Cara Mengambil Screenshot di Windows 10

Cara Mengambil Screenshot di Windows 10

Windows 10 adalah salah satu sistem operasi yang paling populer digunakan saat ini. Dengan berbagai fitur yang canggih dan intuitif, Windows 10 menjadi pilihan banyak pengguna komputer. Salah satu fitur yang sering digunakan dalam Windows 10 adalah kemampuan untuk mengambil screenshot. Tidak seperti versi sebelumnya, Windows 10 menawarkan beberapa metode yang berbeda untuk mengambil screenshot, baik itu screenshot seluruh layar, sebagian layar, atau bahkan screenshot untuk aplikasi tertentu.

Berbagai metode yang tersedia di Windows 10 memudahkan pengguna untuk mengambil screenshot dan berbagi informasi penting dengan orang lain. Yang terbaik adalah tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara mudah untuk mengambil screenshot di Windows 10. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat mengambil screenshot dengan cepat dan mudah tanpa kesulitan.

Cara SS di Windows 10

Bagi pengguna Windows 10, mengambil screenshot atau SS sangat penting dalam berbagai kegiatan. Tidak peduli apakah Anda ingin melakukan dokumentasi, memecahkan masalah, atau berbagi informasi dengan orang lain, SS dapat menjadi alat yang cukup berguna dan efektif. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengambil SS di Windows 10 dengan menggunakan tombol shortcut khusus.

Pengertian SS

SS atau screenshot merupakan gambaran layar pada perangkat Windows 10 yang dapat disimpan dalam format gambar. Dengan mengambil SS, Anda dapat merekam dan menyimpan tampilan layar komputer Anda pada suatu waktu tertentu. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengabadikan momen penting, tangkapan layar error, atau menyimpan informasi penting dalam bentuk gambar.

Fungsi SS

SS memiliki berbagai fungsi yang berguna dalam penggunaan komputer sehari-hari. Pertama, SS digunakan untuk dokumentasi. Dalam beberapa situasi, Anda mungkin perlu memperlihatkan kepada orang lain bagaimana tampilan layar komputer Anda. Dengan mengambil SS, Anda dapat mengabadikan tampilan layar tersebut dan dapat dengan mudah membagikannya kepada orang lain.

Selain itu, SS juga berguna untuk memecahkan masalah. Ketika menghadapi masalah di komputer, mengambil SS menjadi penting untuk memperlihatkan atau berkonsultasi kepada orang lain. Anda dapat mengambil SS dari pesan error atau tampilan yang tidak diharapkan untuk mendapatkan bantuan teknis yang lebih efektif.

Terakhir, SS juga berguna untuk berbagi informasi. Kadang-kadang, Anda mungkin perlu berbagi tampilan layar komputer dengan orang lain untuk memberikan petunjuk atau penjelasan. Dalam situasi ini, Anda dapat dengan mudah mengambil SS dan mengirimkannya melalui pesan atau email.

Tombol Shortcut SS

Cara termudah untuk mengambil SS di Windows 10 adalah dengan menggunakan tombol shortcut khusus. Anda dapat mengambil SS dari layar penuh, jendela aktif, atau bagian tertentu dari layar. Berikut adalah daftar tombol shortcut yang dapat Anda gunakan:

1. Untuk mengambil SS dari seluruh layar, tekan tombol “PrtScn” pada keyboard. Setelah itu, buka program pengedit gambar, seperti Paint, dan tekan tombol “Ctrl” + “V” untuk menempelkan SS ke dalam program. Selanjutnya, Anda dapat menyimpan SS tersebut sebagai file gambar.

2. Untuk mengambil SS dari jendela aktif, tekan tombol “Alt” + “PrtScn” pada keyboard. Kemudian, ikuti langkah yang sama seperti SS dari layar penuh untuk menyimpan dan mengedit SS tersebut.

3. Jika Anda hanya ingin mengambil SS dari bagian tertentu dari layar, Anda dapat menggunakan tombol “Windows” + “Shift” + “S”. Setelah menekan tombol ini, layar akan menjadi sedikit redup dan Anda dapat menggunakan kursor untuk menyeret dan memilih area yang ingin diambil SS-nya. Hasil SS akan disimpan secara otomatis ke clipboard Anda dan dapat dengan mudah ditempelkan ke program pengedit gambar atau aplikasi lainnya.

Dengan menggunakan tombol shortcut ini, mengambil SS di Windows 10 menjadi lebih cepat, mudah, dan efisien. Cobalah menggunakan tombol shortcut yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan memanfaatkan fitur SS untuk berbagai kegiatan sehari-hari dengan lebih baik.

Cara Mengambil SS Layar Penuh

Untuk mengambil SS layar penuh dalam Windows 10, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtSc (Print Screen). Berikut adalah langkah-langkahnya:

Gunakan Tombol Windows + PrtSc

Saat Anda ingin mengambil SS layar penuh, tekan tombol Windows dan tombol PrtSc (Print Screen) secara bersamaan. Tombol Windows biasanya terletak di antara tombol Ctrl dan Alt pada keyboard. Tombol PrtSc dapat ditemukan di bagian kanan atas keyboard, biasanya di sebelah tombol F12.

Temukan SS di Folder Gambar

Setelah Anda menekan kombinasi tombol Windows + PrtSc, SS yang diambil akan otomatis disimpan dalam folder Gambar di dalam direktori pengguna. Untuk mengakses folder Gambar, cukup buka File Explorer dan navigasikan ke direktori pengguna. Di dalam direktori pengguna, Anda akan menemukan folder bernama “Gambar” yang berisi SS yang telah Anda ambil.

Pilihan Format dan Pengaturan SS

Untuk mengatur format dan pengaturan SS, Windows 10 menyediakan beberapa opsi yang dapat diakses melalui aplikasi Pencitraan Windows atau melalui pengaturan di menu Start. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pengaturan Melalui Aplikasi Pencitraan Windows

Aplikasi Pencitraan Windows adalah aplikasi bawaan Windows 10 yang memungkinkan Anda mengatur format dan pengaturan SS. Untuk mengakses aplikasi ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Pencitraan Windows. Anda dapat mencarinya melalui tombol pencarian di menu Start atau Anda juga dapat menemukannya di dalam folder Aksesoris Windows di menu Start.
  2. Setelah aplikasi terbuka, Anda akan melihat beberapa opsi pengaturan di bagian atas jendela aplikasi. Di sini, Anda dapat memilih opsi seperti “Screenshots” dan “Options” untuk mengatur format dan pengaturan SS.
  3. Di dalam opsi “Screenshots”, Anda dapat mengatur folder tempat SS disimpan serta mengaktifkan atau menonaktifkan layar proyeksi (snip). Anda juga dapat mengatur apakah SS otomatis disimpan atau tidak.
  4. Di dalam opsi “Options”, Anda dapat mengatur opsi keyboard untuk mengambil SS, seperti menggunakan tombol Print Screen biasa atau menggunakan tombol lain.

Pengaturan Melalui Pengaturan di Menu Start

Selain melalui aplikasi Pencitraan Windows, Anda juga dapat mengatur format dan pengaturan SS melalui pengaturan di menu Start. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Start dan klik ikon “Gear” (pengaturan) di bagian kiri bawah menu Start.
  2. Di jendela pengaturan, klik opsi “Pembaruan dan Keamanan”.
  3. Pada sidebar kiri, pilih opsi “Pencitraan”.
  4. Di bawah opsi “Pencitraan”, Anda akan menemukan pengaturan untuk mengatur format SS serta mengubah folder tempat SS disimpan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengambil SS layar penuh dengan mudah dan mengatur format serta pengaturan SS sesuai dengan preferensi Anda. Selamat mencoba!

Cara Mengambil SS Sebagian Layar

Apakah Anda pernah ingin mengambil screenshot (SS) sebagian layar pada Windows 10? Tenang, Windows 10 memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk mengambil SS dengan mudah dan cepat. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara mengambil SS sebagian layar pada Windows 10 dengan menggunakan tombol pintas dan beberapa langkah yang sederhana.

Gunakan Tombol Windows + Shift + S

Langkah pertama dalam mengambil SS sebagian layar adalah dengan menggunakan kombinasi tombol pintas Windows + Shift + S. Ketika Anda menekan tombol ini, Windows akan membuka alat penangkap SS sebagian layar.

Pilih Area yang Ingin Diambil

Setelah membuka alat penangkap SS sebagian layar, Anda dapat langsung memilih area yang ingin diambil SS-nya. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengklik dan menyeret kursor mouse Anda untuk menentukan area yang ingin diambil SS-nya. Ketika Anda sudah selesai memilih area, hasil SS akan disimpan ke clipboard.

Paste SS ke Aplikasi atau Dokumen

Setelah Anda berhasil mengambil SS, Anda dapat langsung memasangkannya ke aplikasi atau dokumen yang Anda inginkan. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu menggunakan kombinasi tombol pintas Ctrl + V untuk melakukan paste SS tersebut. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menggunakan SS tersebut untuk keperluan seperti membuat laporan, berbagi informasi, atau menunjukkan sesuatu kepada orang lain.

Demikianlah cara mengambil SS sebagian layar pada Windows 10. Dengan menggunakan tombol pintas dan langkah-langkah yang sederhana ini, Anda dapat dengan mudah mengambil SS yang Anda butuhkan tanpa menginstal aplikasi pihak ketiga atau menghadapi kesulitan teknis. Jadi, jangan ragu untuk mencoba sendiri dan manfaatkan fitur ini untuk meningkatkan produktivitas Anda dalam menggunakan Windows 10.

Cara Mengambil SS Aplikasi Tertentu

Untuk mengambil screenshot (SS) dari aplikasi tertentu di Windows 10, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Gunakan Tombol Alt + PrtSc

Langkah pertama adalah membuka aplikasi yang ingin Anda ambil SS-nya. Setelah aplikasi terbuka, tekan tombol Alt dan tombol PrtSc secara bersamaan pada keyboard Anda. Tombol PrtSc biasanya terletak di bagian atas, tepat di sebelah tombol F12 atau tombol Scroll Lock.

Simpan SS dengan Paint atau Aplikasi Lain

Setelah Anda menekan tombol Alt + PrtSc, SS dari aplikasi tertentu akan disimpan ke clipboard komputer Anda. Untuk menyimpan SS tersebut dalam bentuk gambar, Anda dapat menggunakan aplikasi Paint atau aplikasi pengolah gambar lainnya.

Untuk menggunakan Paint, Anda dapat membuka aplikasi Paint melalui menu Start atau dengan mencarinya di kotak pencarian Windows. Setelah Paint terbuka, tekan tombol Ctrl + V pada keyboard untuk melakukan paste SS yang telah diambil menggunakan tombol Alt + PrtSc.

Setelah SS tampil di jendela Paint, Anda dapat menyunting atau mengatur ulang SS tersebut sesuai kebutuhan. Anda bisa memotong, menambahkan teks, menggambar garis, dan melakukan berbagai modifikasi lainnya untuk memperindah tampilan SS.

Atur dan Simpan SS sesuai Keperluan

Setelah Anda selesai menyunting SS sesuai keinginan, Anda dapat menyimpannya untuk digunakan kemudian. Untuk menyimpan SS tersebut, buka menu “File” di Paint dan pilih “Save” atau “Save As”. Berikan nama file yang sesuai dan tentukan lokasi penyimpanan yang diinginkan.

Anda juga dapat memilih format file yang ingin digunakan, seperti PNG, JPEG, atau BMP. Jika Anda ingin mengompres ukuran file SS agar lebih kecil, Anda bisa menggunakan format JPEG dengan kualitas kompresi yang lebih rendah.

Setelah Anda menekan tombol “Save” atau “Save As”, SS dari aplikasi tertentu akan disimpan di komputer Anda sesuai dengan preferensi yang sudah Anda atur.

Dengan menggunakan tombol Alt + PrtSc dan aplikasi pengolah gambar seperti Paint, Anda dapat dengan mudah mengambil SS dari aplikasi tertentu di Windows 10 dan menyimpannya dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Merekam Layar di Windows 10

Apakah Anda pernah ingin merekam aktivitas layar di Windows 10? Baik itu untuk membuat tutorial, berbagi permainan yang hebat, atau membuat presentasi yang menarik, merekam layar dapat menjadi fitur yang berguna. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara merekam layar di Windows 10 dengan menggunakan fitur “Game Bar” yang ada.

Gunakan Fitur “Game Bar”

Windows 10 dilengkapi dengan Fitur “Game Bar” bawaan yang memungkinkan pengguna untuk merekam aktivitas layar dengan mudah. Fitur ini awalnya dirancang untuk para pemain game, tetapi ternyata juga dapat digunakan untuk merekam aplikasi atau program apa pun yang berjalan di komputer Anda.

Mulai dan Berhenti Merekam

Untuk memulai proses perekaman, Anda perlu menjalankan “Game Bar”. Caranya, cukup tekan tombol Windows + G pada keyboard Anda. Ini akan membuka Game Bar di atas aplikasi yang sedang Anda jalankan.

Selanjutnya, Anda tinggal mengklik tombol rekam yang terletak di tengah Game Bar untuk memulai proses perekaman. Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard Windows + Alt + R untuk memulai atau menghentikan perekaman.

Simpan dan Sunting Rekaman Layar

Setelah merekam layar, rekaman akan otomatis disimpan dalam format video .mp4. Lokasi penyimpanannya adalah folder “Klip” di folder “Video” di dalam folder “Dokumen” Anda. Rekaman juga dapat ditemukan dalam aplikasi Xbox Game Bar di bagian “Perekaman” di tab “Permainan Anda”.

Jika Anda ingin melakukan penyuntingan pada rekaman layar Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Premiere Pro, Filmora, atau Camtasia Studio. Dalam aplikasi ini, Anda dapat menambahkan efek, memotong, atau menggabungkan beberapa rekaman menjadi satu file video yang lebih panjang.

Itulah cara sederhana untuk merekam layar di Windows 10 menggunakan “Game Bar”. Fitur ini sangat berguna dan mudah digunakan bagi siapa saja yang ingin berbagi pengalaman mereka di komputer. Apakah Anda siap untuk mulai merekam layar Anda di Windows 10?

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *