Cara Screenshot di Windows 10

Cara Screenshot di Windows 10

Siapa yang tidak suka mengabadikan momen-momen penting di layar komputer? Screenshot, atau tangkapan layar, adalah cara yang sangat populer untuk merekam gambar atau halaman web favorit Anda. Pada sistem operasi Windows 10, ada banyak cara yang berbeda untuk mengambil screenshot dengan cepat dan mudah. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa metode yang paling umum digunakan untuk mengambil screenshot di Windows 10.

Metode pertama adalah dengan menggunakan tombol keyboard. Windows 10 memiliki tombol khusus yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot. Untuk mengambil screenshot seluruh layar, cukup tekan tombol “Print Screen” pada keyboard Anda. Gambar tangkapan layar akan disimpan di clipboard dan Anda dapat dengan mudah menyimpannya dalam program pengolahan gambar, seperti Microsoft Paint, dengan menekan tombol “Ctrl + V” atau klik kanan dan pilih “Paste”.

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari jendela aktif, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol “Alt + Print Screen”. Cara ini sangat berguna jika Anda hanya ingin mengabadikan tampilan dari satu program atau jendela saja. Screenshot jendela aktif akan disimpan di clipboard dan Anda dapat dengan mudah menyimpannya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Cara Screenshot di Windows 10

Mungkin ada saat-saat ketika Anda ingin mengambil gambar layar di komputer Windows 10 Anda. Baik itu untuk berbagi informasi, menyelesaikan masalah, atau sekadar menyimpan momen yang penting. Beruntungnya, Windows 10 dilengkapi dengan beberapa cara yang mudah untuk mengambil screenshot. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di Windows 10.

Pengenalan Screenshot

Screenshot adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar layar di komputer Anda. Ini adalah cara yang berguna untuk membagikan informasi, menunjukkan pesan kesalahan, atau membuat tutorial langkah demi langkah. Dengan mengambil screenshot, Anda dapat dengan mudah berbagi apa yang terjadi di layar komputer Anda dengan orang lain, tanpa perlu menghasilkan hasil cetak atau menyalin dan menuliskannya dengan tangan.

Menggunakan Tombol Print Screen

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di Windows 10 adalah dengan menggunakan tombol Print Screen pada keyboard. Tombol ini sering ditemukan di sebelah kanan atau atas tombol Enter. Ketika Anda menekan tombol Print Screen, Windows 10 akan mengambil gambar seluruh layar dan menyimpannya di clipboard Anda.

Setelah menekan tombol Print Screen, Anda dapat membuka program pengolah gambar seperti Paint atau Word, lalu tempelkan gambar yang telah disalin ke clipboard dengan menekan Ctrl+V. Anda kemudian dapat menyimpan gambar tersebut sebagai file gambar yang dapat Anda bagikan atau cetak.

Menggunakan Snipping Tool

Windows 10 juga dilengkapi dengan Snipping Tool, sebuah alat bantu bawaan yang memungkinkan Anda untuk memotong dan mengambil screenshot sebagian dari layar komputer Anda. Snipping Tool dapat membantu Anda jika Anda hanya perlu mengambil gambar dari sebagian layar, daripada seluruhnya.

Untuk menggunakan Snipping Tool, cukup buka program tersebut dengan mengetikkan “Snipping Tool” di menu Start. Setelah terbuka, klik tombol “New” dan pilih area layar yang ingin Anda ambil gambar. Setelah memilih area, gambar yang dipotong akan muncul di Snipping Tool.

Anda dapat menyimpan gambar tersebut dalam berbagai format seperti PNG, JPEG, atau GIF dengan mengklik tombol “Save” dan memilih format yang diinginkan. Anda juga dapat menyalin gambar ke clipboard dengan mengklik tombol “Copy” dan kemudian tempelkan di program pengolah gambar atau aplikasi lain dengan menggunakan Ctrl+V.

Dengan menggunakan metode-metode ini, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di Windows 10 sesuai kebutuhan Anda. Ketika Anda ingin berbagi informasi, menyelesaikan masalah, atau hanya ingin menyimpan momen penting, ambil screenshot dengan cepat dan mudah menggunakan tombol Print Screen atau Snipping Tool. Selamat mencoba!

Bagaimana Mengedit Screenshot di Windows 10

Setelah mengambil screenshot di Windows 10, Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan bernama Paint untuk mengedit gambar tersebut. Anda dapat menambahkan teks, panah, atau menyorot area tertentu sesuai kebutuhan Anda.

Menggunakan Paint

Setelah anda mengambil tangkapan layar pada Windows 10, langkah selanjutnya adalah mengeditnya agar sesuai dengan kebutuhan. Salah satu cara mengedit screenshot adalah menggunakan aplikasi bawaan yang disediakan oleh Windows 10 bernama “Paint”. Untuk membuka Paint, Anda bisa mencarinya di kotak pencarian atau melalui menu Start. Setelah Paint terbuka, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka gambar screenshot yang ingin Anda edit dengan menekan tombol “Ctrl” dan “V” secara bersamaan untuk menyisipkannya di Paint atau melalui menu “Paste” di pojok kiri atas Paint.
  2. Setelah screenshot terbuka di Paint, Anda dapat mulai mengeditnya. Anda dapat menambahkan teks, memperbesar atau memperkecil gambar, memotong gambar, atau menambahkan elemen seperti panah dan garis dengan menggunakan berbagai alat yang disediakan oleh Paint. Gunakan alat yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan editing Anda.
  3. Jika sudah selesai mengedit, Anda dapat menyimpan hasil editing dengan mengklik menu “File” di pojok kiri atas Paint dan memilih opsi “Save” atau “Save As”. Pilih folder di mana Anda ingin menyimpan gambar tersebut, beri nama file yang jelas, dan pilih format file yang diinginkan. Klik “Save” untuk menyimpan gambar hasil editing Anda.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Meskipun Paint telah menyediakan sejumlah alat editing yang cukup lengkap, terkadang fitur bawaan ini tidak memenuhi kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan fitur editing yang lebih canggih atau lebih banyak pilihan, Anda dapat mencari dan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Photoshop atau GIMP.

Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi editing gambar profesional yang sangat populer di kalangan fotografer dan desainer grafis. Dengan Adobe Photoshop, Anda dapat melakukan berbagai macam editing gambar dengan tingkat kebebasan dan keakuratan yang tinggi. Namun, karena kompleksitasnya, Anda mungkin perlu mempelajari beberapa tutorial atau kursus untuk menguasai aplikasi ini.

Selain Adobe Photoshop, ada juga GIMP yang merupakan aplikasi editing gambar gratis dan open-source. GIMP menawarkan banyak fitur editing yang kuat, seperti editing lapisan, pemotongan, penyatuan, dan banyak lagi. GIMP juga memiliki forum komunitas yang aktif, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan panduan, tutorial, atau solusi untuk pertanyaan Anda.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga yang Anda pilih, Anda dapat membuka screenshot di dalam aplikasi tersebut dan melakukan editing sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilih alat yang sesuai dan manfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk mengedit gambar dengan lebih banyak opsi.

Menyimpan Screenshot

Setelah selesai mengedit screenshot, langkah terakhir adalah menyimpannya. Ini penting agar Anda dapat dengan mudah menemukannya di masa mendatang. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyimpan screenshot Anda:

  1. Klik menu “File” di atas aplikasi editing yang Anda gunakan.
  2. Pilih opsi “Save” atau “Save As”.
  3. Tentukan folder tempat Anda ingin menyimpan screenshot.
  4. Beri nama file yang jelas dan deskriptif agar mudah ditemukan.
  5. Pilih format file yang ingin Anda gunakan, seperti JPEG, PNG, atau BMP.
  6. Klik tombol “Save” atau “OK” untuk menyimpan screenshot dengan pengaturan yang Anda pilih.

Dengan menyimpan screenshot dengan nama yang jelas dan di folder yang mudah diakses, Anda akan memiliki kemampuan untuk mengatur dan menemukan screenshot tersebut dengan lebih mudah di kemudian hari.

Cara Membagikan Screenshot di Windows 10

Windows 10 menyediakan berbagai cara bagi pengguna untuk membagikan screenshot dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan:

Menggunakan Fitur Berbagi Windows

Fitur berbagi Windows memudahkan pengguna untuk berbagi screenshot mereka dengan cepat. Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Capture atau tangkap screenshot yang ingin Anda bagikan di Windows 10.
  2. Buka screenshot di aplikasi Bagan dan Anotasi (Snip and Sketch) atau Galeri Gambar. Anda juga dapat membuka lembar kerja (worksheet) Screenshot di PowerPoint.
  3. Setelah itu, klik tombol “Berbagi” yang ada di aplikasi tersebut.
  4. Akan muncul menu berbagi Windows, yang akan menampilkan berbagai aplikasi dan platform berbagi yang tersedia di komputer Anda.
  5. Pilih aplikasi atau platform berbagi yang Anda inginkan, misalnya aplikasi Microsoft Outlook untuk mengirim melalui email, atau aplikasi Facebook untuk membagikannya di media sosial.
  6. Ikuti petunjuk yang muncul untuk melampirkan screenshot ke pesan email atau mempostingnya di profil media sosial Anda.

Menggunakan Email atau Media Sosial

Jika Anda ingin mengirim screenshot melalui email atau membagikannya di platform media sosial, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tangkap screenshot yang ingin Anda bagikan di Windows 10.
  2. Simpan screenshot di komputer Anda.
  3. Buka aplikasi email seperti Microsoft Outlook atau platform media sosial seperti Facebook atau Instagram.
  4. Buat sebuah pesan email baru atau buka profil media sosial Anda.
  5. Pilih opsi untuk melampirkan file atau gambar.
  6. Cari dan pilih screenshot yang ingin Anda bagikan.
  7. Klik tombol “Kirim” untuk mengirim screenshot melalui email atau “Posting” untuk membagikannya di media sosial.

Unggah ke Layanan Penyimpanan Cloud

Jika screenshot Anda terlalu besar untuk dikirim melalui email atau media sosial, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengunggahnya ke layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, tangkap screenshot yang ingin Anda bagikan di Windows 10.
  2. Simpan screenshot di komputer Anda.
  3. Buka layanan penyimpanan cloud yang Anda gunakan, seperti Google Drive atau Dropbox.
  4. Masuk ke akun Anda atau buat akun baru jika belum memilikinya.
  5. Pilih opsi untuk mengunggah file atau gambar.
  6. Cari dan pilih screenshot yang ingin Anda bagikan.
  7. Tunggu hingga proses pengunggahan selesai.
  8. Setelah itu, Anda akan mendapatkan tautan berbagi untuk screenshot tersebut.
  9. Salin tautan berbagi dan bagikan kepada orang lain melalui email, pesan teks, atau platform komunikasi lainnya.

Sekarang Anda tahu beberapa cara untuk membagikan screenshot di Windows 10. Jika ukuran file screenshot terlalu besar, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan layanan penyimpanan cloud agar lebih mudah dalam berbagi. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *