Cara Mengambil Tangkapan Layar di Windows 10

Cara Mengambil Tangkapan Layar di Windows 10

Apakah Anda sering membutuhkan tangkapan layar saat menggunakan Windows 10? Mungkin Anda ingin mengabadikan momen penting, menyimpan pesan yang penting, atau mungkin memberikan petunjuk visual kepada seseorang. Cara mengambil tangkapan layar di Windows 10 sebenarnya sangat mudah dan tidak memerlukan penggunaan aplikasi pihak ketiga. Windows 10 menyediakan beberapa metode yang berbeda untuk mengambil tangkapan layar, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Sebagai pengguna Windows 10, Anda dapat menggunakan tombol keyboard, aplikasi bawaan, atau alat pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar. Metode paling umum adalah menggunakan kombinasi tombol pada keyboard. Namun, jika Anda ingin lebih banyak kontrol dan opsi, Anda dapat memanfaatkan aplikasi bawaan Snipping Tool atau menggunakan alat pihak ketiga seperti Snagit. Mari kita lihat secara detail cara mengambil tangkapan layar dengan berbagai metode ini.

Cara Screenshot di Komputer dengan Windows 10

Di Windows 10, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di komputer dengan sistem operasi Windows 10.

Cara Menggunakan Keyboard

Metode pertama yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan kombinasi tombol pada keyboard. Windows 10 menawarkan dua kombinasi tombol yang biasa digunakan untuk mengambil screenshot, yaitu tombol Print Screen dan tombol Windows + Print Screen.

Jika Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar biasa, Anda dapat menggunakan tombol Print Screen. Setelah menekan tombol ini, screenshot akan disimpan di clipboard dan Anda dapat melakukan paste ke program lain seperti Paint atau Word untuk menyimpannya.

Jika Anda ingin langsung menyimpan tangkapan layar ke dalam file gambar, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen. Setelah menekan tombol ini, screenshot akan disimpan secara otomatis ke dalam folder “Gambar” dengan format file PNG. Anda bisa mengakses folder ini melalui File Explorer di Windows 10.

Cara Menggunakan Snipping Tool

Metode kedua yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan Snipping Tool, sebuah aplikasi bawaan Windows 10 yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan cara yang lebih spesifik dan custom.

Anda dapat membuka Snipping Tool dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur pencarian di Windows 10. Cukup ketik “Snipping Tool” di kotak pencarian, lalu klik pada hasil pencarian yang muncul. Aplikasi Snipping Tool akan terbuka.

Setelah aplikasi Snipping Tool terbuka, Anda dapat memilih jenis tangkapan layar yang ingin diambil. Terdapat beberapa pilihan, seperti tangkapan layar penuh, tangkapan layar jendela aktif, atau tangkapan layar sebagian dari layar yang dapat Anda tentukan sendiri.

Setelah Anda memilih jenis tangkapan layar yang diinginkan, Anda dapat menggunakan kursor untuk menentukan area yang akan diambil. Setelah selesai, screenshot akan ditampilkan di aplikasi Snipping Tool dan Anda dapat menyimpannya dengan cara mengklik tombol “Simpan”.

Cara Menggunakan Tombol Pemanggil Screenshot

Metode ketiga yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan tombol pemanggil screenshot pada beberapa komputer dengan Windows 10. Tombol ini disediakan khusus untuk memudahkan pengguna dalam mengambil screenshot.

Tombol ini biasanya ditempatkan di bagian atas atau samping keyboard. Untuk menggunakannya, cukup tekan tombol pemanggil screenshot dan screenshot akan langsung diambil dan disimpan di folder “Gambar”. Anda bisa mencarinya di File Explorer kemudian.

Dengan menggunakan salah satu dari tiga metode di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di komputer dengan Windows 10. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan mulailah mengambil screenshot dengan mudah.

Cara Mengedit Screenshot di Windows 10

Setelah mengambil screenshot, Anda dapat mengeditnya menggunakan aplikasi bawaan Windows 10, yaitu Paint. Anda bisa menambahkan teks, menggambar, atau menghapus bagian yang tidak diinginkan pada screenshot.

Menggunakan Paint

Satu cara mudah untuk mengedit screenshot di Windows 10 adalah dengan menggunakan aplikasi Paint. Setelah Anda mengambil screenshot, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Cari aplikasi Paint di komputer Anda dan buka.
  2. Pilih opsi “Paste” atau tekan tombol “Ctrl” + “V” untuk menempelkan screenshot yang telah Anda ambil. Screenshot akan muncul di area kerja Paint.
  3. Untuk menambahkan teks, klik pada tombol “A” di toolbar Paint dan klik pada area screenshot tempat Anda ingin menambahkan teks. Kemudian, ketikkan teks yang diinginkan.
  4. Jika Anda ingin menggambar, pilih alat gambar yang diinginkan dari toolbar Paint, seperti pensil atau kuas. Kemudian, pilih warna yang diinginkan dan gambarlah langsung di atas screenshot.
  5. Anda juga dapat menggunakan alat garis, kotak, atau lingkaran untuk menambahkan bentuk-bentuk lain ke dalam screenshot.
  6. Jika terdapat bagian screenshot yang tidak diinginkan, Anda dapat menggunakan alat penghapus untuk menghapusnya.
  7. Setelah selesai mengedit, klik “File” di toolbar Paint dan pilih opsi “Save” atau “Save As” untuk menyimpan screenshot yang telah diedit.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain Paint, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pengedit gambar pihak ketiga seperti Adobe Photoshop atau GIMP untuk mengedit screenshot di Windows 10. Beberapa langkah yang dapat Anda ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Install dan jalankan aplikasi pengedit gambar pihak ketiga yang telah Anda pilih, misalnya Adobe Photoshop atau GIMP.
  2. Buka screenshot yang ingin Anda edit di dalam aplikasi tersebut. Biasanya, Anda dapat melakukannya dengan mengklik “File” dan memilih opsi “Open”. Cari screenshot yang ingin Anda edit di dalam folder penyimpanan komputer Anda.
  3. Jika Anda ingin menambahkan teks, pilih alat teks di dalam aplikasi pengedit gambar dan klik pada screenshot di tempat yang diinginkan. Kemudian, ketikkan teks yang diinginkan.
  4. Jika Anda ingin menggambar atau menambahkan bentuk lain, pilih alat gambar atau alat bentuk dari toolbar aplikasi pengedit gambar. Gunakan alat-alat tersebut untuk menggambar langsung di atas screenshot.
  5. Jika terdapat bagian screenshot yang tidak diinginkan, Anda dapat menggunakan alat penghapus atau alat pemotong untuk menghapusnya.
  6. Setelah selesai mengedit, klik “File” dan pilih opsi “Save” atau “Save As” untuk menyimpan screenshot yang telah diedit dengan format dan nama file yang diinginkan.

Menggunakan Fitur Bawaan Windows 10

Windows 10 juga memiliki beberapa fitur bawaan pengeditan gambar yang dapat Anda manfaatkan untuk mengedit screenshot secara lebih kreatif. Salah satu fitur ini adalah Windows Ink Workspace. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini:

  1. Setelah mengambil screenshot, cari dan klik ikon Windows Ink Workspace pada taskbar Windows 10. Biasanya, ikon ini berbentuk pena atau pena digital.
  2. Setelah Windows Ink Workspace terbuka, pilih opsi “Sketchpad” atau “Screen Sketch”. Opsi yang tersedia tergantung pada versi Windows 10 yang Anda gunakan.
  3. Pada Sketchpad atau Screen Sketch, Anda dapat menggambar atau menulis di atas screenshot menggunakan alat-alat yang tersedia, seperti pena digital, penghapus, dan pulpen.
  4. Jika ingin menggambar atau menulis dengan warna yang berbeda, pilih alat warna yang diinginkan dari toolbar.
  5. Anda juga dapat menggunakan alat tekstur atau stiker untuk menambahkan elemen kreatif lainnya pada screenshot.
  6. Setelah selesai mengedit, Anda dapat menyimpan screenshot yang telah diedit dengan mengklik tombol “Save” atau “Save As”. Screenshot akan disimpan dalam format gambar dengan nama dan lokasi yang telah Anda tentukan.

Dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di Windows 10, Anda dapat dengan mudah mengedit screenshot sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Apakah itu menggunakan Paint, aplikasi pengedit gambar pihak ketiga, atau fitur bawaan Windows 10 seperti Windows Ink Workspace, Anda memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan tampilan dan konten screenshot dengan mudah.

Cara Menyimpan Screenshot di Komputer Windows 10

Simpan ke Clipboard

Setelah mengambil screenshot, Anda dapat menyimpannya ke clipboard terlebih dahulu. Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah melakukan paste ke aplikasi lain seperti Microsoft Word atau Paint untuk menyimpannya sebagai file gambar. Proses ini sangat sederhana dan cukup mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol Print Screen pada keyboard Anda. Biasanya tombol ini berlokasi di bagian atas kanan.
  2. Screenshot akan segera disimpan di clipboard.
  3. Buka aplikasi yang Anda inginkan, misalnya Microsoft Word atau Paint.
  4. Pada aplikasi tersebut, tekan tombol Ctrl + V untuk melakukan paste.
  5. Screenshot akan muncul dan Anda dapat melakukan penyimpanan ke dalam file gambar.

Simpan sebagai File Gambar

Windows 10 juga memberikan opsi bagi Anda untuk langsung menyimpan screenshot sebagai file gambar dengan format PNG atau JPEG. Opsi ini dapat Anda manfaatkan ketika menggunakan kombinasi tombol Print Screen atau menggunakan Snipping Tool. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol Print Screen pada keyboard untuk mengambil screenshot dari seluruh layar.
  2. Untuk mengambil screenshot dari jendela aktif saja, tekan tombol Alt + Print Screen.
  3. Selanjutnya, buka aplikasi Paint atau aplikasi lain yang mendukung penyimpanan file gambar.
  4. Pada aplikasi tersebut, tekan tombol Ctrl + V untuk melakukan paste.
  5. Kemudian, Anda bisa mengekspor screenshot sebagai file gambar dengan format PNG atau JPEG.

Simpan ke OneDrive atau Cloud Storage Lainnya

Jika Anda menggunakan layanan cloud storage seperti OneDrive, Anda dapat menyimpan screenshot langsung ke dalam akun cloud Anda. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk mengakses screenshot dari perangkat lain atau berbagi screenshot dengan orang lain. Untuk menyimpan screenshot ke OneDrive, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol Print Screen pada keyboard untuk mengambil screenshot.
  2. Setelah itu, buka OneDrive pada komputer Anda atau akses melalui web browser.
  3. Pilih folder tempat Anda ingin menyimpan screenshot.
  4. Di dalam folder tersebut, klik tombol “Upload” atau “Unggah”.
  5. Pilih opsi “File” dan temukan screenshot yang akan diunggah.
  6. Klik tombol “Simpan” atau “Upload” untuk menyimpan screenshot ke dalam OneDrive Anda.

Dengan menggunakan langkah-langkah tersebut, screenshot Anda akan langsung tersimpan di OneDrive dan dapat diakses dari perangkat lain ketika Anda masuk dengan akun yang sama.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *