Cara Mengetahui Versi Windows pada Laptop Anda

Cara Mengetahui Versi Windows pada Laptop Anda

Apakah Anda ingin mengetahui versi Windows yang Anda gunakan di laptop Anda? Versi Windows pada laptop bisa berbeda-beda tergantung pada pembaruan dan upgrade yang dilakukan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang bagaimana cara mengetahui versi Windows pada laptop Anda.

Mengetahui versi Windows pada laptop Anda dapat berguna dalam banyak kasus. Misalnya, jika Anda ingin melakukan upgrade sistem operasi, memverifikasi kompatibilitas perangkat lunak, atau mengunduh pembaruan langsung dari Microsoft. Dengan mengetahui versi Windows yang tepat, Anda dapat melakukan tindakan yang diperlukan untuk menjaga keamanan dan kinerja laptop Anda.

Cara Mengetahui Versi Windows di Laptop Anda

Apakah Anda ingin tahu versi Windows yang terpasang di laptop Anda? Jangan khawatir, ada beberapa cara mudah untuk mengeceknya. Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui versi Windows yang Anda miliki.

Cara Mengecek Versi Windows Melalui Pengaturan

Salah satu cara termudah untuk mengetahui versi Windows di laptop Anda adalah melalui pengaturan Windows. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka menu “Start” yang terletak di bagian kiri bawah layar.
  2. Pilih ikon “Gear” atau “Pengaturan”, yang merupakan ikon pengaturan Windows.
  3. Pilih opsi “Sistem” di jendela Pengaturan.
  4. Di panel kiri, pilih “Tentang”.
  5. Pada bagian kanan jendela, Anda akan melihat informasi tentang versi Windows yang terpasang di laptop Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat dengan mudah mengetahui versi Windows yang digunakan di laptop Anda melalui pengaturan.

Cara Mengecek Versi Windows Melalui System Information

Selain melalui pengaturan, Anda juga dapat mengecek versi Windows di laptop melalui System Information. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka menu “Start”.
  2. Ketik “System Information” pada kotak pencarian di bagian bawah menu “Start”.
  3. Pilih aplikasi “System Information” yang muncul dalam hasil pencarian.
  4. Setelah aplikasi terbuka, Anda akan melihat informasi terperinci tentang sistem operasi, termasuk versi Windows yang terpasang di laptop Anda.

Dengan menggunakan System Information, Anda dapat mengetahui dengan jelas versi Windows yang sedang digunakan di laptop Anda.

Cara Mengecek Versi Windows Melalui Command Prompt

Anda juga dapat mengecek versi Windows melalui Command Prompt dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu “Start”.
  2. Di kotak pencarian, ketik “Command Prompt” atau “cmd”.
  3. Klik kanan pada aplikasi “Command Prompt” yang muncul dalam hasil pencarian, dan pilih “Run as administrator”.
  4. Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik perintah “ver” dan tekan tombol Enter.
  5. Anda akan melihat informasi tentang versi Windows yang terpasang di laptop Anda.

Dengan menggunakan Command Prompt, Anda dapat dengan mudah mengecek versi Windows yang sedang digunakan di laptop Anda dengan cepat.

Sekarang Anda telah mengetahui beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui versi Windows di laptop Anda. Apakah Anda ingin mengecek pengaturan, menggunakan System Information, atau memanfaatkan Command Prompt, semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, tidak perlu bingung lagi saat ingin mengetahui versi Windows yang sedang Anda gunakan!

Cara Mengecek Jenis Arsitektur Windows di Laptop Anda

Mengetahui jenis arsitektur Windows yang terpasang di laptop Anda penting untuk memastikan kompatibilitas perangkat lunak dan hardware yang Anda gunakan. Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengecek jenis arsitektur Windows di laptop Anda, seperti menggunakan Command Prompt, System Information, dan Registry Editor.

Cara Mengecek Jenis Arsitektur Windows dengan Command Prompt

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk mengecek jenis arsitektur Windows di laptop adalah melalui Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter.
  2. Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketikkan perintah berikut: “wmic os get osarchitecture” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
  3. Akan muncul informasi tentang jenis arsitektur Windows yang terpasang di laptop Anda, seperti “32-bit” atau “64-bit”.

Dengan menggunakan Command Prompt, Anda dapat dengan mudah mengecek jenis arsitektur Windows yang terpasang di laptop Anda.

Cara Mengecek Jenis Arsitektur Windows dengan System Information

Selain melalui Command Prompt, Anda juga dapat menggunakan System Information untuk mengecek jenis arsitektur Windows di laptop Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka System Information dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “msinfo32” dan tekan Enter.
  2. Akan terbuka jendela System Information yang menyajikan informasi detail tentang sistem Anda.
  3. Pada panel sebelah kiri, cari dan klik “Komponen” untuk memperluasnya.
  4. Klik “Sistem Operasi”.
  5. Pada panel sebelah kanan, Anda akan melihat informasi tentang jenis arsitektur Windows yang terpasang di laptop Anda.

Dengan menggunakan System Information, Anda dapat dengan mudah mengecek jenis arsitektur Windows yang digunakan pada laptop Anda.

Cara Mengecek Jenis Arsitektur Windows dengan Registry Editor

Langkah lain yang dapat Anda lakukan untuk mengecek jenis arsitektur Windows di laptop Anda adalah melalui Registry Editor. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Registry Editor dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “regedit” dan tekan Enter.
  2. Akan terbuka jendela Registry Editor yang menampilkan struktur registri sistem.
  3. Navigasikan ke jalur berikut: “HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Environment“.
  4. Pada panel sebelah kanan, cari nilai “PROCESSOR_ARCHITECTURE”.
  5. Nilai tersebut akan mengindikasikan jenis arsitektur Windows yang terpasang di laptop Anda, seperti “AMD64” untuk 64-bit atau “x86” untuk 32-bit.

Dengan menggunakan Registry Editor, Anda dapat mengecek jenis arsitektur Windows di laptop Anda dengan memeriksa nilai “PROCESSOR_ARCHITECTURE” pada jalur yang telah disebutkan.

Dalam artikel ini, telah dijelaskan tiga cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui jenis arsitektur Windows yang terpasang di laptop Anda, yaitu melalui Command Prompt, System Information, dan Registry Editor. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mendapatkan informasi yang Anda perlukan.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *