Cara Melihat Password WiFi di Windows 10

Cara Melihat Password WiFi di Windows 10

Mungkin Anda pernah mengalami situasi di mana Anda ingin terhubung ke jaringan WiFi di perangkat Windows 10 Anda, tetapi lupa passwordnya. Apakah Anda tahu bahwa Anda sebenarnya dapat melihat password WiFi yang sudah Anda gunakan sebelumnya? Ya, Anda dapat melakukannya dengan beberapa langkah mudah di sistem operasi Windows 10. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara melihat password WiFi di Windows 10.

Memiliki akses ke password WiFi yang sudah terhubung di perangkat Windows 10 Anda dapat sangat berguna dalam beberapa situasi. Misalnya, jika Anda ingin terhubung ke jaringan yang sama pada perangkat lain, Anda tidak perlu menghafal passwordnya atau memasukkannya secara manual. Anda dapat dengan mudah melihatnya di komputer Anda dan memasukkannya dengan cepat di perangkat lain.

Namun, penting untuk diingat bahwa ini hanya berfungsi untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung ke perangkat Windows 10 Anda. Anda tidak akan dapat melihat password WiFi yang tidak pernah terhubung sebelumnya. Jadi, lanjutkan membaca untuk mengetahui cara melihat password WiFi di Windows 10 dengan mudah.

Cara Melihat Password Wi-Fi di Windows 10

1. Cara Melihat Password Wi-Fi di Windows 10 Menggunakan Command Prompt

Command Prompt adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk melihat password Wi-Fi di Windows 10. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

– Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + X dan memilih “Command Prompt (Admin)”.

– Ketik perintah “netsh wlan show profile” untuk melihat daftar profil Wi-Fi yang tersimpan di komputer Anda.

– Pilih profil Wi-Fi yang ingin Anda lihat passwordnya dengan mengetik perintah “netsh wlan show profile name=[nama profil Wi-Fi]”.

– Jika Anda ingin melihat password Wi-Fi yang terhubung saat ini, ketik perintah “netsh wlan show profile name=[nama profil Wi-Fi] key=clear” dan password akan ditampilkan di bawah “Key Content”.

2. Cara Melihat Password Wi-Fi di Windows 10 Menggunakan Pengaturan Wi-Fi

Windows 10 juga menyediakan cara untuk melihat password Wi-Fi melalui pengaturan Wi-Fi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Klik ikon Wi-Fi pada bilah tugas untuk membuka daftar jaringan Wi-Fi yang tersedia.

– Pilih jaringan Wi-Fi yang Anda ingin lihat passwordnya.

– Klik “Properties”.

– Di bawah bagian “Security”, centang kotak “Show characters” untuk menampilkan password Wi-Fi.

3. Cara Melihat Password Wi-Fi di Windows 10 Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan Command Prompt dan pengaturan Wi-Fi bawaan Windows 10, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat password Wi-Fi. Beberapa aplikasi populer yang dapat digunakan adalah:

– WirelessKeyView: Aplikasi ringan dan gratis yang secara otomatis mengambil dan menampilkan password Wi-Fi yang tersimpan di komputer.

– Wi-Fi Password Recovery: Aplikasi lain yang dapat Anda gunakan untuk melihat password Wi-Fi yang terhubung dan yang pernah terhubung sebelumnya.

Keamanan dan Kewaspadaan

Mengapa Penting untuk Melihat Password Wi-Fi

Mengetahui password Wi-Fi di Windows 10 penting untuk keamanan dan kewaspadaan. Dengan mengetahui password Wi-Fi yang tersimpan di komputer Anda, Anda dapat memastikan keamanan koneksi Wi-Fi di rumah, kantor, atau di tempat umum.

Keamanan dan Kewaspadaan dalam Mengekspos Password Wi-Fi

Namun, penting juga untuk tetap berhati-hati dalam mengekspos password Wi-Fi. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan komputer Anda terlindungi dengan antivirus dan firewall yang memadai.
  • Jangan pernah mengungkapkan password Wi-Fi kepada orang yang tidak dapat dipercaya.
  • Jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat password Wi-Fi, pastikan aplikasi tersebut aman dan tepercaya.

Memulihkan Password Wi-Fi yang Hilang

Jika Anda lupa password Wi-Fi yang tersimpan di komputer, Anda dapat memulihkannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Command Prompt dan ketik perintah “netsh wlan show profile” untuk melihat daftar profil Wi-Fi yang tersimpan.
  2. Pilih profil Wi-Fi yang ingin Anda pulihkan passwordnya dengan mengetik perintah “netsh wlan delete profile name=[nama profil Wi-Fi]” untuk menghapus profil Wi-Fi tersebut.
  3. Selanjutnya, Anda dapat terhubung kembali ke jaringan Wi-Fi dan memasukkan password baru.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *