Cara Melihat Versi Windows di Laptop

Cara Melihat Versi Windows di Laptop

Apakah Anda pernah bertanya-tanya tentang versi Windows yang sedang Anda gunakan di laptop Anda? Mengetahui versi Windows pada perangkat Anda dapat sangat penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki pembaruan keamanan terbaru dan sistem operasi yang kompatibel dengan perangkat keras Anda. Cara untuk melihat versi Windows di laptop cukup sederhana dan dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah.

Saat Anda mengetahui versi Windows yang sedang Anda gunakan, Anda dapat memeriksa apakah perlu menginstal update terbaru atau meng-upgrade ke versi yang lebih baru. Selain itu, dengan mengetahui versi Windows Anda, Anda juga dapat mencari panduan dan solusi masalah yang spesifik untuk versi tersebut, jika Anda mengalami masalah atau kesulitan tertentu.

Cara Melihat Versi Windows di Laptop

Untuk mengetahui versi Windows yang sedang digunakan di laptop Anda, ada beberapa cara yang dapat Anda coba. Berikut adalah beberapa metode yang bisa digunakan:

Menggunakan Command Prompt

Salah satu cara termudah untuk melihat versi Windows di laptop adalah dengan menggunakan Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol “Windows” dan “R” secara bersamaan. Hal ini akan membuka jendela “Run”.
  2. Ketik “cmd” di dalam kotak “Run” dan tekan tombol “Enter”.
  3. Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketikkan perintah “ver” (tanpa tanda kutip) dan tekan tombol “Enter”.
  4. Anda akan melihat versi Windows yang sedang digunakan di laptop Anda.

Menggunakan System Properties

Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk melihat versi Windows di laptop adalah melalui System Properties. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Klik kanan pada ikon “This PC” atau “Computer” di desktop Anda.
  2. Pilih opsi “Properties”.
  3. Di jendela System Properties yang terbuka, Anda akan melihat informasi tentang laptop Anda, termasuk versi Windows yang sedang digunakan.

Menggunakan Settings

Anda juga dapat melihat versi Windows melalui Settings. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Settings pada laptop Anda.
  2. Pilih opsi “System”.
  3. Di bagian “About”, Anda akan melihat informasi lengkap tentang laptop Anda, termasuk versi Windows yang sedang digunakan.

Dengan menggunakan salah satu dari metode di atas, Anda dapat dengan mudah mengetahui versi Windows yang sedang digunakan di laptop Anda. Terlepas dari metode yang Anda pilih, ini adalah informasi penting untuk memastikan kompatibilitas perangkat keras dan perangkat lunak di laptop Anda.

Mengapa Penting Mengetahui Versi Windows di Laptop?

Mengetahui versi Windows di laptop Anda penting karena beberapa program atau aplikasi mungkin hanya kompatibel dengan versi Windows tertentu. Dengan mengetahui versi Windows, Anda dapat memastikan bahwa Anda dapat menginstal dan menjalankan program atau aplikasi dengan lancar.

Kompatibilitas Program dan Aplikasi

Salah satu alasan penting untuk mengetahui versi Windows di laptop Anda adalah untuk memastikan kompatibilitas program dan aplikasi yang Anda ingin instal. Beberapa program atau aplikasi khusus mungkin hanya didukung oleh versi Windows tertentu. Misalnya, ada aplikasi editing video yang hanya dapat berjalan pada Windows 10 atau versi yang lebih baru. Dengan mengetahui versi Windows Anda, Anda dapat menghindari situasi di mana Anda mengunduh atau menginstal program yang tidak dapat berfungsi dengan baik atau bahkan tidak berjalan sama sekali pada sistem operasi Anda.

Pembaruan Keamanan

Mempertahankan sistem operasi Anda dengan versi Windows terbaru sangat penting untuk keamanan Anda. Versi Windows yang lama mungkin memiliki kerentanan keamanan yang telah diperbaiki dalam pembaruan terbaru. Dengan mengetahui versi Windows di laptop Anda, Anda dapat memastikan bahwa Anda selalu menjalankan versi yang terbaru dan menerima pembaruan keamanan yang diperlukan. Pembaruan keamanan ini dapat melindungi laptop Anda dari ancaman seperti malware, virus, dan serangan siber lainnya. Pastikan untuk selalu memeriksa dan menginstal pembaruan Windows terbaru untuk menjaga keamanan laptop Anda.

Troubleshooting Masalah

Ketika Anda mengalami masalah dengan laptop Anda, mengetahui versi Windows dapat membantu dalam proses troubleshooting. Informasi tentang versi Windows Anda dapat digunakan untuk mencari solusi atau dukungan dari produsen atau komunitas pengguna. Ketika Anda mengajukan pertanyaan atau mencari bantuan tentang masalah yang Anda hadapi, seringkali orang yang memberikan bantuan akan meminta informasi tentang versi Windows Anda. Dengan mengetahui versi Windows di laptop Anda, Anda dapat memberikan informasi yang akurat dan relevan kepada mereka. Ini akan membantu dalam mencari solusi yang sesuai untuk masalah yang sedang Anda alami dan mempercepat proses troubleshooting secara keseluruhan.

Cara Mengecek Versi Windows di Laptop dengan Mudah

Menggunakan Command Prompt

Apakah Anda ingin mengetahui versi Windows yang terpasang di laptop Anda dengan cepat dan mudah? Jangan khawatir, karena menggunakan Command Prompt adalah cara termudah untuk melakukannya. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard Anda, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter.
  2. Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik “ver” di dalam penggaris hitam dan tekan tombol Enter.
  3. Sekarang, Anda akan melihat versi Windows yang terpasang di laptop Anda muncul di layar Command Prompt.

Menggunakan System Properties

Jika Anda lebih nyaman menggunakan antarmuka grafis daripada Command Prompt, Anda dapat menggunakan System Properties untuk mengetahui versi Windows di laptop Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

  1. Klik kanan pada ikon “This PC” yang ada di desktop Anda.
  2. Pilih “Properties” dari menu yang muncul.
  3. Di jendela yang terbuka, Anda akan melihat berbagai informasi tentang laptop Anda, termasuk versi Windows yang sedang digunakan.
  4. Informasi tentang versi Windows akan terletak di bawah bagian “Windows Edition” atau “Edition” di dalam jendela System Properties.

Menggunakan Settings

Jika Anda ingin menggunakan antarmuka yang lebih modern dan sederhana, Settings adalah pilihan yang tepat. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Settings dengan cara menekan tombol Windows + I pada keyboard Anda.
  2. Pilih “System” dari menu Settings.
  3. Di bagian “About”, Anda akan menemukan berbagai informasi tentang laptop Anda, termasuk versi Windows yang sedang digunakan.
  4. Di bawah “Windows Specifications”, Anda akan melihat informasi tentang versi dan build Windows Anda.

Dengan ketiga metode ini, Anda dapat dengan mudah mengetahui versi Windows yang terpasang di laptop Anda. Pilihlah metode yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *