Cara Mematikan Antivirus di Windows 10

Cara Mematikan Antivirus di Windows 10

Apakah Anda mengalami kendala dengan antivirus di Windows 10? Mungkin Anda perlu menonaktifkannya untuk sementara waktu agar dapat menginstal atau menjalankan program tertentu. Namun, mematikan antivirus di Windows 10 dapat mempengaruhi keamanan sistem Anda, jadi pastikan Anda melakukan dengan bijak dan hanya jika benar-benar diperlukan.

Pada artikel ini, kami akan membahas cara mematikan antivirus di Windows 10 dengan beberapa metode yang mudah diikuti. Setiap langkah memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, jadi pastikan Anda mempertimbangkan risiko dan manfaatnya sebelum melanjutkan.

Cara Mematikan Antivirus di Windows 10

Mengapa Mematikan Antivirus

Menghapus antivirus dari sistem Windows 10 dapat dilakukan dalam situasi tertentu, seperti saat ingin menginstal program yang dianggap palsu atau tidak dapat dijalankan. Namun, sebelum mematikan antivirus, kita perlu memahami risiko yang ada. Antivirus adalah bagian yang penting dalam menjaga keamanan komputer dari ancaman malware, virus, dan program berbahaya lainnya. Dengan mematikan antivirus, kita membuka kesempatan bagi ancaman ini untuk masuk ke dalam sistem kita. Oleh karena itu, kita hanya perlu mematikan antivirus jika benar-benar dibutuhkan dan kita mengerti potensi risikonya.

Cara Manual Mematikan Antivirus

Jika kita ingin mematikan antivirus di Windows 10 secara manual, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

1. Buka antivirus yang sedang berjalan di sistem Windows 10. Bisa melalui ikon antivirus yang ada di taskbar atau dengan mencarinya di menu Start.

2. Setelah antivirus terbuka, cari opsi “Settings” atau “Preferences”. Biasanya terdapat di menu atau tampilan pengaturan antivirus.

3. Pilih opsi “Real-time Protection” atau “Active Protection”. Ini adalah bagian yang bertanggung jawab atas memindai dan melindungi sistem secara realtime.

4. Matikan fitur real-time protection atau active protection dengan mengklik opsi pengaturan yang telah disediakan. Perhatikan bahwa tombol atau opsi yang ditampilkan mungkin berbeda-beda tergantung antivirus yang digunakan.

5. Setelah mematikan fitur tersebut, antivirus tidak akan melakukan pemindaian secara otomatis atau memberikan peringatan saat ada file yang mencurigakan.

6. Namun, tetap berhati-hatilah dan hanya mendownload atau menjalankan program yang benar-benar tepercaya selama antivirus kita dimatikan.

Mematikan Antivirus Sementara

Selain secara manual, ada pilihan lain untuk mematikan antivirus di Windows 10 secara sementara. Dengan mematikan antivirus sementara, kita dapat menghindari antivirus yang berjalan saat booting, tetapi fitur perlindungan lainnya tetap aktif. Berikut cara untuk melakukannya:

1. Klik kanan ikon antivirus yang terletak di taskbar dan pilih “Disable” atau “Snooze” jika opsi tersebut tersedia. Opsi ini dapat berbeda tergantung antivirus yang digunakan.

2. Atau, buka program antivirus langsung dan cari menu pengaturan. Di dalam menu tersebut, cari opsi “Real-time Protection” atau “Active Protection”.

3. Matikan fitur real-time protection atau active protection dengan mengklik opsi pengaturan yang telah disediakan. Sebagai alternatif, beberapa antivirus dapat menyediakan pilihan “Snooze” yang akan mematikan antivirus untuk jangka waktu tertentu.

4. Setelah mematikan fitur tersebut, antivirus akan tetap berjalan tetapi tidak akan menyala saat booting atau memberikan peringatan saat ada file yang mencurigakan.

5. Pastikan untuk mengaktifkan kembali fitur proteksi antivirus setelah selesai menjalankan program yang diinginkan atau jika kita telah yakin bahwa program tersebut aman.

Demikianlah cara mematikan antivirus di Windows 10 secara manual dan sementara. Penting untuk diingat bahwa antivirus adalah komponen penting untuk menjaga keamanan komputer kita. Oleh karena itu, pastikan selalu menjaga antivirus selalu aktif dan diperbarui agar sistem kita terlindungi dari ancaman yang ada.

Cara Menghapus Antivirus di Windows 10 Secara Permanen

Menonaktifkan Antivirus Bawaan

Sebelum Anda menghapus antivirus bawaan pada Windows 10, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk menonaktifkannya terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka menu “Start” dan ketikkan “Windows Security” pada kolom pencarian. Klik pada hasil yang muncul untuk membuka Windows Security.

2. Pada halaman Windows Security, klik pada tab “Virus & Threat Protection”.

3. Di bawah “Protection Areas”, klik pada opsi “Manage Settings” yang terletak di samping “Virus & Threat Protection Settings”.

4. Kemudian, temukan opsi “Real-time Protection” dan nonaktifkan tombol penggeser di sebelahnya.

5. Jika ada opsi lain seperti “Cloud-delivered Protection” atau “Automatic Sample Submission”, Anda juga dapat mematikannya dengan menggeser tombol penggeser.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, antivirus bawaan Windows 10 akan dinonaktifkan sementara. Namun, ini hanya merupakan langkah awal sebelum Anda menghapusnya secara permanen.

Uninstall Antivirus Melalui Pengaturan

Jika Anda ingin menghapus antivirus di Windows 10 secara permanen, Anda dapat melakukannya melalui pengaturan sistem. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka menu “Start” dan pilih “Settings” (ikon roda gigi).

2. Pada jendela Pengaturan, klik pada opsi “Apps” atau “Apps & features”.

3. Di dalam tab “Apps & features”, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terpasang pada komputer Anda. Cari antivirus yang ingin Anda hapus.

4. Setelah Anda menemukannya, klik pada aplikasi antivirus tersebut.

5. Klik pada tombol “Uninstall” atau “Uninstall/Change” yang terletak di bawah judul aplikasi.

6. Ikuti petunjuk yang muncul pada layar untuk menyelesaikan proses penghapusan. Anda mungkin akan diminta untuk mengkonfirmasi tindakan ini dengan memasukkan kata sandi administrator.

Setelah proses uninstall selesai, antivirus tersebut akan sepenuhnya dihapus dari sistem operasi Windows 10 Anda.

Menghapus Antivirus dengan Bantuan Program Pihak Ketiga

Jika antivirus yang ingin Anda hapus tidak dapat dihapus melalui pengaturan Windows 10, Anda dapat menggunakan program pihak ketiga untuk menghapusnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Unduh dan pasang program pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menghapus antivirus. Contoh beberapa program yang dapat Anda gunakan adalah Revo Uninstaller, IObit Uninstaller, atau Geek Uninstaller.

2. Buka program yang telah Anda unduh dan pasang. Pilih opsi untuk “Uninstall” atau “Remove Programs”.

3. Setelah opsi di atas dipilih, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terpasang pada komputer Anda.

4. Cari dan pilih antivirus yang ingin Anda hapus dari Windows 10.

5. Klik pada tombol “Uninstall” dan ikuti petunjuk yang muncul pada layar untuk menyelesaikan proses penghapusan. Pastikan Anda membaca dengan seksama setiap pesan konfirmasi dan peringatan.

Program pihak ketiga ini akan membantu Anda menghapus antivirus yang tidak dapat dihapus melalui pengaturan Windows 10.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan berhasil menghapus antivirus di Windows 10 Anda secara permanen. Penting untuk diingat bahwa ketika Anda menghapus antivirus, Anda perlu memastikan bahwa komputer Anda tetap dilindungi dengan menggunakan antivirus alternatif atau menjalankan pemindaian sistem secara teratur menggunakan Windows Security.

Cara Memastikan Antivirus Tidak Berjalan di Windows 10

Mematikan antivirus di Windows 10 dapat menjadi tugas yang berat, terutama jika Anda menginginkannya untuk tetap tidak berjalan untuk waktu yang lama. Dalam artikel ini, kami akan membahas tiga subtopik yang akan membantu Anda memastikan bahwa antivirus tidak berjalan di Windows 10. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Menonaktifkan Autostart Antivirus

Saat komputer Windows 10 dinyalakan, beberapa antivirus secara otomatis dijalankan melalui autostart. Untuk mematikan fitur autostart ini, langkah-langkah berikut dapat diikuti:

1. Buka task manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan.

2. Pilih tab “Startup” di jendela Task Manager.

3. Cari antivirus yang ingin Anda nonaktifkan dan klik kanan pada nama antivirus tersebut.

4. Pilih opsi “Disable” atau “Nonaktifkan” untuk mencegah antivirus tersebut berjalan saat sistem dinyalakan.

5. Ulangi langkah yang sama untuk setiap antivirus yang ingin Anda nonaktifkan.

Menonaktifkan Antivirus melalui Task Manager

Jika antivirus sudah berjalan dan Anda ingin menonaktifkannya saat ini, langkah-langkah berikut dapat diikuti:

1. Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan.

2. Pilih tab “Processes” di jendela Task Manager.

3. Cari antivirus yang ingin Anda nonaktifkan dalam daftar proses yang sedang berjalan.

4. Klik kanan pada nama antivirus tersebut.

5. Pilih opsi “End Task” atau “Matikan Tugas” untuk menghentikan antivirus tersebut dari menjalankan prosesnya.

6. Ulangi langkah yang sama untuk setiap antivirus yang ingin Anda nonaktifkan.

Menghapus Layanan Antivirus

Jika Anda ingin memastikan bahwa antivirus tidak berjalan kembali saat sistem di-restart, menghapus layanan antivirus adalah langkah yang dapat diambil. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka jendela Command Prompt (CMD) dengan menjalankannya sebagai Administrator.

2. Ketik perintah “sc delete [nama layanan antivirus]” tanpa tanda kutip.

3. Tekan tombol Enter untuk menjalankan perintah tersebut.

4. Tunggu hingga proses penghapusan layanan antivirus selesai.

5. Ulangi langkah yang sama untuk setiap layanan antivirus yang ingin Anda hapus.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa antivirus tidak berjalan di Windows 10 sesuai dengan keinginan Anda. Namun, perlu diingat bahwa mematikan antivirus dapat berpotensi meningkatkan risiko terhadap keamanan komputer. Penting untuk hanya menonaktifkan antivirus jika Anda benar-benar tahu apa yang Anda lakukan dan hanya dalam situasi yang aman.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *