Cara Melihat Password WiFi di Laptop Windows 11 dengan Mudah

Cara Melihat Password WiFi di Laptop Windows 11 dengan Mudah

Ingin tahu password WiFi di laptop Windows 11 dengan mudah? Tidak perlu khawatir, Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kami akan membagikan cara sederhana untuk melihat password WiFi di laptop Windows 11. Dengan informasi ini, Anda tidak perlu lagi menghubungi teknisi jaringan atau pemilik WiFi untuk mendapatkan kata sandi yang diperlukan.

Windows 11 hadir dengan antarmuka yang baru dan dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang dapat memudahkan pengguna dalam mengelola perangkat dan jaringan WiFi. Salah satu fitur yang cukup berguna adalah kemampuan untuk melihat password WiFi yang pernah terhubung di laptop Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat waktu dan memperoleh akses yang diperlukan tanpa repot mencatat atau mengingat kata sandi tersebut.

Cara Melihat Password WiFi di Laptop Windows 11

Pada laptop Windows 11, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang tersimpan menggunakan berbagai metode. Dalam artikel ini, kami akan memberikan pilihan tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat password WiFi di laptop Windows 11 Anda.

Menggunakan Command Prompt

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk melihat password WiFi di laptop Windows 11 adalah dengan menggunakan Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + X dan memilih “Command Prompt” dari menu yang muncul.
  2. Tuliskan perintah “netsh wlan show profile” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter untuk menampilkan daftar profil jaringan WiFi yang tersimpan.
  3. Pilih profil jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya dengan menulis perintah “netsh wlan show profile name=[nama profil WiFi]” (tanpa tanda kutip dan ganti [nama profil WiFi] dengan nama profil jaringan WiFi yang Anda inginkan) dan tekan Enter.
  4. Di bawah bagian “Key Content” akan terlihat password WiFi yang disimpan untuk profil jaringan WiFi yang dipilih.

Dengan menggunakan Command Prompt, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang tersimpan di laptop Windows 11. Pastikan untuk mengingat nama profil jaringan WiFi yang ingin Anda periksa.

Menggunakan Pengaturan Jaringan dan Internet

Alternatif lain untuk melihat password WiFi di laptop Windows 11 adalah dengan menggunakan pengaturan Jaringan dan Internet. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Start dengan menekan tombol Windows, kemudian pilih ikon “Settings” (pengaturan) yang berbentuk gigi di sebelah kiri bawah menu Start.
  2. Pada jendela Pengaturan, pilih “Network & Internet” (Jaringan dan Internet).
  3. Pilih tab “Wi-Fi” di sebelah kiri jendela Pengaturan.
  4. Di bagian bawah tab “Wi-Fi”, klik pada opsi “Network and Sharing Center” (Pusat Jaringan dan Berbagi).
  5. Pada jendela Pusat Jaringan dan Berbagi, pilih nama jaringan WiFi yang ingin Anda periksa passwordnya.
  6. Klik pada opsi “Wireless Properties” (Properti Nirkabel) di jendela Pusat Jaringan dan Berbagi.
  7. Pada jendela Properti Nirkabel, pilih tab “Security” (Keamanan).
  8. Centang kotak “Show characters” (Tampilkan karakter) di bawah bagian “Network security key” (Kunci keamanan jaringan).
  9. Password WiFi yang tersimpan akan ditampilkan di bawah bagian “Network security key”.

Dengan menggunakan pengaturan Jaringan dan Internet, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang tersimpan di laptop Windows 11. Pastikan untuk memilih jaringan WiFi yang ingin Anda periksa passwordnya dengan benar.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda mencari alternatif lain atau ingin menggunakan cara yang lebih sederhana, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda melihat password WiFi di laptop Windows 11. Beberapa contoh aplikasi pihak ketiga yang populer antara lain WiFi Password Revealer atau WiFi Password Viewer. Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut dari situs web resminya atau melalui toko aplikasi Windows.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga ini, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang tersimpan tanpa harus menggunakan Command Prompt atau pengaturan Jaringan dan Internet. Namun, pastikan untuk mendownload aplikasi dari sumber yang tepercaya dan lakukan penelitian terlebih dahulu sebelum menginstalnya.

Demikianlah tiga cara yang bisa Anda gunakan untuk melihat password WiFi di laptop Windows 11. Jika Anda lupa password WiFi atau ingin berbagi password kepada orang lain, metode-metode di atas dapat membantu Anda dalam hal tersebut. Pilihlah metode yang paling sesuai dan nyaman bagi Anda.

Ketentuan Keamanan dalam Melihat Password WiFi di Laptop Windows 11

Dalam melihat password WiFi di laptop Windows 11, terdapat beberapa ketentuan keamanan yang perlu diperhatikan agar privasi pengguna WiFi tetap terjaga. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Perhatikan Privasi Pengguna WiFi

Penting untuk menjaga privasi pengguna WiFi saat melihat password di laptop Windows 11. Ketika Anda mengakses jaringan WiFi orang lain, penting untuk memastikan bahwa Anda tidak menyebarkan atau menyalahgunakan informasi yang Anda peroleh. Jaga kerahasiaan password tersebut agar pengguna WiFi tidak merasa tidak nyaman atau terganggu.

Gunakan Hanya pada Jaringan Anda Sendiri

Salah satu protokol keamanan yang penting adalah memastikan bahwa Anda hanya melihat password WiFi di laptop Windows 11 pada jaringan yang Anda sendiri miliki atau dengan izin pengguna yang bersangkutan. Jika Anda ingin melihat password WiFi di jaringan orang lain, pastikan Anda telah meminta izin terlebih dahulu. Hal ini tidak hanya berlaku untuk menjaga privasi pengguna WiFi, tetapi juga untuk menghindari masalah hukum yang mungkin timbul akibat penyalahgunaan password tersebut.

Perhatikan Hukum dan Etika

Sebagai pengguna yang bertanggung jawab, penting untuk memahami dan mematuhi hukum yang berlaku dalam melihat password WiFi di laptop Windows 11. Beberapa negara atau wilayah memiliki regulasi yang mengatur penggunaan jaringan WiFi, termasuk melihat atau menggunakan password WiFi orang lain tanpa izin. Melanggar hukum tersebut dapat menimbulkan konsekuensi hukum serius, seperti denda atau bahkan tindakan pidana. Selain itu, patuhi juga etika yang berlaku dalam penggunaan jaringan WiFi publik. Hindari penggunaan yang tidak pantas dan menghormati privasi pengguna WiFi lainnya.

Dengan memperhatikan ketentuan keamanan di atas, Anda dapat melihat password WiFi di laptop Windows 11 dengan lebih aman dan bertanggung jawab. Jaga privasi pengguna WiFi, gunakan hanya pada jaringan yang Anda miliki atau dengan izin pengguna yang bersangkutan, serta patuhi hukum dan etika yang berlaku. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan jaringan WiFi dengan bijak tanpa mengganggu privasi dan keamanan pengguna WiFi lainnya.

Troubleshooting Jika Tidak Bisa Melihat Password WiFi di Laptop Windows 11

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam melihat password WiFi di laptop Windows 11, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya:

Cek Izin dan Akses

Pastikan Anda memiliki izin dan akses yang cukup untuk melihat password WiFi di laptop Windows 11. Kadang-kadang, terdapat batasan perangkat atau pengaturan keamanan yang membatasi akses Anda untuk melihat password WiFi.

Perbarui atau Instal Ulang Driver WiFi

Jika Anda masih mengalami masalah, coba perbarui atau instal ulang driver WiFi di laptop Windows 11 Anda. Terkadang, masalah ini dapat disebabkan oleh driver yang tidak kompatibel atau rusak. Untuk melakukan ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Device Manager” dengan menekan tombol “Windows” + “X” dan memilih “Device Manager” dari menu yang muncul.
  2. Cari dan klik dua kali pada kategori “Network adapters” untuk melihat daftar perangkat jaringan yang terpasang.
  3. Cari driver WiFi Anda, klik kanan, dan pilih “Update driver” untuk mencari pembaruan terbaru. Jika tidak ada pembaruan yang tersedia, Anda juga dapat mencoba memilih “Uninstall device” dan menginstal ulang driver WiFi.
  4. Tunggu hingga proses perbarui atau instal ulang selesai, lalu restart laptop Anda.

Kontak Dukungan Teknis

Jika masalah masih berlanjut setelah mencoba langkah-langkah di atas, sebaiknya hubungi dukungan teknis untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut dalam melihat password WiFi di laptop Windows 11. Mereka akan dapat memberikan panduan yang lebih rinci dan solusi yang sesuai dengan situasi Anda.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *