Cara Menghapus Aplikasi di Windows 10 dengan Mudah

Cara Menghapus Aplikasi di Windows 10 dengan Mudah

Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi yang paling populer digunakan saat ini. Dengan banyaknya aplikasi yang tersedia di Windows Store, pengguna dapat dengan mudah mengunduh dan menginstal aplikasi sesuai kebutuhan mereka. Namun, terkadang ada beberapa aplikasi yang tidak lagi dibutuhkan atau mungkin ingin dihapus untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Bagi mereka yang belum terbiasa menggunakan Windows 10, mungkin merasa sedikit bingung tentang cara menghapus aplikasi ini.

Beruntung, menghapus aplikasi di Windows 10 tidaklah sulit. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tutorial singkat tentang cara menghapus aplikasi di Windows 10 dengan mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan, Anda akan dapat menghapus aplikasi yang tidak diperlukan dan memperoleh ruang penyimpanan tambahan di perangkat Anda. Simak tutorial selengkapnya di bawah ini.

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Bagi pengguna Windows 10, terkadang ada aplikasi yang tidak lagi diperlukan atau diinginkan dan perlu dihapus dari sistem. Windows 10 menyediakan beberapa metode yang dapat digunakan untuk uninstall aplikasi dengan mudah. Berikut adalah tiga metode yang dapat Anda gunakan untuk menghapus aplikasi di Windows 10.

Menggunakan Control Panel

Metode pertama yang dapat Anda gunakan adalah melalui Control Panel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Control Panel.
  2. Pilih “Program” atau “Programs and Features”.
  3. Cari aplikasi yang ingin dihapus.
  4. Klik kanan pada aplikasi dan pilih “Uninstall” atau “Uninstall/Change”.
  5. Ikuti petunjuk yang muncul untuk menyelesaikan proses uninstall.

Menggunakan Setting Aplikasi

Cara lain yang bisa Anda coba adalah melalui setting aplikasi di Windows 10. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka “Settings” melalui Start menu atau dengan menekan tombol Windows + I.
  2. Pilih “Apps” atau “Apps & features”.
  3. Cari aplikasi yang ingin dihapus.
  4. Klik pada aplikasi tersebut.
  5. Pilih “Uninstall” atau “Uninstall app”.
  6. Ikuti petunjuk yang muncul untuk menyelesaikan proses uninstall.

Menjalankan Uninstaller dari Aplikasi

Metode terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan menjalankan uninstaller khusus yang disediakan oleh beberapa aplikasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka “Start menu” dan cari aplikasi yang ingin dihapus.
  2. Klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih “Open file location” atau “More” kemudian “Open file location”.
  3. Arahkan kursor pada uninstaller, biasanya dengan ekstensi .exe, dan klik kanan.
  4. Pilih “Run as administrator” atau “Jalankan sebagai administrator”.
  5. Ikuti petunjuk yang muncul dalam uninstaller untuk menyelesaikan proses uninstall.

Dengan mengetahui tiga metode di atas, Anda dapat dengan mudah menghapus aplikasi yang tidak lagi Anda butuhkan di Windows 10. Selain itu, pastikan Anda mengikuti petunjuk dengan seksama agar proses uninstall berjalan lancar dan tidak meninggalkan sisa-sisa yang tidak diinginkan pada sistem Anda. Selamat mencoba!

Tips Menghapus Aplikasi yang Sulit Dihapus

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menghapus aplikasi di Windows 10, Anda dapat menggunakan software pihak ketiga yang dapat membantu dalam proses uninstall. Beberapa software tersebut adalah:

  • Revo Uninstaller
  • IOBit Uninstaller
  • GeekUninstaller

Pilih software yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan ikuti petunjuk yang disediakan oleh software tersebut.

Membersihkan Sisa-sisa Aplikasi

Setelah melakukan uninstall aplikasi, biasanya masih ada sisa-sisa atau “junk files” yang ditinggalkan. Anda dapat membersihkan sisa-sisa aplikasi tersebut dengan cara berikut:

  1. Gunakan fitur “Disk Cleanup” yang telah disediakan oleh sistem operasi Windows 10.
  2. Gunakan software pihak ketiga seperti CCleaner untuk membersihkan sisa-sisa aplikasi.

Restart Komputer Setelah Uninstall

Setelah melakukan proses uninstall aplikasi di Windows 10, penting untuk merestart komputer. Hal ini membantu memastikan bahwa semua perubahan terkait dengan uninstall telah benar-benar terimplementasi, dan komputer Anda dalam kondisi yang optimal.

Memahami Pentingnya Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Saat menggunakan Windows 10, sangat penting untuk secara teratur menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Selain membuat ruang penyimpanan yang berharga, tindakan ini juga dapat meningkatkan kinerja dan keamanan komputer Anda.

Menghemat Ruang Penyimpanan

Salah satu alasan terpenting untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai adalah agar Anda dapat menghemat ruang penyimpanan pada hard drive komputer Anda. Setiap aplikasi yang diinstal mungkin akan menggunakan sejumlah ruang yang signifikan, terutama jika aplikasi tersebut memiliki file-file tambahan seperti gambar, video, atau dokumen. Dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan, Anda akan membebaskan ruang penyimpanan yang berharga dan memungkinkan komputer Anda berjalan lebih lancar. Selain itu, dengan memiliki lebih banyak ruang kosong di hard drive Anda, Anda akan mengurangi risiko kehabisan ruang penyimpanan dan memungkinkan fleksibilitas dalam mengunduh dan menginstal aplikasi baru di masa depan.

Meningkatkan Kinerja Komputer

Aplikasi yang tidak terpakai dapat tetap berjalan di latar belakang dan menghabiskan sumber daya komputer yang berharga. Misalnya, aplikasi yang selalu berjalan di latar belakang bisa menggunakan RAM dan daya pemrosesan CPU secara berlebihan, yang pada gilirannya dapat memperlambat kinerja komputer Anda. Dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai, Anda dapat meningkatkan kinerja komputer Anda dan mengurangi beban sistem operasi. Ini akan memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi yang lebih bermanfaat dengan lebih mulus dan efisien.

Meningkatkan Keamanan Komputer

Aplikasi yang tidak digunakan dan tidak terupdate secara teratur juga dapat membawa risiko keamanan bagi komputer Anda. Aplikasi yang tidak diperbarui mungkin memiliki kerentanan keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh penyerang untuk memasuki sistem Anda. Dalam beberapa kasus, aplikasi yang tidak terpakai juga dapat menjadi sarang bagi malware atau virus berbahaya. Dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan, Anda dapat meningkatkan keamanan komputer Anda dan mengurangi risiko terkena serangan malware atau virus. Selalu pastikan untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai dengan benar dan menginstal pembaruan keamanan terbaru untuk aplikasi yang digunakan secara aktif.

You May Also Like

About the Author: Okta Maria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *