Cara Screenshot di Windows 10

Cara Screenshot di Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi yang sering digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia. Dengan tampilan yang modern dan fitur-fitur yang lengkap, Windows 10 mencakup berbagai macam tools yang memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai tugas. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah fitur screenshot, yang dapat digunakan untuk mengambil gambar layar dengan cepat dan mudah.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara untuk melakukan screenshot di Windows 10. Baik itu screenshot seluruh layar, sebagian layar, atau mungkin hanya satu aplikasi saja. Dengan mengetahui cara-cara ini, Anda akan dapat dengan mudah mengambil gambar layar sesuai kebutuhan Anda.

Cara Screenshot di Windows 10

Windows 10 menyediakan beberapa cara yang mudah dan cepat untuk mengambil screenshot. Anda dapat menggunakan tombol Print Screen pada keyboard, menggunakan keyboard shortcut, atau menggunakan fitur Snipping Tool yang ada di Windows 10. Berikut adalah cara untuk mengambil screenshot di Windows 10.

Cara Menggunakan Tombol Print Screen

Jika Anda ingin mengambil screenshot layar penuh, Anda dapat menggunakan tombol Print Screen pada keyboard. Caranya sangat mudah, hanya perlu menekan tombol Print Screen (biasanya disingkat sebagai PrtScn) pada keyboard Anda. Setelah itu, Anda dapat mempaste screenshot tersebut ke program seperti Paint atau Word, dan menyimpannya sebagai file gambar. Screenshot layar penuh ini berguna jika Anda ingin menyimpan tampilan keseluruhan layar, termasuk desktop, aplikasi, dan jendela yang terbuka.

Cara Menggunakan Keyboard Shortcut untuk Screenshot Sebagian Layar

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot sebagian layar yang diinginkan, Windows 10 menyediakan keyboard shortcut yang mudah digunakan. Anda hanya perlu menekan tombol Windows dan tombol Shift secara bersamaan, lalu menekan tombol S pada keyboard. Setelah itu, Anda dapat memilih area yang ingin diambil screenshot dengan cara menyeret kursor mouse. Kemudian, screenshot tersebut akan langsung tersimpan ke clipboard Anda. Anda dapat mempaste screenshot tersebut ke program seperti Paint atau Word, dan menyimpannya sebagai file gambar. Keyboard shortcut ini berguna jika Anda hanya ingin mengambil screenshot area tertentu pada layar, seperti satu jendela aplikasi atau bagian dari halaman web.

Cara Menggunakan Fitur Snipping Tool

Windows 10 juga dilengkapi dengan fitur Snipping Tool yang memudahkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan beragam pilihan. Caranya sangat sederhana, cukup ketik “Snipping Tool” pada kolom pencarian di taskbar, lalu buka aplikasi tersebut. Setelah itu, Anda dapat memilih jenis screenshot yang ingin diambil, seperti screenshot layar penuh, screenshot sebagian layar, screenshot jendela tertentu, atau bahkan screenshot free-form. Setelah Anda memilih jenis screenshot, cukup seret kursor mouse untuk menentukan area yang ingin diambil screenshot. Screenshot tersebut akan terbuka di Snipping Tool, dan Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar. Snipping Tool merupakan fitur yang sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot dengan lebih banyak pilihan dan fleksibilitas.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan tiga cara yang berbeda untuk mengambil screenshot di Windows 10. Anda dapat menggunakan tombol Print Screen untuk mengambil screenshot layar penuh, menggunakan keyboard shortcut untuk mengambil screenshot sebagian layar, atau menggunakan fitur Snipping Tool untuk mengambil screenshot dengan beragam pilihan. Semua metode ini sangat mudah digunakan dan dapat membantu Anda dalam mengambil screenshot sesuai kebutuhan Anda. Cobalah ketiga metode ini dan pilih metode yang paling sesuai dengan preferensi Anda. Selamat mencoba!

Cara Mengedit Screenshot di Windows 10

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot di Windows 10, langkah selanjutnya adalah mengeditnya sesuai kebutuhan Anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengedit screenshot di Windows 10.

Menggunakan Paint

Salah satu cara termudah untuk mengedit screenshot di Windows 10 adalah dengan menggunakan aplikasi Paint yang sudah terintegrasi di sistem operasi ini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka screenshot yang ingin Anda edit menggunakan aplikasi Paint. Anda dapat melakukannya dengan mengklik kanan pada file screenshot dan memilih opsi “Buka dengan Paint”.
  2. Pada aplikasi Paint, Anda dapat menemukan berbagai fitur pengeditan yang berguna seperti pensil, kuas, penghapus, dan lain sebagainya. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menggambar, mengedit, atau menambahkan elemen visual lainnya pada screenshot Anda.
  3. Jika Anda ingin menambahkan teks pada screenshot, Anda dapat menggunakan fitur “Teks” yang tersedia di aplikasi Paint. Caranya, klik pada tombol “Teks” dan klik pada area screenshot di mana Anda ingin menambahkan teks tersebut. Setelah itu, ketik teks yang diinginkan pada kotak teks yang muncul.
  4. Setelah selesai mengedit screenshot, Anda dapat menyimpannya dengan mengklik pada opsi “Simpan” atau “Simpan sebagai” pada menu “File” di aplikasi Paint.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda membutuhkan fitur pengeditan yang lebih lengkap, Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi pihak ketiga yang tersedia untuk mengedit screenshot di Windows 10. Beberapa aplikasi yang populer adalah Adobe Photoshop, GIMP, dan Capture One.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat memiliki lebih banyak opsi pengeditan seperti penyesuaian warna, efek khusus, pemotongan gambar, dan fitur lainnya yang mungkin tidak tersedia di aplikasi Paint. Anda juga dapat menggabungkan beberapa screenshot menjadi satu gambar atau mengatur tata letak dengan lebih mudah.

Menambahkan Teks dan Anotasi pada Screenshot

Terkadang, Anda perlu menambahkan teks, garis, atau anotasi lainnya pada screenshot Anda untuk menjelaskan atau menyoroti bagian tertentu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Setelah membuka screenshot yang ingin Anda edit, Anda dapat menggunakan fitur “Teks” di aplikasi pengedit gambar untuk menambahkan teks pada area yang diinginkan. Pilih jenis huruf, ukuran, dan warna teks yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Jika Anda ingin menambahkan garis atau bentuk lainnya, Anda dapat menggunakan fitur “Garis” atau “Bentuk” pada aplikasi pengedit gambar. Anda dapat menyesuaikan warna, ketebalan, dan jenis garis yang ingin Anda gunakan.
  3. Anda juga dapat menggunakan fitur anotasi, seperti tanda panah, lingkaran, atau kotak, untuk menyoroti bagian penting pada screenshot Anda.
  4. Jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda mungkin memiliki lebih banyak opsi anotasi dan fitur lainnya untuk meningkatkan visual dan keterbacaan screenshot Anda.

Sekarang Anda sudah tahu cara mengedit screenshot di Windows 10 menggunakan Paint atau dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan fitur pengeditan yang tersedia, Anda dapat menyesuaikan screenshot Anda sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Cara Menyimpan Screenshot di Windows 10

Saat bekerja atau menggunakan komputer, seringkali kita ingin menyimpan tangkapan layar atau screenshot dari tampilan yang sedang kita lihat. Dalam Windows 10, ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk menyimpan screenshot dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Menyimpan Screenshot di Clipboard

Langkah pertama dalam menyimpan screenshot di Windows 10 adalah dengan menyimpannya langsung di Clipboard. Setelah tangkapan layar disimpan di Clipboard, Anda dapat menggambarnya ke aplikasi pengeditan gambar lainnya atau hanya mem-paste-nya ke dokumen atau pesan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol PrtScn pada keyboard untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar monitor.
  2. Jika Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar pada jendela aktif, tekan tombol Alt + PrtScn pada keyboard.
  3. Tangkapan layar akan disimpan di Clipboard.

Setelah tangkapan layar disimpan di Clipboard, Anda dapat membukanya di aplikasi pengeditan gambar seperti Paint atau Photoshop untuk mengeditnya atau langsung mem-paste-nya ke aplikasi lain.

Menyimpan Screenshot sebagai File Gambar

Selain menyimpan tangkapan layar di Clipboard, Anda juga dapat menyimpannya sebagai file gambar dengan format yang diinginkan, seperti JPEG atau PNG. Dengan menyimpan tangkapan layar sebagai file gambar, Anda dapat dengan mudah membaginya, melampirkannya ke pesan atau dokumentasi, atau menyimpannya sebagai arsip. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol PrtScn pada keyboard untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar monitor.
  2. Pergi ke File Explorer atau folder tujuan di mana Anda ingin menyimpan tangkapan layar.
  3. Pilih menu “Paste” atau tekan tombol Ctrl + V untuk me-paste tangkapan layar dari Clipboard ke folder tujuan.
  4. Tangkapan layar akan disimpan sebagai file gambar dengan nama seperti “Screenshot (1).png”.

Sekarang Anda dapat menggunakan file gambar tangkapan layar tersebut sesuai kebutuhan.

Menyimpan Screenshot di Cloud Storage

Jika Anda ingin menyimpan tangkapan layar secara online atau mengaksesnya dari berbagai perangkat, Anda dapat menggunakan layanan cloud storage seperti Dropbox atau Google Drive. Dengan menyimpan tangkapan layar di cloud storage, Anda dapat dengan mudah membagikannya, mengunduhnya kembali, atau mengaksesnya dari perangkat lain. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol PrtScn pada keyboard untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar monitor.
  2. Buka aplikasi cloud storage yang Anda gunakan, seperti Dropbox atau Google Drive.
  3. Pilih menu “Paste” atau tekan tombol Ctrl + V untuk me-paste tangkapan layar dari Clipboard ke aplikasi cloud storage.
  4. Tangkapan layar akan diunggah ke cloud storage.

Setelah tangkapan layar diunggah, Anda dapat membagikannya dengan teman atau kolega Anda dengan mudah.

Demikianlah cara menyimpan screenshot di Windows 10. Anda dapat memilih salah satu metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan menguasai cara menyimpan screenshot, Anda akan menjadi lebih efisien dalam berbagi informasi atau menyimpan momen penting di layar komputer Anda.

Cara Membagikan Screenshot di Windows 10

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot di Windows 10, langkah selanjutnya adalah membagikannya kepada orang lain. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membagikan screenshot di Windows 10.

Melalui Email

Salah satu cara yang paling umum untuk membagikan screenshot adalah melalui email. Anda dapat melampirkan screenshot tersebut dalam email dan mengirimkannya kepada orang lain. Proses ini cukup sederhana dan praktis.

Melalui Aplikasi Pesan atau Sosial Media

Selain melalui email, Anda juga dapat membagikan screenshot melalui aplikasi pesan seperti WhatsApp atau melalui platform sosial media seperti Facebook atau Twitter. Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu membuka aplikasi pesan atau sosial media yang ingin Anda gunakan, lalu pilih opsi untuk mengirim gambar atau menambahkan lampiran. Setelah itu, Anda dapat mencari dan memilih screenshot yang ingin Anda bagikan.

Menggunakan Fitur “Share” di Windows 10

Windows 10 memiliki fitur “Share” yang memungkinkan Anda untuk langsung membagikan screenshot ke aplikasi atau kontak lain di dalam sistem operasi Windows. Fitur ini sangat berguna dan memudahkan Anda untuk berbagi screenshot tanpa perlu melalui langkah-langkah yang rumit.

Untuk menggunakan fitur “Share” di Windows 10, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Arahkan kursor ke screenshot yang ingin Anda bagikan.
  2. Klik kanan pada screenshot tersebut untuk membuka menu konteks.
  3. Pilih opsi “Share” dari menu yang muncul.
  4. Akan muncul jendela “Share” dengan pilihan aplikasi atau kontak yang dapat Anda bagikan screenshot-nya.
  5. Pilih aplikasi atau kontak yang ingin Anda gunakan untuk membagikan screenshot.
  6. Klik tombol “Send” atau “Bagikan” untuk mengirimkan screenshot tersebut.

Dengan menggunakan fitur “Share” di Windows 10, Anda dapat dengan mudah membagikan screenshot kepada orang lain dengan beberapa langkah sederhana. Fitur ini sangat praktis dan menghemat waktu.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membagikan screenshot di Windows 10. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *