Cara Screenshot di PC Windows 10

Cara Screenshot di PC Windows 10

Menyimpan tangkapan layar pada komputer Windows 10 dapat menjadi tugas yang bermanfaat dan penting dalam berbagai keperluan. Apakah itu untuk menyimpan catatan, berbagi informasi, atau bahkan memecahkan masalah teknis, mengambil screenshot adalah cara mudah untuk merekam apa yang ada di layar komputer Anda. Tetapi bagaimana caranya? Dalam artikel ini, kami akan membahas cara melakukan screenshot di PC Windows 10 dengan mudah.

Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar di Windows 10, baik itu tangkapan layar seluruh layar, jendela aplikasi, atau hanya bagian tertentu dari layar. Fitur ini telah disempurnakan dalam Windows 10 dan mencakup opsi tambahan yang memudahkan pengguna dalam mengambil screenshot. Jadi, jika Anda ingin tahu cara mengambil screenshot di PC Windows 10, simak terus artikel ini.

Cara Screenshot di PC Windows 10

Pengenalan

Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melakukan screenshot di PC dengan sistem operasi Windows 10. Apakah Anda perlu mengambil screenshot layar penuh, screenshot jendela aplikasi, atau screenshot halaman web, kami akan membahas semua metode yang dapat Anda gunakan. Dengan panduan yang mudah diikuti ini, Anda akan dapat mengambil screenshot dengan cepat dan mudah di PC Windows 10.

Screenshot Layar Penuh

Screenshot layar penuh adalah metode yang paling umum digunakan untuk mengambil gambar dari seluruh tampilan layar Anda.

Langkah-langkah untuk mengambil screenshot layar penuh di PC Windows 10 adalah sebagai berikut:

1. Pastikan tampilan layar yang ingin Anda tangkap sudah dalam posisi yang diinginkan. Misalnya, jika Anda ingin mengambil screenshot dari tampilan desktop, pastikan tidak ada jendela aplikasi yang terbuka dan posisikan ikon-ikon desktop sesuai dengan keinginan.

2. Untuk mengambil screenshot layar penuh, tekan tombol “PrtScn” pada keyboard. Anda mungkin perlu mencarinya dengan melihat pada tombol-tombol di atas bilah spasi atau di sebelah kanan tombol “F12”.

3. Setelah Anda menekan tombol “PrtScn”, screenshot layar penuh akan disimpan ke clipboard komputer.

4. Setelah itu, Anda dapat membuka aplikasi pengedit gambar, seperti Microsoft Paint atau Adobe Photoshop, dan tekan “Ctrl+V” untuk meletakkan screenshot yang disalin dari clipboard ke aplikasi pengedit gambar.

5. Anda kemudian dapat menyimpan screenshot sebagai file gambar format JPEG, PNG, atau format lain sesuai dengan kebutuhan Anda.

Metode alternatif untuk mengambil screenshot layar penuh adalah dengan menggunakan kombinasi tombol “Windows+PrtScn”. Dalam metode ini, screenshot akan secara otomatis disimpan ke folder “Pictures” di komputer Anda.

Screenshot Jendela Aplikasi

Selain mengambil screenshot layar penuh, Anda juga dapat mengambil screenshot hanya dari jendela aplikasi tertentu di PC Windows 10.

Langkah-langkah untuk mengambil screenshot jendela aplikasi di PC Windows 10 adalah sebagai berikut:

1. Buka jendela aplikasi yang ingin Anda tangkap screenshot-nya.

2. Pastikan jendela aplikasi tersebut aktif atau berada di depan jendela lainnya.

3. Tekan tombol “Alt+PrtScn” pada keyboard. Tombol “PrtScn” terletak di atas tombol “Insert” biasanya.

4. Setelah Anda menekan tombol “Alt+PrtScn”, screenshot jendela aplikasi yang aktif akan disimpan ke clipboard komputer.

5. Buka aplikasi pengedit gambar, seperti Microsoft Paint atau Adobe Photoshop, dan tekan “Ctrl+V” untuk meletakkan screenshot yang disalin dari clipboard ke aplikasi pengedit gambar.

6. Anda kemudian dapat menyimpan screenshot sebagai file gambar dengan format yang Anda inginkan.

Screenshot Halaman Web

Jika Anda perlu mengambil screenshot halaman web, terutama saat Anda ingin menyimpan tampilan suatu artikel atau gambar dari situs web, Anda dapat menggunakan fitur screenshot bawaan di browser atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Untuk mengambil screenshot halaman web menggunakan fitur screenshot bawaan di browser, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka halaman web yang ingin Anda tangkap screenshot-nya di browser.

2. Tekan tombol “Ctrl+Shift+I” untuk membuka “Developer Tools”. Alternatifnya, klik kanan pada halaman web dan pilih opsi “Inspect” dari menu yang muncul.

3. Dalam “Developer Tools”, klik ikon kamera di bagian atas panel atau tekan “Ctrl+Shift+P” dan ketik “screenshot”. Pilih opsi “Capture screenshot” atau “Capture full-size screenshot” dari pilihan yang tersedia.

4. Tunggu sejenak sampai proses pengambilan screenshot selesai.

5. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan screenshot sebagai file gambar dengan memilih opsi “Save” atau “Save As” pada dialog yang muncul.

Jika Anda lebih suka menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mencari dan mengunduh aplikasi screenshot yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Microsoft Store atau melalui situs web penyedia aplikasi.

Sekarang Anda memiliki semua informasi yang Anda butuhkan untuk mengambil screenshot di PC Windows 10. Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah yang disediakan, Anda akan dengan mudah dapat mengambil screenshot layar penuh, screenshot jendela aplikasi, dan screenshot halaman web. Selamat mencoba!

Menggunakan Tombol Print Screen

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk melakukan screenshot di PC Windows 10 adalah dengan menggunakan tombol “Print Screen”. Tombol “Print Screen” biasanya terletak di bagian atas keyboard dan dapat memiliki variasi seperti “PrtSc”, “Fn” + “PrtSc”, atau “Win” + “PrtSc” tergantung pada jenis keyboard yang Anda gunakan.

Menggunakan Tombol “Alt” + “PrtSc”

Metode alternatif untuk melakukan screenshot di PC Windows 10 adalah dengan menggunakan kombinasi tombol “Alt” + “PrtSc”. Metode ini akan mengambil screenshot dari jendela aktif atau program yang sedang Anda gunakan.

Menyimpan Screenshot ke Clipboard

Selain mengambil screenshot langsung ke file gambar, Anda juga dapat menyimpan screenshot ke clipboard yang nantinya dapat Anda paste ke program lain seperti editor gambar atau aplikasi pengolah teks.

Menyimpan Screenshot sebagai File Gambar

Jika Anda ingin mengambil screenshot dan menyimpannya sebagai file gambar, Anda dapat menggunakan berbagai metode. Salah satunya adalah dengan menggunakan tombol “Windows” + “Print Screen”. Dengan menggunakan kombinasi tombol ini, screenshot akan otomatis disimpan dalam folder “Screenshots” di direktori gambar Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi bawaan Windows 10 yang disebut “Paint” untuk menyimpan screenshot sebagai file gambar. Caranya adalah dengan melakukan screenshot menggunakan salah satu metode yang telah disebutkan sebelumnya, kemudian buka aplikasi “Paint” dan tekan tombol “Ctrl” + “V” untuk melakukan paste. Setelah itu, Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar dengan memilih opsi “Simpan” atau “Save” di menu “File”.

Apabila Anda menggunakan laptop dengan keyboard yang memiliki fitur “Fn” + “PrtSc” untuk mengaktifkan tombol “Print Screen”, maka Anda dapat menggabungkan tombol tersebut untuk mengambil screenshot dan menyimpannya sebagai file gambar di PC Windows 10 Anda.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot dengan fitur tambahan, seperti anotasi, pemotongan, atau pengaturan kualitas gambar. Beberapa aplikasi populer untuk mengambil screenshot di PC Windows 10 adalah “Snagit”, “Greenshot”, dan “Lightshot”. Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstal secara gratis melalui situs web resmi atau toko aplikasi terpercaya.

Dengan menguasai berbagai metode untuk mengambil screenshot di PC Windows 10, Anda dapat dengan mudah membagikan informasi, membuat tutorial, atau menyimpan momen penting dalam bentuk gambar. Beberapa metode mungkin lebih cocok untuk kebutuhan Anda, jadi pastikan untuk mencoba dan menemukan yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

Menggunakan Fitur Screenshot di Windows 10

Windows 10 memiliki beberapa fitur bawaan yang memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan mudah. Tiga fitur utama yang dapat anda gunakan adalah “Snipping Tool”, “Snip & Sketch”, dan “Game Bar”. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan masing-masing fitur.

Menggunakan “Snipping Tool”

“Snipping Tool” adalah salah satu fitur bawaan yang disediakan oleh Windows 10 untuk mengambil screenshot. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menentukan area tertentu yang ingin diambil screenshot dan mengeditnya sebelum disimpan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka “Snipping Tool” dengan mencarinya melalui kotak pencarian di pojok kiri bawah desktop Anda.
  2. Pilih “Snipping Tool” dari hasil pencarian.
  3. Setelah “Snipping Tool” terbuka, klik New untuk memulai pengambilan screenshot.
  4. Pilih area yang ingin Anda screenshot dengan menyeret kursor mouse Anda.
  5. Setelah Anda memilih area yang diinginkan, Anda dapat mengedit screenshot tersebut dengan menggunakan berbagai alat pengeditan yang disediakan.
  6. Setelah selesai mengedit, klik File dan pilih Save As untuk menyimpan screenshot tersebut di komputer Anda.

Menggunakan “Snip & Sketch”

“Snip & Sketch” adalah fitur lain yang disediakan oleh Windows 10 untuk mengambil screenshot dengan berbagai pilihan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot layar penuh, area tertentu, atau menggunakan timer untuk menunda pengambilan screenshot. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka “Snip & Sketch” dengan mencarinya melalui kotak pencarian di pojok kiri bawah desktop Anda.
  2. Pilih “Snip & Sketch” dari hasil pencarian.
  3. Setelah “Snip & Sketch” terbuka, klik ikon kamera di bagian atas jendela untuk memulai pengambilan screenshot.
  4. Anda dapat memilih opsi “Rectangular Snip” untuk memilih area tertentu, “Freeform Snip” untuk memilih area dengan bentuk bebas, atau “Fullscreen Snip” untuk mengambil screenshot layar penuh.
  5. Jika Anda memilih opsi “Rectangular Snip” atau “Freeform Snip”, seret kursor mouse Anda untuk memilih area yang diinginkan. Jika Anda memilih opsi “Fullscreen Snip”, screenshot akan diambil secara otomatis.
  6. Setelah selesai mengambil screenshot, Anda dapat melakukan beberapa pengeditan sederhana sebelum menyimpannya.
  7. Klik Save untuk menyimpan screenshot tersebut di komputer Anda.

Menggunakan “Game Bar”

Jika Anda ingin mengambil screenshot saat bermain game, Windows 10 juga menyediakan fitur “Game Bar”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan cepat tanpa harus meninggalkan permainan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka permainan yang ingin Anda mainkan.
  2. Pada saat bermain game, tekan kombinasi tombol “Win” + “G” secara bersamaan untuk membuka “Game Bar”.
  3. Pilih ikon kamera untuk mengambil screenshot.
  4. Setelah selesai mengambil screenshot, Anda dapat melihatnya dengan klik ikon kamera di bagian pojok kanan bawah jendela “Game Bar”.
  5. Klik Save untuk menyimpan screenshot tersebut di komputer Anda.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Bagi pengguna PC Windows 10 yang ingin mengambil screenshot, ada berbagai metode yang bisa digunakan. Selain menggunakan fitur bawaan Windows, kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang dapat memberikan lebih banyak opsi dan fitur. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa aplikasi pihak ketiga yang populer digunakan untuk mengambil screenshot di PC Windows 10.

Menggunakan “Lightshot”

Salah satu aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan adalah “Lightshot”. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif, membuatnya mudah digunakan oleh pengguna pemula sekalipun. Anda dapat menginstal aplikasi ini secara gratis dan dengan cepat di PC Windows 10 Anda.

Lightshot menyediakan berbagai fitur yang berguna untuk pengambilan screenshot. Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah hanya dengan menekan tombol print screen pada keyboard Anda. Dalam beberapa detik, layar akan “memudar” dan Anda dapat menandai area tertentu yang ingin Anda tangkap. Setelah itu, Anda dapat menyimpan screenshot dalam format gambar yang populer seperti PNG atau JPEG.

Aplikasi Lightshot juga memberikan berbagai opsi pengeditan gambar yang sederhana. Anda dapat menggambar, menerapkan teks, atau menghapus bagian gambar yang tidak diinginkan sebelum menyimpannya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengubah dan menyesuaikan screenshot Anda sebelum membagikannya dengan orang lain.

Selain itu, Lightshot juga menyediakan fitur untuk langsung membagikan screenshot yang sudah anda tangkap. Anda dapat membagikan gambar yang diambil secara langsung melalui platform media sosial seperti Facebook atau Twitter, atau mengirimnya melalui email. Fitur ini memudahkan Anda untuk berbagi tangkapan layar dengan teman, kolega, atau keluarga dengan cepat dan tanpa harus menyimpan gambar terlebih dahulu.

Menggunakan “ShareX”

Jika Anda mencari aplikasi lain untuk mengambil screenshot di PC Windows 10, maka “ShareX” akan menjadi salah satu opsi yang baik. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur canggih dan dapat diunduh secara gratis.

Dengan ShareX, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar layar penuh atau memilih area tertentu yang ingin Anda tangkap. Anda juga dapat menggunakan pilihan “panjang gulungan” yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot satu halaman web yang panjang secara keseluruhan.

Selain itu, ShareX juga menawarkan kemampuan untuk mengedit gambar setelah Anda mengambil screenshot. Anda dapat melakukan anotasi, menambahkan teks, menyoroti area gambar, atau mengubah ukuran gambar dengan fitur yang mudah digunakan.

Fitur yang membedakan ShareX adalah kemampuannya untuk secara otomatis membagikan screenshot yang Anda tangkap ke berbagai platform media sosial. Anda dapat menghubungkan ShareX dengan akun Anda di platform seperti Dropbox, Google Drive, atau Imgur. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah membagikan tangkapan layar langsung ke platform favorit Anda hanya dalam beberapa klik.

Menggunakan Aplikasi Lainnya

Selain “Lightshot” dan “ShareX”, masih ada banyak aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot di PC Windows 10. Beberapa contoh yang populer adalah “Snagit”, “Greenshot”, dan “PicPick”. Anda dapat menemukan aplikasi-aplikasi ini dengan melakukan pencarian di Windows Store atau mengunduhnya secara langsung dari situs resmi pengembang aplikasi.

Dengan memiliki berbagai opsi aplikasi pihak ketiga, Anda dapat menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda dalam mengambil screenshot di PC Windows 10. Mulai dari aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan hingga yang lebih canggih dengan berbagai fitur pengeditan gambar, semua tersedia untuk Anda menjadikan pengambilan screenshot menjadi lebih efisien dan menyenangkan.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *