Cara Melihat Versi Windows di Laptop Anda

Cara Melihat Versi Windows di Laptop Anda

Apakah Anda pernah ingin mengetahui versi Windows yang terinstal di laptop Anda? Mengetahui versi Windows bisa sangat berguna untuk memastikan kompatibilitas dengan perangkat lunak atau perangkat keras tertentu. Selain itu, mengetahui versi Windows juga bisa membantu Anda dalam memperbarui sistem operasi jika diperlukan. Artikel ini akan membantu Anda menemukan cara yang mudah dan cepat untuk melihat versi Windows yang sedang Anda gunakan di laptop Anda.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melihat versi Windows di laptop Anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur “About” di Windows. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol shortcut pada keyboard untuk membuka jendela “System Information” yang akan menampilkan informasi lengkap tentang sistem operasi Windows Anda.

Cara Melihat Versi Windows di Laptop

Melihat versi Windows yang terinstal di laptop dapat berguna dalam beberapa situasi, seperti memperbarui driver atau memperbaiki masalah perangkat lunak. Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk melihat versi Windows di laptopmu.

Menggunakan Fitur Sistem

Salah satu cara termudah untuk melihat versi Windows di laptop adalah dengan mengakses fitur sistem. Caranya sangat sederhana:

  1. Klik kanan pada ikon Start di pojok kiri bawah layar. Pilih “System” di menu yang muncul.
  2. Jendela Sistem akan terbuka, dan di sana kamu dapat melihat informasi tentang versi Windows yang sedang digunakan, termasuk nama versi dan nomor versi.

Dengan langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan cepat melihat versi Windows di laptopmu.

Menggunakan Command Prompt

Command Prompt adalah alat yang kuat untuk melakukan berbagai tugas di Windows, termasuk mengetahui versi Windows yang digunakan di laptopmu. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol “Windows” + “R” secara bersamaan untuk membuka jendela “Run”. Ketik “cmd” dan tekan “Enter”.
  2. Jendela Command Prompt akan terbuka. Ketik perintah “ver” dan tekan “Enter”.
  3. Setelah itu, kamu akan melihat informasi tentang versi Windows, termasuk nomor versi dan rincian lainnya.

Dengan menggunakan Command Prompt, kamu dapat dengan mudah mengetahui versi Windows yang terinstal di laptopmu.

Menggunakan Settings

Jika kamu lebih nyaman dengan antarmuka pengguna modern, kamu juga dapat menemukan informasi tentang versi Windows melalui menu Settings pada laptop. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Start dan klik ikon “Settings” (ikon gear).
  2. Di jendela Pengaturan, klik opsi “System”.
  3. Pada panel kiri, pilih “About”.
  4. Pada panel kanan, kamu akan melihat informasi tentang versi Windows yang terinstal di laptopmu.

Dengan menggunakan menu Settings, kamu dapat dengan mudah menemukan versi Windows yang sedang digunakan di laptopmu.

Melihat versi Windows di laptop adalah hal yang mudah dan bermanfaat. Dengan mengetahui versi Windows yang sedang digunakan, kamu dapat lebih mudah melakukan perbaikan atau memperbarui perangkat lunak sesuai kebutuhanmu.

Cara Mengetahui Tipe Laptop Windows

Untuk mengetahui tipe laptop Windows yang kamu gunakan, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Berikut adalah beberapa metode yang bisa kamu coba:

Menggunakan Informasi di Task Manager

Salah satu cara termudah untuk melihat tipe laptop Windows yang kamu gunakan adalah dengan membuka Task Manager. Caranya cukup mudah, yaitu:

1. Klik tombol “Ctrl + Shift + Esc” secara bersamaan pada keyboard laptop kamu.

2. Setelah jendela Task Manager terbuka, pilih tab “Performance”.

3. Di bagian atas jendela, kamu akan melihat informasi tentang tipe laptop Windows yang kamu gunakan, seperti nama dan jenis prosesor, jumlah RAM, dan sistem operasi yang sedang berjalan.

Dengan menggunakan informasi yang terdapat di Task Manager, kamu dapat dengan mudah mengetahui tipe laptop Windows kamu tanpa harus menggunakan software tambahan.

Melihat Informasi pada Sistem Properties

Jika kamu ingin melihat informasi yang lebih detail tentang tipe laptop Windows kamu, kamu dapat menggunakan menu Sistem Properties. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Klik tombol “Windows + Pause/Break” secara bersamaan pada keyboard laptop kamu.

2. Setelah jendela Sistem Properties terbuka, kamu akan melihat informasi tentang tipe laptop Windows kamu di bagian “Device specifications”.

3. Di bagian ini, kamu dapat melihat jenis prosesor, jumlah RAM, dan sistem operasi yang sedang terpasang.

Dengan menggunakan menu Sistem Properties, kamu dapat melihat informasi yang lebih rinci tentang tipe laptop Windows yang kamu gunakan.

Menggunakan Software Pihak Ketiga

Jika kamu ingin melihat informasi yang lebih lengkap dan mendetail tentang tipe laptop Windows kamu, kamu juga dapat memanfaatkan software pihak ketiga. Ada banyak software yang tersedia secara gratis maupun berbayar untuk membantu kamu mengetahui tipe laptop Windows dengan lebih detail. Beberapa software tersebut antara lain:

1. CPU-Z: Software ini memberikan informasi yang lengkap tentang prosesor, motherboard, RAM, dan informasi lainnya.

2. Speccy: Software ini memberikan informasi yang lengkap tentang hardware laptop, seperti temperatur, penggunaan CPU dan RAM, serta informasi lainnya.

3. HWiNFO: Software ini juga memberikan informasi yang rinci tentang semua komponen hardware laptop kamu.

Setelah kamu mengunduh dan menginstal software pihak ketiga yang sesuai dengan kebutuhan kamu, kamu dapat menjalankannya untuk melihat informasi yang lengkap tentang tipe laptop Windows kamu.

Dengan beberapa cara di atas, kamu dapat dengan mudah mengetahui tipe laptop Windows kamu tanpa mengalami kesulitan. Kamu dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kamu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengetahui tipe laptop Windows yang kamu gunakan.

Cara Mengecek Spesifikasi Laptop Windows

Dalam menu About This PC, kamu dapat menemukan informasi lengkap tentang spesifikasi laptop Windows.

Melalui About This PC

Jika kamu ingin mengetahui detail spesifikasi laptop Windows kamu, salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah melalui menu About This PC. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka menu Start dengan mengklik ikon Windows di pojok kiri bawah layar kamu.

2. Klik kanan pada ikon This PC atau My Computer, kemudian pilih Properties.

3. Jendela System akan terbuka dan menampilkan informasi mengenai sistem operasi, processor, RAM, dan tipe sistem.

4. Untuk melihat informasi lebih lengkap, kamu dapat mengklik pada tab Advanced System Settings di sebelah kiri jendela System.

5. Selanjutnya, klik pada tombol Settings yang ada di bawah Performance.

6. Jendela Performance Options akan terbuka, dan kamu dapat melihat informasi lebih detail tentang spesifikasi laptop Windows kamu, seperti jumlah processor, total RAM, dan jenis sistem operasi yang digunakan.

7. Setelah selesai melihat informasi spesifikasi laptop, kamu dapat menutup semua jendela yang terbuka dengan mengklik tombol OK hingga semua jendela tertutup.

Menggunakan Command Prompt

Selain melalui menu About This PC, kamu juga dapat mengecek spesifikasi laptop Windows kamu menggunakan Command Prompt. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R secara bersamaan, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter.

2. Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketikkan perintah “systeminfo” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.

3. Command Prompt akan menampilkan informasi yang sangat lengkap mengenai spesifikasi laptop Windows kamu, mulai dari model processor, RAM, hingga tipe sistem operasi yang digunakan.

4. Kamu dapat menggulir ke atas atau ke bawah untuk melihat informasi secara keseluruhan.

5. Setelah selesai melihat informasi spesifikasi laptop, kamu dapat menutup Command Prompt dengan mengetik “exit” dan tekan Enter atau langsung mengklik tombol close (X) di pojok kanan atas jendela Command Prompt.

Menggunakan Software System Information

Jika kamu ingin mengakses spesifikasi laptop Windows yang lebih terperinci, kamu dapat menggunakan software System Information. Berikut langkah-langkahnya:

1. Download dan install software System Information melalui situs resmi atau sumber terpercaya lainnya.

2. Setelah software terinstal, buka aplikasi System Information pada laptop Windows.

3. Pada halaman utama aplikasi, kamu dapat melihat informasi ringkas mengenai spesifikasi laptop Windows kamu.

4. Untuk melihat informasi lebih lengkap, kamu dapat memilih kategori yang diinginkan di bagian kiri halaman. Misalnya, kamu bisa memilih kategori “Hardware Resources” untuk melihat informasi tentang hardware yang digunakan pada laptop kamu.

5. Setelah selesai melihat informasi spesifikasi laptop, kamu dapat menutup aplikasi System Information.

Dengan menggunakan salah satu dari metode di atas, kamu dapat dengan mudah mengecek spesifikasi laptop Windows kamu. Informasi tersebut bisa sangat berguna untuk mengetahui kemampuan dan kapasitas laptop kamu sebelum melakukan upgrade atau menginstal aplikasi yang membutuhkan spesifikasi tertentu.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *