Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows 10

Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows 10

Apakah Anda sering lupa dengan password WiFi di rumah dan ingin mengetahuinya kembali? Jangan khawatir, di artikel ini akan dijelaskan cara melihat password WiFi di laptop Windows 10. Dengan mengetahui langkah-langkahnya, Anda tidak perlu lagi repot untuk mendapatkan akses ke jaringan WiFi di rumah.

Baca juga: Cara Membuka Situs yang Diblokir di Laptop

Windows 10 memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk melihat password WiFi yang pernah tersimpan di laptop Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu menghubungi provider layanan WiFi atau mereset ulang kembali router WiFi Anda. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana yang akan dijelaskan di artikel ini untuk dapat melihat password WiFi di laptop Windows 10 Anda.

1. Melalui Command Prompt

Jika Anda ingin melihat password WiFi di laptop Windows 10, menggunakan Command Prompt akan menjadi cara yang efektif dan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Command Prompt

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Command Prompt. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol “Windows” dan “R” secara bersamaan untuk membuka jendela “Run”. Kemudian, ketik “cmd” dan tekan “Enter” atau klik “OK”.

Langkah 2: Jalankan Perintah

Setelah jendela Command Prompt terbuka, Anda perlu menjalankan perintah berikut ini:

netsh wlan show profile

Perintah ini akan menampilkan daftar semua profil jaringan WiFi yang pernah Anda koneksikan ke laptop.

Langkah 3: Pilih Jaringan WiFi

Setelah Anda menjalankan perintah sebelumnya, Anda akan melihat daftar nama profil jaringan WiFi. Pilihlah jaringan WiFi yang ingin Anda ketahui passwordnya.

Langkah 4: Tampilkan Password

Setelah Anda memilih jaringan WiFi yang diinginkan, jalankan perintah berikut ini untuk melihat passwordnya:

netsh wlan show profile name=[nama jaringan WiFi] key=clear

Gantilah “[nama jaringan WiFi]” dengan nama profil jaringan yang ingin Anda cek passwordnya.

Langkah 5: Temukan Password

Setelah Anda menjalankan perintah di langkah sebelumnya, carilah bagian yang bertuliskan “Key Content”. Di sebelah tulisan ini, Anda akan melihat password yang Anda cari dibawah kolom “Key Content”. Itulah password WiFi yang tersimpan di laptop Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi di laptop Windows 10 Anda. Namun, perlu diingat, akses ke Command Prompt mungkin memerlukan izin administratif.

Cara Melihat Password WiFi melalui Command Prompt

Bagi pengguna laptop Windows 10, terkadang kita perlu melihat password WiFi yang tersimpan di laptop kita. Hal ini mungkin diperlukan ketika kita ingin menghubungkan perangkat lain ke jaringan WiFi yang sama atau ketika kita lupa password WiFi yang digunakan di laptop kita. Salah satu cara untuk melihat password WiFi yang tersimpan adalah melalui Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Membuka Command Prompt

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Command Prompt. Anda dapat melakukannya dengan menjalankan pencarian di menu Start dan memilih aplikasi “Command Prompt”.

Menampilkan Daftar Jaringan WiFi yang Tersimpan

Setelah Command Prompt terbuka, ketikkan perintah “netsh wlan show profile” dan tekan Enter. Ini akan menampilkan daftar semua jaringan WiFi yang pernah tersambung ke laptop Anda. Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang memiliki nama-nama yang berbeda.

Melihat Password WiFi

Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya dan ketikkan perintah “netsh wlan show profile name=[nama jaringan] key=clear” (ganti [nama jaringan] dengan nama jaringan yang Anda pilih). Tekan Enter, dan password WiFi akan ditampilkan di bawah “Key Content”. Dengan ini, Anda bisa mendapatkan password WiFi yang tersimpan di laptop Windows 10 Anda.

Memiliki akses ke password WiFi yang tersimpan di laptop bisa sangat berguna dalam berbagai situasi. Dengan mengetahui password WiFi, Anda dapat menggunakannya untuk menghubungkan perangkat lain ke jaringan yang sama tanpa perlu memasukkan password secara manual. Ini dapat menjadi solusi yang praktis dan menghemat waktu ketika menghubungkan perangkat baru ke jaringan WiFi yang sudah tersimpan di laptop Anda.

Namun, perlu diingat bahwa melihat password WiFi melalui Command Prompt membutuhkan akses administrator pada laptop Windows 10 Anda. Jadi pastikan Anda telah login sebagai administrator sebelum mencoba langkah-langkah di atas. Selain itu, penggunaan akses yang tidak sah untuk mendapatkan password WiFi orang lain dianggap melanggar privasi dan dapat dikenakan sanksi hukum. Gunakan informasi ini dengan bijak dan hanya untuk tujuan yang sah.

Sekarang, dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang tersimpan di laptop Windows 10 Anda melalui Command Prompt. Jadi, jika Anda lupa password WiFi atau membutuhkannya untuk menghubungkan perangkat lain ke jaringan yang sama, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat dengan cepat mendapatkan password WiFi dengan menggunakan metode ini. Selamat mencoba!

Cara Melihat Password WiFi melalui Pengaturan Windows

Untuk melihat password WiFi yang tersimpan di laptop Windows 10, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut melalui Pengaturan Windows.

Membuka Pengaturan Windows

Langkah pertama adalah membuka Pengaturan Windows. Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon Pengaturan (ikon gear) yang dapat ditemukan di menu Start.

Memilih Opsi Jaringan & Internet

Setelah membuka Pengaturan Windows, cari dan klik opsi “Jaringan & Internet”. Opsi ini akan membuka jendela pengaturan jaringan di laptop Anda.

Memilih Jaringan Wi-Fi yang Tersimpan

Pada panel sebelah kiri, Anda akan melihat beberapa opsi terkait jaringan. Pilih opsi “Wi-Fi” untuk masuk ke pengaturan Wi-Fi. Di panel sebelah kanan, cari dan klik opsi “Manajemen Jaringan yang Dikenal”. Ketika Anda mengklik opsi ini, halaman yang menampilkan daftar jaringan WiFi tersimpan di laptop Anda akan terbuka.

Melihat Password WiFi

Untuk melihat password WiFi tertentu, pilih jaringan tersebut dari daftar yang ditampilkan dan klik opsi “Sifat” di bagian bawah. Ketika Anda mengklik opsi ini, sebuah kotak dialog akan muncul dengan beberapa tab di bagian atas. Pilih tab “Keamanan”.

Di dalam tab “Keamanan”, Anda akan melihat kotak teks dengan label “Kata Sandi Jaringan”. Untuk melihat password WiFi yang tersembunyi, centang opsi “Tampilkan karakter” di bawah kotak teks tersebut. Dengan melakukan ini, password WiFi akan ditampilkan dan terbaca di dalam kotak teks.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa dengan mudah melihat password WiFi yang tersimpan di laptop Windows 10 Anda. Hal ini berguna jika Anda ingin menghubungkan perangkat lain ke jaringan WiFi yang sama atau jika Anda perlu membagikan password WiFi kepada orang lain.

Cara Melihat Password WiFi dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin melihat password WiFi yang tersimpan di laptop Windows 10, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda dengan cepat dan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

Mencari dan Mengunduh Aplikasi Pihak Ketiga

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda melihat password WiFi. Anda dapat menggunakan browser web favorit Anda untuk mencari aplikasi tersebut. Ada banyak opsi yang tersedia, jadi pastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan banyak digunakan oleh pengguna lain.

Setelah menemukan aplikasi yang sesuai, unduhlah dari situs resmi atau toko aplikasi yang terpercaya. Ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan aplikasi yang asli dan bebas dari malware atau ancaman keamanan lainnya. Selain itu, pastikan juga Anda mengunduh versi yang kompatibel dengan Windows 10.

Menggunakan Aplikasi untuk Melihat Password WiFi

Setelah Anda berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga, bukalah aplikasi tersebut di laptop Anda. Biasanya, aplikasi akan memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan.

Pada antarmuka aplikasi, Anda akan melihat daftar semua jaringan WiFi yang terkoneksi dengan laptop Anda. Pilihlah jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya dengan mengklik atau mengetuk pada nama jaringan tersebut.

Aplikasi akan memproses permintaan Anda dan secara otomatis menampilkan password untuk jaringan WiFi yang Anda pilih. Anda dapat mencatat password ini untuk referensi di masa depan atau menggunakannya untuk menghubungkan perangkat lain ke jaringan WiFi tersebut.

Memperoleh Password WiFi

Dalam beberapa langkah sederhana, Anda telah berhasil melihat password dari jaringan WiFi yang tersimpan di laptop Windows 10 Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang aman dan terpercaya.

Pilihlah aplikasi yang telah diverifikasi oleh banyak pengguna dan memiliki ulasan positif. Ini akan membantu Anda menjaga keamanan informasi pribadi Anda yang terhubung dengan jaringan WiFi.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang penggunaan aplikasi pihak ketiga atau keamanan informasi Anda, Anda juga dapat mencoba solusi alternatif seperti menghubungi penyedia layanan WiFi atau menjaga password WiFi di tempat yang aman agar dapat diakses secara manual jika diperlukan.

Dalam panduan ini, kami telah menjelaskan cara melihat password WiFi di laptop Windows 10 menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan detail yang diperlukan. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengelola koneksi WiFi Anda di Windows 10.

Penutup

Selama ini kami telah menjelaskan tiga cara yang dapat Anda gunakan untuk melihat password WiFi di laptop Windows 10 Anda. Anda dapat memilih antara menggunakan Command Prompt, Pengaturan Windows, atau mengunduh dan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang terpercaya. Namun, penting untuk diingat bahwa kegiatan ini sebaiknya dilakukan dengan tanggung jawab dan menjaga etika privasi orang lain.

Penting untuk Menghormati Privasi Orang Lain

Memiliki kemampuan untuk melihat password WiFi yang tersimpan di komputer Anda dapat sangat berguna dalam beberapa situasi, seperti ketika Anda lupa password atau ingin terhubung ke jaringan yang sama di perangkat lain. Namun, penting untuk selalu menghormati privasi orang lain dan hanya menggunakan pengetahuan ini untuk tujuan yang sah dan dengan persetujuan pemilik jaringan. Melihat password WiFi tanpa izin yang tepat adalah melanggar privasi, dan Anda harus menghindari melakukannya.

Tujuan Artikel Ini

Kami menulis artikel ini untuk memberikan Anda informasi tentang beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melihat password WiFi di laptop Windows 10. Kami ingin memastikan bahwa Anda dapat menggunakan pengetahuan ini secara bertanggung jawab dan dalam batas yang etis. Dengan memahami cara-cara ini, Anda dapat mengelola dan memulihkan akses ke jaringan WiFi Anda sendiri tanpa harus mengandalkan teknisi atau bantuan lainnya.

Harap Gunakan Dengan Bertanggung Jawab

Kami mengingatkan Anda untuk selalu menggunakan pengetahuan ini dengan bertanggung jawab dan dengan izin yang tepat. Menggunakan cara-cara ini untuk melihat password WiFi tanpa persetujuan pemiliknya tidak hanya melanggar privasi, tetapi juga dapat menjadi tindakan ilegal yang dapat berakibat pada konsekuensi hukum. Pastikan Anda hanya menggunakan pengetahuan ini untuk membantu diri sendiri dan orang lain dengan izin mereka.

Kesimpulan

Ketika Anda menghadapi situasi di mana Anda perlu mengingat atau memulihkan password WiFi di laptop Windows 10, ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan. Menggunakan Command Prompt, Pengaturan Windows, atau aplikasi pihak ketiga yang terpercaya dapat membantu Anda melihat password WiFi yang tersimpan. Namun, penting untuk selalu menghormati privasi orang lain dan menjaga etika dalam menggunakan pengetahuan ini. Dengan demikian, Anda dapat mengelola akses ke jaringan WiFi Anda sendiri dengan lebih mandiri dan bertanggung jawab.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *