Cara Mengetahui Versi Windows di Laptop

Cara Mengetahui Versi Windows di Laptop

Tidak jarang pengguna laptop kesulitan dalam mengetahui versi Windows yang mereka gunakan. Mengetahui versi Windows pada laptop Anda bisa sangat penting, terutama ketika Anda ingin melakukan pembaruan sistem, instalasi aplikasi, atau mencari solusi untuk masalah yang muncul. Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mencari tahu versi Windows di laptop Anda. Artikel kali ini akan memberikan panduan lengkap tentang bagaimana cara mengetahui versi Windows di laptop Anda.

Salah satu metode tercepat dan paling sederhana untuk mengetahui versi Windows di laptop adalah dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard. Anda hanya perlu menekan tombol Windows dan R bersamaan untuk membuka jendela “Run”. Setelah itu, ketik winver dan tekan Enter. Jendela “About Windows” akan muncul dan menampilkan informasi tentang versi dan build Windows yang terpasang pada laptop Anda.

Jika Anda ingin mengetahui versi Windows di laptop tanpa menggunakan keyboard, Anda juga bisa melakukannya melalui pengaturan. Klik ikon Windows di sebelah kiri bawah layar, lalu pilih “Settings” (Pengaturan). Setelah itu, pilih opsi “System” (Sistem), dan klik “About” (Tentang). Di bagian “Windows specifications” (Spesifikasi Windows), Anda akan melihat informasi mengenai versi dan build Windows yang terpasang.

Cara Mengetahui Versi Windows di Laptop

Untuk mengetahui versi Windows yang terpasang di laptopmu, kamu dapat menggunakan beberapa metode yang mudah dan praktis. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu gunakan:

Menggunakan Pengaturan Sistem

Melalui pengaturan sistem, kamu dapat dengan mudah mengetahui versi Windows yang terpasang di laptopmu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama adalah membuka “Pengaturan” dengan mengeklik tombol “Start” di pojok kiri bawah layar dan memilih ikon “Pengaturan”.
  2. Setelah itu, dalam jendela “Pengaturan”, cari dan klik pada opsi “Sistem”.
  3. Di bagian bawah jendela “Sistem”, kamu akan melihat informasi tentang versi Windows yang terpasang di laptopmu. Versi Windows akan ditampilkan di bawah judul “Spesifikasi Windows”.
  4. Jika kamu menggunakan Windows 10, versi Windows akan ditampilkan dalam format “Angka Tahun”. Misalnya, “Windows 10 versi 1909”.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengetahui versi Windows yang terpasang di laptopmu.

Memanfaatkan Fitur Run

Fitur Run di Windows juga dapat kamu manfaatkan untuk mengetahui versi Windows yang sedang berjalan di laptopmu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama adalah membuka jendela “Run” dengan menekan tombol “Windows” dan tombol “R” pada keyboard secara bersamaan.
  2. Kemudian, dalam jendela “Run”, ketikkan perintah “winver” (tanpa tanda kutip) dan tekan tombol “Enter”.
  3. Jendela “Tentang Windows” akan muncul dan menampilkan informasi tentang versi Windows yang terpasang di laptopmu.
  4. Informasi yang ditampilkan meliputi nomor versi, nama versi, dan tanggal dibuatnya versi Windows tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengetahui versi Windows yang sedang berjalan di laptopmu menggunakan fitur Run.

Melalui Command Prompt

Salah satu cara cepat untuk mengetahui versi Windows yang terinstall pada laptopmu adalah melalui Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama adalah membuka “Command Prompt”. Caranya, tekan tombol “Windows” dan tombol “R” pada keyboard secara bersamaan untuk membuka jendela “Run”.
  2. Di jendela “Run”, ketikkan perintah “cmd” (tanpa tanda kutip) dan tekan tombol “Enter”.
  3. Jendela “Command Prompt” akan terbuka.
  4. Ketikkan perintah “ver” (tanpa tanda kutip) di dalam jendela “Command Prompt” dan tekan tombol “Enter”.
  5. Nomor versi Windows yang terpasang di laptopmu akan ditampilkan di baris pertama hasil perintah di jendela “Command Prompt”.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengetahui versi Windows yang terinstall pada laptopmu menggunakan Command Prompt.

Cara Mengecek Kategori Windows di Laptop

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara mengetahui kategori Windows yang terinstall di laptop dalam bahasa Indonesia yang santai. Terdapat beberapa metode yang dapat kamu gunakan untuk mengecek kategori Windows yang terpasang di laptopmu, yaitu:

Menggunakan Fitur Sistem

Salah satu cara termudah untuk mengecek kategori Windows di laptopmu adalah dengan menggunakan fitur sistem yang ada pada perangkat tersebut. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, kamu dapat dengan mudah mengetahui kategori Windows yang terinstall:

  1. Buka menu “Pengaturan” di laptopmu.
  2. Pilih opsi “Sistem”.
  3. Pada panel sebelah kiri, klik “Informasi Sistem”.
  4. Di bagian “Spesifikasi Windows”, kamu akan melihat kategori Windows yang terpasang di laptopmu.

Melalui Pengaturan

Metode lain yang dapat kamu gunakan untuk mengecek kategori Windows adalah melalui pengaturan Windows. Langkah-langkah berikut akan membantu kamu mendapatkan informasi mengenai kategori Windows di laptopmu:

  1. Buka menu “Pengaturan” di laptopmu.
  2. Pilih opsi “Update & Keamanan”.
  3. Pada panel sebelah kiri, klik “Aktivasi”.
  4. Di bagian “Spesifikasi Windows”, kamu akan melihat informasi mengenai edisi dan versi Windows yang terinstall di laptopmu.

Dengan Menggunakan Command Prompt

Command Prompt juga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin mengecek kategori Windows melalui penggunaan baris perintah. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti:

  1. Buka Command Prompt di laptopmu. Caranya adalah dengan menekan tombol “Windows” + “R” pada keyboard, kemudian ketik “cmd” dan tekan enter.
  2. Pada jendela Command Prompt, ketik perintah “systeminfo” dan tekan enter.
  3. Tunggu beberapa saat hingga informasi sistem lengkap muncul.
  4. Di antara informasi yang ditampilkan, kamu akan menemukan kategori Windows yang terinstall di laptopmu.

Dengan menggunakan salah satu metode di atas, kamu dapat dengan mudah mengecek kategori Windows yang terpasang di laptopmu. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang disebutkan dengan teliti agar mendapatkan informasi yang akurat mengenai jenis Windows yang digunakan.

Cara Mengetahui Bit Windows di Laptop

Apakah kamu ingin mengetahui jenis bit Windows yang terpasang di laptopmu? Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mengetahuinya.

Menggunakan Pengaturan Sistem

Langkah pertama adalah dengan membuka pengaturan sistem. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Klik tombol “Start” di pojok kiri bawah layar kamu.
  2. Pilih opsi “Settings” (ikon roda gigi).
  3. Di menu “Settings”, pilih opsi “System”.
  4. Pada menu “System”, klik opsi “About” di sebelah kiri.
  5. Pada bagian “Device specifications”, kamu akan melihat informasi tentang bit Windows yang terpasang di laptopmu. Informasi ini akan terlihat di bawah judul “System type”.

Dengan cara ini, kamu dapat dengan mudah mengetahui apakah laptopmu menggunakan sistem operasi Windows 32-bit atau 64-bit.

Memeriksa Melalui Panel Kendali

Metode lain yang dapat kamu gunakan untuk mengecek bit Windows yang terinstall pada laptopmu adalah melalui Panel Kendali. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka “Control Panel” dengan cara menekan tombol “Windows” di keyboardmu dan mengetikkan kata kunci “Control Panel” di kotak pencarian.
  2. Pada jendela “Control Panel”, pilih opsi “System and Security”.
  3. Pada menu “System and Security”, klik opsi “System”.
  4. Di bagian bawah jendela “System”, kamu akan melihat informasi tentang jenis dan bit Windows yang terpasang di laptopmu.

Dengan cara ini, kamu akan dapat melihat secara langsung informasi tentang bit Windows yang digunakan oleh laptopmu.

Dengan Mengetikkan Command di Command Prompt

Jika kamu ingin mengetahui bit Windows yang terinstal di laptopmu dengan cepat, kamu dapat menggunakan Command Prompt. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka “Command Prompt” dengan cara menekan tombol “Windows” di keyboardmu dan mengetikkan kata kunci “Command Prompt” di kotak pencarian. Klik pada ikon “Command Prompt” yang muncul.
  2. Setelah jendela “Command Prompt” terbuka, ketikkan perintah berikut: “wmic os get osarchitecture“.
  3. Tekan tombol “Enter” di keyboardmu.
  4. Di bawah perintah yang kamu tuliskan, kamu akan melihat informasi mengenai bit Windows yang terpasang di laptopmu.

Dengan menggunakan Command Prompt, kamu dapat dengan cepat mengetahui apakah laptopmu menggunakan sistem operasi Windows 32-bit atau 64-bit.

Dengan mengetahui jenis bit Windows yang terpasang di laptopmu, kamu dapat memilih program dan aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *