Cara Screenshot di Laptop Windows 10 dengan Mudah

Cara Screenshot di Laptop Windows 10 dengan Mudah

Menangkap gambar dari layar laptop Windows 10 adalah hal yang umum dilakukan dalam banyak situasi, seperti ketika ingin menyimpan screenshot pesan penting, berbagi tampilan layar dengan orang lain, atau bahkan menunjukkan masalah teknis kepada tim dukungan. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara melakukan screenshot di laptop Windows 10 dengan mudah.

Windows 10 memiliki beberapa metode yang memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan cepat dan mudah. Anda dapat menggunakan kombinasi tombol pada keyboard, menggunakan perintah melalui aplikasi Paint, atau bahkan menggunakan fitur khusus yang disediakan oleh Windows 10. Dengan berbagai cara ini, mengambil screenshot di laptop Windows 10 akan menjadi tugas yang mudah dan efisien.

Bukan hanya itu, Anda juga dapat menyesuaikan cara pengambilan screenshot sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda ingin menangkap seluruh tampilan layar, hanya bagian tertentu, atau mungkin setelah penundaan waktu tertentu. Semua opsi ini tersedia di Windows 10, memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan cara yang paling nyaman bagi Anda.

Cara Screenshot di Laptop Windows 10

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Tombol Print Screen pada keyboard laptop Windows 10 dapat digunakan untuk mengambil screenshot layar penuh atau screenshot aktif satu jendela. Ketika Anda menekan tombol ini, gambar dari seluruh layar akan disalin ke clipboard. Anda kemudian dapat membuka aplikasi pengedit gambar seperti Paint atau Word kemudian klik “Paste” untuk memasukkan screenshot tersebut dan menyimpannya sebagai file gambar.

2. Menggunakan Kombinasi Tombol Win + Shift + S

Salah satu cara lain untuk mengambil screenshot di laptop Windows 10 adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Win + Shift + S. Setelah menekan kombinasi tombol ini, layar akan menjadi redup dan kursor akan berubah menjadi bentuk seleksi. Anda dapat menyeret kursor untuk menandai area yang ingin diambil screenshot, setelah selesai, gambar akan disimpan ke clipboard dan Anda dapat langsung mempaste-nya ke aplikasi pengedit gambar atau dokumen lainnya.

3. Menggunakan Snipping Tool bawaan Windows 10

Snipping Tool adalah aplikasi bawaan Windows 10 yang memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan berbagai pilihan area. Anda dapat mencarinya melalui menu Start atau melalui fungsi pencarian Windows. Setelah dijalankan, Anda akan melihat beberapa opsi yang tersedia seperti “New Snip” untuk mengambil screenshot area tertentu, “Full-screen Snip” untuk mengambil screenshot layar penuh, dan lain sebagainya. Setelah mengambil screenshot, Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar atau melakukan pengeditan tambahan.

Cara Mengedit Screenshot di Laptop Windows 10

Setelah mengambil screenshot di laptop menggunakan Windows 10, Anda dapat dengan mudah mengeditnya menggunakan berbagai aplikasi pengeditan foto yang tersedia. Berikut adalah beberapa cara mengedit screenshot di laptop Windows 10 dengan menggunakan beberapa aplikasi pengeditan foto yang populer:

1. Menggunakan Paint

Salah satu cara termudah dan paling sederhana untuk mengedit screenshot di laptop Windows 10 adalah dengan menggunakan aplikasi Paint. Setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat membuka aplikasi Paint dan mulai melakukan berbagai editing sederhana seperti memotong, menambahkan teks, atau bahkan menggambar di atas gambar screenshot tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi Editing Foto Lainnya

Selain menggunakan Paint, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi editing foto lainnya yang lebih canggih untuk mengedit screenshot di laptop Windows 10. Salah satu contohnya adalah menggunakan Adobe Photoshop atau GIMP. Aplikasi-aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan editing yang lebih lanjut dan mendetail pada screenshot Anda.

Dengan menggunakan aplikasi pengeditan foto seperti Adobe Photoshop, Anda dapat melakukan berbagai editing yang lebih kompleks seperti penyesuaian warna, retouching, atau penggabungan beberapa screenshot menjadi satu gambar. Anda juga dapat menambahkan efek, text, atau menghapus objek yang tidak diinginkan dari screenshot Anda.

3. Menggunakan Fitur Editing Bawaan Windows 10

Windows 10 sendiri juga menyediakan beberapa fitur editing bawaan yang dapat membantu Anda melakukan editing sederhana pada screenshot. Salah satu fitur ini adalah Crop & Rotate yang dapat digunakan untuk memotong atau memutar gambar screenshot Anda sesuai kebutuhan.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu membuka gambar screenshot dengan memilih “Open with” dan memilih “Photos”. Setelah itu, klik ikon Edit yang terletak di bagian kanan atas tampilan gambar. Kemudian, pilih Crop & Rotate untuk memulai proses editing gambar screenshot Anda.

Setelah Anda selesai mengedit screenshot di laptop Windows 10, jangan lupa untuk menyimpannya agar perubahan yang Anda lakukan dapat tetap terjaga. Anda dapat memilih opsi “Save” atau “Save As” untuk menyimpan gambar screenshot dengan format dan lokasi yang Anda inginkan.

Itulah beberapa cara mengedit screenshot di laptop Windows 10. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Apakah itu menggunakan Paint untuk editing sederhana, aplikasi pengeditan foto lainnya untuk editing yang lebih kompleks, atau menggunakan fitur editing bawaan Windows 10 untuk editing yang lebih cepat dan praktis.

Cara Mengambil Screenshot Bagian Aktif di Laptop Windows 10

Pada laptop Windows 10, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot pada bagian aktif layar. Berikut ini adalah tiga metode yang bisa Anda gunakan:

1. Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Metode pertama yang bisa Anda gunakan adalah dengan menekan tombol Alt + Print Screen. Dengan menggunakan kombinasi tombol ini, Anda dapat mengambil screenshot hanya pada jendela yang sedang aktif. Screenshot tersebut akan langsung disimpan dalam clipboard dan dapat Anda simpan ke dalam aplikasi pengolah gambar seperti Paint atau Word.

2. Menggunakan Tombol Windows + G

Tombol Windows + G dapat digunakan untuk membuka Game Bar di Windows 10. Game Bar ini adalah fitur bawaan Windows yang sering digunakan para gamer untuk merekam dan melakukan siaran langsung saat bermain game. Selain itu, Game Bar juga memiliki fitur untuk mengambil screenshot pada jendela yang sedang aktif.

Cukup tekan tombol Windows + G pada keyboard dan Game Bar akan muncul di bagian bawah layar. Pada Game Bar, Anda akan melihat tombol Camera yang dapat Anda klik untuk mengambil screenshot. Setelah mengambil screenshot, gambar tersebut akan disimpan secara otomatis dalam folder “C:\Users\\Videos\Captures”.

3. Menggunakan Aplikasi Penangkap Screenshot Pihak Ketiga

Jika Anda ingin memiliki lebih banyak fitur dan kemampuan saat mengambil screenshot, Anda dapat menggunakan aplikasi penangkap screenshot pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang populer adalah Snagit. Snagit adalah aplikasi yang sangat lengkap dan memiliki banyak fitur, seperti kemampuan untuk mengambil screenshot pada bagian aktif layar.

Setelah menginstal Snagit, Anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut dan mengikuti langkah-langkah yang ditampilkan. Biasanya, Anda hanya perlu menentukan area yang ingin diambil screenshot, lalu tekan tombol capture atau gunakan kombinasi tombol yang disediakan oleh aplikasi.

Selain Snagit, ada juga aplikasi lain seperti Lightshot yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot pada bagian aktif layar. Lightshot memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan fitur yang cukup lengkap.

Demikianlah tiga cara untuk mengambil screenshot pada bagian aktif layar di laptop Windows 10. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Cara Mengambil Screenshot dengan Fitur Snip & Sketch di Windows 10

Snip & Sketch merupakan fitur bawaan Windows 10 yang memungkinkan pengguna mengambil screenshot dan langsung melakukan editing.

1. Membuka Snip & Sketch

Untuk memulai pengambilan screenshot menggunakan fitur Snip & Sketch, pengguna perlu membuka aplikasi tersebut terlebih dahulu. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan tombol pintas keyboard. Tekan tombol “Windows” dan “Shift” secara bersamaan, lalu tekan tombol “S” untuk membuka Snip & Sketch.

2. Memilih Mode Screenshot

Setelah aplikasi Snip & Sketch terbuka, pengguna dapat memilih mode screenshot yang diinginkan. Terdapat empat mode yang bisa dipilih, yaitu rectangle, freeform, window, atau full screen.

– Mode rectangle memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan bentuk persegi atau persegi panjang. Pengguna dapat menentukan area yang ingin diambil screenshot dengan menggeser kursor dan menyeretnya di layar.

– Mode freeform memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan bentuk yang tidak teratur atau bebas. Pengguna bisa menggambar area yang ingin diambil screenshot dengan bebas menggunakan kursor.

– Mode window memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dari jendela tertentu. Pengguna hanya perlu mengklik jendela tersebut, dan screenshot akan langsung diambil.

– Mode full screen memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dari keseluruhan tampilan layar.

3. Melakukan Editing dan Menyimpan Screenshot

Sesudah pengguna mengambil screenshot sesuai dengan mode yang dipilih, pengguna bisa melakukan editing tambahan sebelum menyimpannya. Fitur Snip & Sketch memungkinkan pengguna untuk menambahkan teks atau menggambar langsung di atas screenshot yang diambil.

Untuk menambahkan teks, pengguna hanya perlu mengklik ikon “T” pada toolbar Snip & Sketch dan mengetikkan teks yang diinginkan di atas screenshot.

Sementara itu, untuk menggambar, pengguna bisa memilih ikon “Pen” yang ada pada toolbar dan menggunakan kursor untuk menggambar atau menandai bagian-bagian tertentu dalam screenshot.

Setelah selesai melakukan editing, pengguna dapat menyimpan screenshotnya dengan menekan ikon disket pada toolbar atau dengan menekan tombol “Ctrl + S” pada keyboard. Selanjutnya, pengguna akan diminta untuk memilih lokasi penyimpanan dan nama file untuk screenshot yang telah diambil.

Itulah cara mengambil screenshot dengan menggunakan fitur Snip & Sketch di Windows 10. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah mengambil dan mengedit screenshot sesuai kebutuhan.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *