Cara Melihat Password Wifi di Windows 11

Cara Melihat Password Wifi di Windows 11

Bagi pengguna Windows 11 yang sering bekerja menggunakan koneksi Wi-Fi, mungkin sudah tidak asing lagi dengan situasi di mana kita lupa kata sandi atau password untuk mengkoneksikan perangkat dengan jaringan Wi-Fi. Kebanyakan dari kita pasti pernah mengalami masalah ini. Namun, jangan khawatir, karena di Windows 11 terdapat cara mudah untuk melihat password Wi-Fi yang telah tersimpan di perangkat. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat dengan cepat memperoleh kembali password Wi-Fi yang mungkin telah lama terlupakan.

Fitur ini sangat berguna terutama ketika Anda ingin menggunakan perangkat lain untuk terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang sama. Tidak perlu repot menghubungi pemilik jaringan atau melakukan reset password. Melihat password Wi-Fi yang tersimpan di Windows 11 bisa menjadi solusi paling praktis dalam mengatasi masalah lupa password Wi-Fi.

Jadi, dalam artikel ini kita akan membahas cara untuk melihat password Wi-Fi di Windows 11 dengan mudah. Simak selengkapnya untuk mengetahui langkah-langkahnya dan segera temukan password Wi-Fi yang terlupakan.

Cara Melihat Password Wifi di Windows 11

Melihat password wifi yang tersimpan di komputer Windows 11 bisa dilakukan dengan beberapa metode. Berikut ini adalah tiga metode yang dapat Anda gunakan.

Menggunakan Command Prompt

Berikut langkah-langkah untuk melihat password wifi di Windows 11 menggunakan Command Prompt:

1. Buka Command Prompt dengan klik kanan pada logo Windows di pojok kiri bawah. Kemudian pilih “Windows Terminal (Admin)”.

2. Setelah Command Prompt terbuka, ketikkan perintah “netsh wlan show profiles” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Akan muncul daftar nama-nama jaringan wifi yang pernah terhubung ke komputer Anda.

3. Pilih jaringan wifi yang ingin Anda lihat passwordnya, kemudian ketikkan perintah “netsh wlan show profile name=[nama_jaringan] key=clear” (tanpa tanda kutip dan ganti [nama_jaringan] dengan nama jaringan wifi yang ingin Anda lihat passwordnya). Tekan Enter.

4. Di bagian “Key Content” akan muncul password wifi yang tertulis dalam bentuk teks. Itulah password wifi yang Anda cari.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah melihat password wifi yang tersimpan di komputer Windows 11 Anda.

Menggunakan Pengaturan Jaringan dan Internet

Windows 11 juga menyediakan opsi di pengaturan jaringan dan internet untuk melihat password wifi yang terhubung di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Klik kanan pada logo Windows di pojok kiri bawah dan pilih “Pengaturan”.

2. Di jendela Pengaturan, klik “Jaringan & Internet”.

3. Pada sisi kiri jendela, klik “Wifi”.

4. Di bagian “Jaringan yang Sering Digunakan”, cari nama jaringan wifi yang ingin Anda lihat passwordnya. Kemudian klik pada nama jaringan tersebut.

5. Dalam jendela yang muncul, klik “Properties” di bawah bagian “Password”.

6. Centang kotak “Tunjukkan karakter” untuk menampilkan password wifi.

7. Password wifi yang terhubung dengan jaringan tersebut akan ditampilkan.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat melihat password wifi yang tersimpan dengan mudah melalui pengaturan jaringan dan internet di Windows 11.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain melalui Command Prompt dan pengaturan sistem, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk melihat password wifi di Windows 11. Beberapa aplikasi tersebut antara lain:

1. WiFi Password Recovery Pro

2. SterJo Wireless Passwords

3. WiFi Password Revealer

Anda dapat mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi di atas, lalu menggunakannya untuk melihat password wifi yang tersimpan di komputer Windows 11.

Dengan menggunakan salah satu dari metode di atas, Anda dapat dengan mudah mengetahui password wifi yang tersimpan di komputer Windows 11. Setelah mengetahui password wifi, Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk terhubung ke jaringan wifi yang sama pada perangkat lain.

Langkah-Langkah Menggunakan Command Prompt untuk Melihat Password Wifi

Untuk dapat melihat password wifi di Windows 11, Anda dapat menggunakan Command Prompt dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Buka Command Prompt

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Command Prompt. Caranya cukup mudah, klik tombol “Start” di sudut kiri bawah layar dan cari “Command Prompt”. Setelah Anda menemukannya, klik untuk membukanya.

Ketik Perintah

Setelah Command Prompt terbuka, langkah selanjutnya adalah mengetik perintah “netsh wlan show profile” di dalam Command Prompt. Perintah ini akan menampilkan semua profil wifi yang pernah terhubung di komputer Anda.

Lihat Password Wifi

Setelah langkah sebelumnya dilakukan, Anda dapat memilih profil wifi yang ingin Anda lihat passwordnya. Untuk melakukannya, ketik perintah “netsh wlan show profile name=NAMA_PROFILE key=clear” di dalam Command Prompt. Pastikan untuk mengganti “NAMA_PROFILE” dengan nama profil wifi yang ingin Anda lihat passwordnya.

Setelah Anda mengetik perintah tersebut, tekan tombol “Enter”. Command Prompt akan menampilkan informasi tentang profil wifi yang Anda pilih, termasuk passwordnya. Anda dapat mencari informasi “Key Content” di dalam hasil yang ditampilkan. Itulah password wifi yang Anda cari.

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk melihat password wifi di Windows 11 menggunakan Command Prompt. Namun, perlu diingat bahwa untuk melihat password wifi, Anda harus memiliki akses administrator ke komputer tersebut.

Selain menggunakan Command Prompt, ada juga beberapa metode lain yang dapat Anda coba untuk melihat password wifi di Windows 11, seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga atau melalui pengaturan jaringan di Control Panel. Namun, metode menggunakan Command Prompt adalah salah satu cara yang paling sederhana dan efektif untuk melakukannya.

Langkah-Langkah Menggunakan Pengaturan Jaringan dan Internet untuk Melihat Password Wifi

Untuk dapat melihat password wifi di Windows 11, Anda dapat menggunakan fitur Pengaturan Jaringan dan Internet. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka Pengaturan

Pertama, klik tombol “Start” di pojok kiri bawah layar Anda. Setelah itu, pilih opsi “Pengaturan” yang terletak di sebelah kiri menu Start. Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard dengan menekan tombol “Windows” + “I” secara bersamaan untuk membuka Pengaturan.

Pilih Opsi “Wifi”

Setelah masuk ke menu Pengaturan, Anda akan melihat berbagai opsi pengaturan yang tersedia. Pilihlah opsi “Jaringan & Internet” untuk melanjutkan proses.

Pilih Network Wifi

Pada halaman “Jaringan & Internet”, pilihlah opsi “Wifi” yang terdapat pada panel sebelah kiri. Dalam halaman ini, Anda akan melihat beberapa pengaturan wifi yang dapat Anda atur.

Di halaman “Wifi”, carilah network wifi yang sedang terhubung di komputer Anda. Setelah menemukannya, kliklah network wifi tersebut. Kemudian pilihlah opsi “Kelola jaringan yang dikenal” yang terletak di bagian bawah tampilan.

Dalam panel “Kelola jaringan yang dikenal”, Anda akan melihat beberapa informasi terkait network wifi yang dipilih, termasuk juga passwordnya. Setelah memastikan bahwa Anda telah menemukan network wifi yang benar, Anda dapat melihat password wifi tersebut di sebelah kanan kolom “Password”.

Apabila Anda ingin menyalin password wifi tersebut atau menggunakannya pada perangkat lain, Anda dapat menggunakan fitur salin dan tempel yang ada di Windows 11. Cukup tekan dan tahan password wifi, kemudian pilihlah opsi “Salin” dan Anda dapat menempelkannya di tempat yang diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat melihat password wifi yang terhubung di Windows 11 dengan mudah. Ingatlah untuk menjaga kerahasiaan password dan menggunakan informasi ini dengan bijak.

Langkah-Langkah Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Melihat Password Wifi

Untuk melihat password wifi di Windows 11, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Unduh dan Instal Aplikasi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda melihat password wifi di Windows 11. Ada beberapa aplikasi populer yang tersedia, seperti “Wifi Password Revealer” dan “WirelessKeyView” yang dapat Anda pilih. Pastikan Anda mendownload aplikasi dari sumber yang terpercaya dan dijamin keamanannya.

Buka Aplikasi

Setelah berhasil menginstal aplikasi, bukalah aplikasi tersebut di komputer Windows 11 Anda. Biasanya, Anda dapat menemukan ikon aplikasi di desktop atau dalam daftar program yang terinstal di Start menu. Klik dua kali ikon aplikasi untuk memulai program.

Lihat Password Wifi

Setelah Anda membuka aplikasi pihak ketiga, Anda akan disajikan dengan antarmuka yang menampilkan daftar semua jaringan wifi yang pernah terhubung di komputer Anda beserta passwordnya. Carilah jaringan wifi yang ingin Anda lihat passwordnya, dan klik pada nama jaringan tersebut.

Setelah Anda mengklik jaringan wifi yang dipilih, aplikasi akan menampilkan informasi lebih lanjut tentang jaringan tersebut, termasuk passwordnya. Password wifi biasanya tersembunyi menggunakan simbol “*” atau titik-titik. Anda dapat menggunakan fitur aplikasi untuk mengungkapkan password yang sebenarnya.

Penting untuk diingat bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat password wifi pada Windows 11 memerlukan izin administrator. Pastikan Anda sudah memiliki hak akses sebagai administrator untuk dapat menggunakan aplikasi dengan sempurna.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tepat, Anda dapat dengan mudah melihat password wifi di Windows 11 tanpa harus menghubungi penyedia layanan internet atau mengatur ulang router wifi. Namun, penting untuk menjaga privasi dan keamanan, serta menggunakan aplikasi hanya untuk tujuan yang sah dan sesuai dengan kebijakan dan regulasi yang berlaku.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *