Cara Masuk ke BIOS Windows 10

Cara Masuk ke BIOS Windows 10

Untuk pengguna Windows 10, mengakses BIOS adalah langkah pertama untuk melakukan pengaturan perangkat dan menjalankan beberapa troubleshooting penting. BIOS, yang merupakan singkatan dari Basic Input Output System, adalah program yang bertanggung jawab atas pengaturan perangkat keras di dalam komputer. Dalam BIOS, Anda dapat mengatur urutan boot, overclock CPU, memeriksa suhu perangkat, dan melakukan banyak lagi. Namun, dengan tampilan baru dalam Windows 10, beberapa pengguna mungkin bingung tentang cara mengakses BIOS.

Jadi, bagaimana cara masuk ke BIOS Windows 10? Tidak perlu khawatir, artikel ini akan memberi tahu Anda langkah-langkah yang perlu diikuti agar Anda dapat masuk ke BIOS dengan mudah. Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan, tergantung pada merek dan model perangkat Anda. Ikuti panduan ini dan Anda akan segera mengakses BIOS Windows 10.

Cara Masuk ke BIOS di Windows 10

Apa itu BIOS dan mengapa penting untuk mengaksesnya?

BIOS (Basic Input Output System) adalah perangkat lunak bawaan pada komputer yang bertugas mengatur dan mengontrol perangkat keras. Ini merupakan program yang dijalankan saat komputer pertama kali dinyalakan sebelum sistem operasi, seperti Windows 10, dijalankan. Melalui BIOS ini, pengguna dapat melakukan berbagai pengaturan terkait komponen hardware pada komputer.

Mengapa Mengakses BIOS di Windows 10 itu Penting?

Mengakses BIOS pada Windows 10 sangat penting karena hal ini memungkinkan pengguna untuk mengatur perangkat keras komputer sesuai dengan kebutuhan mereka. Fitur-fitur yang biasanya dapat diatur melalui BIOS antara lain:

Pengaturan Boot

Salah satu pengaturan penting yang dapat diakses melalui BIOS adalah pengaturan boot. Dalam BIOS, pengguna dapat menentukan perangkat penyimpanan mana yang akan diutamakan saat komputer dinyalakan. Misalnya, pengguna dapat memprioritaskan hard drive internal atau USB flash drive sebagai perangkat boot utama.

Pengaturan Clock dan Tanggal

Di dalam BIOS, pengguna juga dapat mengatur informasi mengenai jam, tanggal, dan tahun yang akan ditampilkan oleh sistem operasi. Hal ini penting untuk menjaga ketepatan waktu pada komputer serta memastikan bahwa ada sinkronisasi yang benar dengan informasi waktu di sistem operasi.

Pengaturan Energi

Melalui BIOS, pengguna juga dapat mengatur berbagai opsi yang berhubungan dengan manajemen daya komputer. Beberapa contoh pengaturan yang dapat diatur melalui BIOS adalah pengaturan sleep mode, hibernasi, atau bahkan pengaturan kecepatan kipas untuk mendinginkan CPU.

Pengaturan Periferal

BIOS juga memberikan pengaturan yang berkaitan dengan periferal yang terhubung ke komputer. Pengguna dapat menentukan pengaturan terkait dengan keyboard, mouse, hard drive, dan perangkat lainnya.

Masuk ke BIOS di Windows 10

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk masuk ke BIOS di Windows 10. Berikut adalah beberapa metode yang umum digunakan:

1. Melalui Pengaturan Windows

Metode pertama yang dapat Anda gunakan adalah melalui Pengaturan Windows. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, buka menu Start dan pilih tombol “Settings” atau “Pengaturan”.

Kemudian, di jendela Pengaturan, pilih opsi “Update & Security” atau “Pembaruan & Keamanan”.

Pada menu sebelah kiri, pilih “Recovery” atau “Pemulihan”.

Di bagian “Advanced startup” atau “Pemulihan lanjutan”, klik tombol “Restart now” atau “Restart sekarang”.

Komputer Anda akan me-restart dan akan muncul layar “Choose an Option” atau “Pilih opsi”.

Pilih “Troubleshoot” atau “Perbaikan masalah”.

Setelah itu, Pilih “Advanced options” atau “Opsi lanjutan”.

Dalam menu “Advanced options” atau “Opsi lanjutan”, pilih “UEFI Firmware Settings” atau “Pengaturan Firmware UEFI”.

Terakhir, komputer Anda akan me-restart dan akan masuk ke BIOS.

2. Menggunakan Tombol F atau Del

Metode kedua yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan tombol F atau Del pada saat komputer dinyalakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Restart atau nyalakan komputer Anda.

Selama proses booting, tekan dan tahan tombol F atau Del pada keyboard Anda. Tombol yang harus Anda tekan mungkin berbeda-beda tergantung pada merek dan model komputer Anda. Beberapa merek komputer yang umum menggunakan tombol F adalah Asus, Acer, dan Lenovo.

Jika berhasil, Anda akan masuk ke BIOS dan dapat melakukan pengaturan yang diperlukan.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk masuk ke BIOS di Windows 10. Dengan mengakses BIOS, Anda dapat dengan mudah mengatur berbagai pengaturan perangkat keras untuk meningkatkan kinerja dan fungsionalitas komputer Anda.

Cara Masuk ke BIOS melalui Pengaturan Windows

Melalui pengaturan Windows, pengguna dapat dengan mudah masuk ke BIOS pada Windows 10. Caranya adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Buka menu “Start” dan pilih “Settings”

Langkah pertama untuk masuk ke BIOS melalui pengaturan Windows adalah dengan membuka menu “Start” di perangkat Windows 10 yang digunakan. Setelah itu, pilih opsi “Settings” untuk membuka pengaturan sistem Windows.

Langkah 2: Pilih opsi “Update & Security”

Setelah masuk ke menu “Settings”, cari dan pilih opsi “Update & Security” yang terletak di antara berbagai opsi pengaturan yang tersedia.

Langkah 3: Pilih “Recovery”

Setelah memilih opsi “Update & Security”, Anda akan melihat berbagai bidang pengaturan di sisi kiri jendela. Pilih “Recovery” di antara opsi-opsi tersebut untuk menuju pengaturan pemulihan.

Langkah 4: Klik tombol “Restart now” di bawah “Advanced startup”

Di bawah bagian “Advanced startup” di pengaturan Recovery, ada tombol yang bertuliskan “Restart now”. Klik tombol ini untuk memulai restart perangkat Windows 10 Anda.

Langkah 5: Pilih opsi “Troubleshoot”

Setelah perangkat Windows 10 Anda selesai melakukan restart, Anda akan melihat beberapa opsi pemulihan. Pilih opsi “Troubleshoot” untuk melanjutkan proses masuk ke BIOS.

Langkah 6: Pilih “Advanced options”

Di menu Troubleshoot, Anda akan menemukan beberapa opsi pemulihan tambahan. Pilih opsi “Advanced options” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 7: Pilih “UEFI Firmware Settings”

Setelah memilih “Advanced options”, Anda akan menemukan beberapa opsi lanjutan. Pilih opsi “UEFI Firmware Settings” untuk membuka pengaturan BIOS pada Windows 10.

Langkah 8: Klik tombol “Restart” untuk masuk ke BIOS

Terakhir, untuk masuk ke BIOS, Anda hanya perlu mengklik tombol “Restart” yang tersedia di jendela pengaturan UEFI Firmware Settings. Perangkat Windows 10 Anda akan melakukan restart dan secara otomatis memasuki BIOS.

Cara Masuk ke BIOS melalui Tombol F1, F2, atau DEL

Selain melalui pengaturan Windows, pengguna juga dapat masuk ke BIOS menggunakan tombol khusus seperti F1, F2, atau DEL. Cara ini berguna jika pengguna ingin mengakses BIOS tanpa harus masuk ke Windows terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Restart Komputer Anda

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merestart komputer Anda. Pastikan untuk menyimpan pekerjaan yang sedang Anda lakukan dan menutup semua aplikasi sebelum melakukan restart.

2. Tekan Terus Tombol F1, F2, atau DEL Saat Booting

Saat komputer Anda selesai melakukan proses booting, Anda perlu menekan terus tombol F1, F2, atau DEL. Tombol yang harus Anda tekan tergantung pada merek dan model komputer Anda. Beberapa merek komputer umumnya menggunakan tombol DEL, sedangkan merek lainnya menggunakan tombol F1 atau F2.

Pastikan untuk menekan tombol yang sesuai secara berulang-ulang dan terus menerus hingga BIOS muncul di layar monitor Anda.

3. Masuk ke BIOS

Setelah Anda berhasil menekan tombol yang sesuai, layar BIOS akan muncul di monitor Anda. Pada layar BIOS, Anda dapat mengatur berbagai pengaturan hardware komputer Anda, seperti mengatur boot order, mengubah pengaturan clock, dan banyak lagi.

Anda dapat menggunakan tombol panah pada keyboard atau tombol navigasi pada layar BIOS untuk berpindah antar menu. Pastikan untuk membaca petunjuk yang diberikan pada layar agar dapat menggunakan BIOS dengan benar dan aman.

Jika Anda ingin keluar dari BIOS dan melanjutkan proses booting ke Windows, cari dan pilih opsi “Exit” atau “Save and Exit” pada layar BIOS. Pastikan untuk menyimpan semua perubahan yang telah Anda buat jika diperlukan sebelum keluar dari BIOS.

Sekarang Anda tahu cara masuk ke BIOS melalui tombol F1, F2, atau DEL. Dengan masuk ke BIOS, Anda memiliki kontrol penuh atas pengaturan hardware komputer Anda dan dapat melakukan pengaturan yang diperlukan sesuai kebutuhan Anda.

Cara Masuk ke BIOS melalui Command Prompt

Pengguna juga dapat mengakses BIOS menggunakan Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Command Prompt dengan hak administrator.

Untuk dapat mengakses BIOS melalui Command Prompt, pengguna perlu membuka Command Prompt dengan hak administrator terlebih dahulu. Hal ini memastikan bahwa pengguna memiliki akses penuh untuk mengubah setelan BIOS.

2. Ketik perintah “shutdown.exe /r /o” (tanpa tanda petik).

Setelah Command Prompt terbuka, pengguna dapat mengetikkan perintah “shutdown.exe /r /o” (tanpa tanda petik) untuk menginstruksikan komputer untuk melakukan restart pemaksaan. Perintah ini akan memaksa komputer untuk melakukan restart dan membuka opsi tambahan.

3. Tekan Enter dan komputer akan mengalami proses restart.

Setelah mengetikkan perintah tersebut, pengguna perlu menekan tombol Enter untuk menjalankannya. Komputer akan melakukan proses restart secara otomatis.

4. Setelah itu, pilih opsi “Troubleshoot”.

Setelah komputer melakukan restart, pengguna akan melihat menu opsi tambahan. Pilih opsi “Troubleshoot” untuk melanjutkan proses masuk ke BIOS.

5. Pilih “Advanced options”.

Dalam menu “Troubleshoot”, pengguna perlu memilih opsi “Advanced options”. Opsi ini akan memberikan akses ke setelan dan pengaturan yang lebih mendalam pada komputer.

6. Pilih “UEFI Firmware Settings”.

Di dalam menu “Advanced options”, cari dan pilih opsi “UEFI Firmware Settings”. Pengaturan ini akan membuka pintu masuk ke BIOS pada komputer.

7. Klik tombol “Restart” untuk masuk ke BIOS.

Setelah memilih opsi “UEFI Firmware Settings”, pengguna perlu mengklik tombol “Restart” untuk melanjutkan dan masuk ke BIOS. Komputer akan melakukan restart sekali lagi dan membuka halaman BIOS.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *