Cara Mengecek Versi Windows yang Digunakan

Cara Mengecek Versi Windows yang Digunakan

Apakah Anda ingin mengetahui versi Windows yang sedang Anda gunakan? Mungkin Anda ingin memastikan apakah sistem operasi Anda telah diperbarui ke versi terbaru atau ingin mengetahui apakah perangkat Anda mendukung program atau perangkat lunak tertentu. Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa versi Windows, baik itu menggunakan pengaturan sistem atau menggunakan perintah di Command Prompt.

Salah satu cara termudah untuk memeriksa versi Windows adalah melalui pengaturan sistem. Untuk melakukannya, Anda dapat membuka menu Start dan mengklik ikon “Roda Gigi” di sebelah kiri bawah menu tersebut. Setelah itu, pilih opsi “System” atau “Sistem” untuk membuka pengaturan sistem. Di halaman tersebut, Anda akan melihat informasi tentang versi Windows yang sedang Anda gunakan.

Jika Anda lebih nyaman menggunakan Command Prompt, Anda juga dapat menggunakan perintah tertentu untuk memeriksa versi Windows. Pertama, buka Command Prompt dengan mengetikkan “cmd” di kotak pencarian atau menekan tombol “Windows + R” dan memasukkan “cmd” di jendela “Run”. Setelah Command Prompt terbuka, ketikkan perintah “winver” dan tekan Enter. Anda akan melihat jendela pop-up yang menampilkan informasi tentang versi Windows yang sedang Anda gunakan.

Cara Mengecek Versi Windows pada Komputer Anda

Seringkali kita kurang tahu versi Windows yang kita gunakan di komputer. Hal ini bisa menyulitkan kita dalam menyelesaikan beberapa tugas atau memperbarui sistem. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui versi Windows yang digunakan agar kita dapat mengambil tindakan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan kita.

Masalah dengan Tidak Mengetahui Versi Windows Anda

Tidak mengetahui versi Windows yang sedang Anda gunakan pada komputer Anda dapat menghambat Anda dalam menyelesaikan beberapa tugas atau memperbarui sistem Anda. Misalnya, ketika ingin menginstal suatu perangkat lunak, ada kemungkinan bahwa versi Windows yang Anda gunakan tidak kompatibel dengan program yang ingin Anda instal. Selain itu, ada juga perangkat keras atau driver yang mungkin tidak didukung oleh versi Windows tersebut. Dengan mengetahui versi Windows yang Anda gunakan, Anda dapat dengan mudah mencari solusi yang tepat untuk masalah yang muncul.

Cara Mengecek Versi Windows dengan Menggunakan “System Information”

Salah satu cara tercepat untuk mengecek versi Windows yang Anda gunakan adalah melalui fitur “System Information”. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini:

  1. Pertama, buka aplikasi “System Information” dengan cara mengetikkan “System Information” pada kolom pencarian di taskbar atau menu Start.
  2. Kemudian klik atau ketuk aplikasi “System Information” yang muncul dalam hasil pencarian.
  3. Saat aplikasi terbuka, Anda akan melihat informasi tentang spesifikasi hardware dan software komputer Anda. Pada informasi “System Summary”, Anda dapat melihat versi Windows yang sedang Anda gunakan. Informasi ini terdapat di bawah “OS Name” dan “Version”.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengecek versi Windows yang sedang Anda gunakan pada komputer Anda.

Cara Mengecek Versi Windows melalui “Settings”

Selain menggunakan fitur “System Information”, Anda juga dapat mengecek versi Windows yang sedang Anda gunakan melalui pengaturan (Settings). Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menemukan versi Windows:

  1. Pertama-tama, buka menu Start atau tekan tombol “Windows” pada keyboard Anda.
  2. Selanjutnya, klik atau ketuk ikon “Settings” yang memiliki gambar gear.
  3. Setelah itu, Anda akan melihat berbagai opsi pengaturan. Klik atau ketuk opsi “System”.
  4. Di dalam opsi “System”, klik atau ketuk opsi “About” yang terletak di sebelah kiri layar.
  5. Pada bagian kanan layar, Anda akan melihat informasi tentang komputer Anda, termasuk versi Windows yang sedang Anda gunakan. Informasi ini terletak di bawah “Windows specifications” dan “Version”.

Dengan menggunakan panduan di atas, Anda dapat menemukan versi Windows dengan mudah melalui pengaturan (Settings) pada komputer Anda.

Cara Mengecek Versi Windows pada Laptop Anda

Jika Anda ingin mengetahui versi Windows yang sedang digunakan pada laptop Anda, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

Cara Mengecek Versi Windows dengan Menggunakan Shortcut Keyboard

Salah satu cara termudah untuk mengecek versi Windows pada laptop Anda adalah dengan menggunakan kombinasi tombol pada keyboard. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan Anda berada di desktop (layar utama) laptop Anda.
  2. Tekan tombol Win (biasanya ada logo Windows) dan tombol R secara bersamaan. Hal ini akan membuka jendela “Run”.
  3. Ketikkan kata “winver” (tanpa tanda kutip) dalam kotak teks yang muncul, lalu tekan tombol Enter.
  4. Akan muncul jendela “About Windows” yang menampilkan informasi lengkap mengenai versi Windows yang sedang digunakan pada laptop Anda.

Cara Mengecek Versi Windows dengan Menggunakan “Command Prompt”

Anda juga dapat mengecek versi Windows pada laptop Anda dengan menggunakan “Command Prompt”. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka “Command Prompt”. Caranya adalah dengan menekan tombol Win dan tombol R secara bersamaan, kemudian ketikkan kata “cmd” (tanpa tanda kutip) dalam kotak teks yang muncul, lalu tekan tombol Enter.
  2. Setelah jendela “Command Prompt” terbuka, ketikkan perintah “systeminfo” (tanpa tanda kutip) dan tekan tombol Enter.
  3. Akan muncul informasi yang lengkap tentang sistem komputer Anda, termasuk versi Windows yang sedang digunakan.

Cara Mengecek Versi Windows dengan Melihat Informasi Sistem

Jika Anda ingin menemukan informasi sistem pada laptop Anda tanpa menggunakan keyboard atau Command Prompt, berikut ini adalah panduan singkatnya:

  1. Buka “Control Panel” pada laptop Anda.
  2. Pada “Control Panel”, pilih kategori “System and Security”.
  3. Di dalam kategori “System and Security”, klik pada opsi “System”.
  4. Akan muncul jendela baru dengan informasi lengkap tentang sistem komputer Anda, termasuk versi Windows yang sedang digunakan.

Dengan menggunakan salah satu dari metode di atas, Anda dapat dengan mudah mengecek versi Windows yang sedang digunakan pada laptop Anda. Perlu diingat bahwa setiap langkah-langkah yang dijelaskan di atas dapat sedikit berbeda tergantung pada versi Windows yang digunakan pada laptop Anda.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *