu Start dan pilih “Settings” (ikon gear).
  2. Pilih “System” dan pilih “Power & sleep” di panel sebelah kiri.
  3. Di bagian kanan, klik “Additional power settings” untuk membuka pengaturan daya.
  4. Di jendela “Power Options”, pilih “Choose what the power buttons do” di panel sebelah kiri.
  5. Klik “Change settings that are currently unavailable”.
  6. Gulir ke bawah dan centang kotak “Hibernate”, lalu klik “Save changes”.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, fitur hibernate akan diaktifkan di Windows 10 Anda.

Demikianlah cara hibernate Windows 10. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengaktifkan fitur hibernate yang sangat berguna untuk menghemat daya dan memudahkan Anda melanjutkan pekerjaan Anda di titik terakhir sebelum komputer dalam mode hibernasi.

Mengapa Anda Perlu Menonaktifkan Hibernate di Windows 10

Terdapat beberapa alasan mengapa pengguna ingin menonaktifkan hibernate di Windows 10, di antaranya:

  • Menghemat ruang penyimpanan: Mode hibernate membutuhkan ruang yang signifikan di disk, terutama jika komputer Anda memiliki kapasitas RAM yang besar. Dengan menonaktifkan hibernate, Anda dapat membebaskan ruang disk yang berharga ini.
  • Mempercepat proses booting: Dengan tidak menggunakan mode hibernate, komputer akan dapat melakukan proses booting lebih cepat. Tanpa harus memuat data dari disk ke memori, waktu booting dapat dipercepat secara signifikan.

Cara Menonaktifkan Hibernate di Windows 10

Untuk menonaktifkan hibernate di Windows 10, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Command Prompt sebagai Administrator. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol Start, kemudian ketik “Command Prompt” di dalam kotak pencarian. Pilih opsi “Run as administrator” ketika hasil pencarian muncul.
  2. Ketik perintah “powercfg.exe /hibernate off” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Ini akan menonaktifkan mode hibernate di Windows 10.
  3. Sekarang, hibernate sudah dinonaktifkan dan ruang penyimpanan yang digunakan untuk file hibernasi akan dikosongkan.

Cara Menghapus File Hibernasi di Windows 10

Jika Anda ingin menghapus file hibernasi yang telah ada setelah menonaktifkan hibernate, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Command Prompt sebagai Administrator.
  2. Ketik perintah “powercfg.exe /hibernate off” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Ini akan menghapus file hibernasi yang telah ada.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menonaktifkan mode hibernate dan menghapus file hibernasi di Windows 10. Pastikan Anda mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk mencegah terjadi kesalahan atau kerusakan sistem.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *